Link Banner
Jujur, Kunci Ahmad Yani Fachruddin Sukses Pimpin Travel 18 Tahun - Tazkiyah Global Mandiri

Jujur, Kunci Ahmad Yani Fachruddin Sukses Pimpin Travel 18 Tahun

Read Also: Kisah Perantau Bugis di Papua dan Impiannya Menyentuh Kakbah

Silahkan Dibagikan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

, Beredar Video Banjir Parah di Mekah, Jemaah: Kami Baik-baik Saja

Ahmad Yani Fachruddin, Direktur Utama PT. Tazkiyah Global Mandiri.


Saudagarnews.id, Makassar – Satu-satunya Travel Pertama di Indonesia yang berbasis Iso 9001:2015 yakni Tazkiyah Tour yang mengutamakan pelayanan jamaah nya.

Semakin meningkatnya mutu pelayanan dan kenyamanan, membuat travel PT. Tazkiyah Global Mandiri semakin dipercaya oleh para jamaah untuk menunaikan ibadah umroh.

Seperti apa perjalanan karir Ahmad Yani Fachruddin, Direktur Utama PT. Tazkiyah Global Mandiri dalam memegang perusahaan Travel selama 18 tahun berikut kutipan wawancara reporter Harian Saudagar saat ditemuai di kantornya di Kompleks Ramayana Pettarani Ruko Diamond no.11, Kamis (01/10/2018).

Seperti apa perjalanan karir anda bersama travel Tazkiyah tour sejauh ini?

Tazkiyah travel berdiri sejak 10 Maret 2001 dan kini sudah hampir 18 tahun usianya, sejak awal berdirinya travel ini kami mengutamakan dan mengfokuskan 3P yaitu Pelayanan, Pelayanan, dan Pelayanan kerena ini merupakan jasa travel. Secara umum, travel merupakan agen yang membantu perjalanan seseorang dari suatu tempat ke tempat lain, kita kan sebagai travel Umroh dan Haji kita utamakan pelayanan dan jaminan mutu dalam perjalanan jamaah dari Indonesia ke negara Arab Saudi dengan tujuan untuk ber ibadah.

Sejauh ini kita mengutamakan 100% pelayanan dari segi pengelolaannya yang baik sehingga menghasilkan layanan yang mutu dan terkonsep pelayananan yang berkualitas.

Apa sih yang anda tanamkan dalam dirisehingga mampu memegang sebuah perusahaan travel selama hampir 18 tahun?

 

Yang utama adalah kejujuran, kejujuran itu kunci menuju kesuksesan. Ketika anda jujur jalan menuju ke kayaan itu pasti ada dan ketika anda tidak jujur itu jalan bagi anda untuk menjadi miskin.

Hal lain, Jika di suruh untuk memilih menjadi orang pintar atau menjadi orang jujur saya pilih jujur karena menjadi seseorang yang pintar kita bisa cari, contohnya dengan menuntut ilmu dan bisa merubah diri menjadi seseorang yang pintar tetapi, kalau kita menjadi orang yang jujur itu sudah membentuk karakteristik diri yang tidak bisa di rubah dan membuka jalan kita untuk menjadi kaya.

Sejauh ini, apa tantangan terbesar yang pernah dilalui dan jalan apa saja yang sudah ditempuh?

Sampai saat ini masih banyak perusahaan-perusahaan travel ibadah haji-umroh yang bermasalah karena dibangun dengan manajemen asal-asalan. Hasilnya banyak konsumen atau calon jamaah haji-umroh yang harus menjadi korban dari ulah travel nakal. Tentu kita punya cara yang berbeda beda dalam mengelola sebuah perusahaan travel.

Di travel Tazkiyah punya tata kelola yang transparan baik dari segi pelayanan ke nasabah nya tata kelola keuangannya dan proses pelayanan nasabahnya. Dalam hal membenahi pengelolaan kami 4T.

Pertama mengenai prodak, prodak yang dijual kepada nasabahnya. Inilah yang menjadi salah satu tolak ukur nasabah dalam memilih sebuah travel, tingkat Reliabilitas dan tingkat kepastiannya itu mencapai 100%. Dimana prodak kami ini ketika orang mendaftar di Tazkiyah travel kita sudah berikan jadwal keberangkatan dan sudah sesuai pemberangkatan yang ada di penerbangan itu sudah 100% tingkat kepastiannya.

Kita juga menetapkan standar yang tinggi dalam hal kenyamanan dan keselamatan, dalam perjalanan jamaah tentu sebaik mungkin kami berikan pelayanan yang nyaman dari segi transportasinya, penginapan hotelnya, makanannya dan lain sebagainya. Dari segi perebangaan kami utamakan keselamatannya kita menggunakan transportasi penerbangan dengan standar internasional seperti menggunakan singapore airlanes, di Arab Saudi juga kita gunakan bis yang bagus dan mengambil tipe bis keluaran 2017 marcedes benz, itu yang kita gunakan.

Selain itu, apa bila dalam perjanjian kami ke nasabah tidak sesuai dengan pelaksanaanya kita berikan garansi pengembalian uang. Dari awal kita sudah menjelaskan dari segi pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Bisa saja perjanjiannya tidak sesuai dengan pelaksanaanya, jika tidak sesuai jamaah bisa datang ke kantor dengan perjanjiannya, dalam 3 hari setelah pulang umroh kami akan kembalikan uangnya, jika terdapat hal hal yang tidak sesuai dengan pelaksanaan yang diberikan selama perjalanan umroh selama di Arab Saudi.

Kemudian yang ke dua, proses sistem Managemannya yang dikelola secara baik, kita membangun sebuah manageman bagaimana tata kelolanya yang transparan baik dari segi keuangannya, siapa yang bertanggung jawab dalam hal itu, kapan dapat diselesaikan, bagaimana Standar Operasi Prosedurnya (SOP), Key Performance Indicator itu semua kita sudah mulai bangun makanya dari sistem itulah kita mendapatkan sertifikasi ISO.

Dalam 3 tahun terakhir ini kita sudah memenuhi standar internasional layanan melalui sertifikasi ISO, menjadi satu satunya travel yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015 dalam hal pelayanan mutu.

Kemudian People, orang orang saya itu harus yang menangani orang berkompeten dengan mengrekrut pegawai yang sesuai dibidangnya masing masing misalnya, bagian keuangan kita ambil basicnya dari akunting, dibidang travering mampu berbahasa inggris punya pengalaman dengan memili basic dalam pariwisata dan lain sebagaianya. Kami juga terus memberikan pelatihan pelatihan jadi orang orang disini yang punya pengalaman dan memiliki mutu yang berkualitas.

Yang keempat yaitu kantor, kita memiliki kantor yang bagus kalau kita datang kesini sudah disambut oleh reseptionis yang kita sebut best informasi, kalau mau ketemu dengan marketingnya kita ada konternya, mau daftar umroh juga ada bagiannya. Karena pertama yang dilihat oleh calon jamaah itu kan dari kantornya seperti apa, kita ciptakan suasana kantor memang yang lebih nyaman dan bersih.

Apa yang menjadi Visi tazkiyah sendiri?

Menjadi perusahaan yang kelas dunia, sehingg kita benar benar melayani orang dan saat ini semua proses tata kelola kita sudah berbasis digital, kita punya service tersendiri di Jakarta, jadi calon jamaah bisa tinggal pilih tanggal keberangkataanya begitu sistem kami menginput melalui online itu bisa saya lihat sistemnya dimana saja. Jadi, sistemnya kita sudah terintegrasi dan berbasis digital, dari segi pengelolaannya, keungannya dan pelayanannya.

Saat ini sudah ada berapa cabang travel tazkiyah yang ada di Makassar? 

Kita inginnya lebih meningkatkan kualitas dulu di satu titik perusahaan. Jadi belum buka cabang, saat ini fokus kita itu lebih kepada peningkatan pelayanan dan tata kelola, setelah itu jika sudah benar-benar matang kita bisa copy dari sini untuk di terapkan dicabang lainnya, jika sudah buka cabang. Targetnya di 2021 kami sudah buka cabang.

Apa keinginan anda saat ini yang belum tercapai?

Targetnya masi jauh 2023 kita inginkan perusahaan travel tazkiyah ini menjadi perusahaan kelas dunia, saat ini SDM kita masih lemah tetapi secara berkesinambungan kita akan terus jalaninya dengan step by step, dan untuk mencapai itu kan butuh biaya begitupun dengan sistem dan produk kita mesti dikembangkan.

Jika targetnya mau mencapai kelas dunia, persaingannya juga sangat ketat, tidak hanya lokal saja tentu yang dari negara lain juga kita akan bersaing secara sehat karena kita punya misi kedepannya itu unggul, mandiri dan berskala global. Tidak hanya Umroh dan Haji saja tetapi tour wisatanya juga ke seluruh dunia bisa bawa dari indonesia ke Eropa, Amerika Timur Tengah di tempat tempat wisata di seluruh dunia dan kita akan datangkan juga waisatawan ke Indonesia.

Selain itu juga, keinginan yang dicapai sejauh ini adalah mutu pelayanan yang mesti ditingkatkan terus menerus. Nantinya kita mungkin buka cabang bukan hanya di indonesia tapi diluar negeri kita akan buka, itu pengembang kedepan yang ingin dicapai.

Data Diri: 
Nama lengkap: Achmad Yani Fachruddin
Tempat tgl : Bone 10 meret 1971
Hobby: membaca, olahraga dan traveling.
Nama istri: Sansidar Ahmad Yani.
Nama anak: Najwah Ahmad Yani
Fahra Ahmad Yani.
Aisyah Ahmad Yani.

 

Nur Jannah Jabbar
Kamis, 01 November 2018 – 20:59 WIB

 

shares