, Di Balik Fenomena Langka Arafah Diguyur Hujan saat Wukuf

Mau Bugar Saat Umrah? Ini 9 Tipsnya

Read Also: Amalan-amalan Jumat yang Sangat Dianjurkan

MAKASSAR – Cukup banyak hal yang mesti dipersiapkan untuk menjalani ibadah umrah. Baik sebelum berangkat, selama di tanah suci, bahkan hingga kepulangan.

Saking pentingnya kesehatan jemaah umrah, Badan Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization) juga menjadikannya perhatian serius.

Tetapi jangan khawatir, bila Anda mau berikhtiar, insyaallah bisa tetap bugar dalam momentum spesial itu. Klikdokter memberikan tipsnya dan kru tazkiyahtour.co.id mengkreasikannya, khusus untuk Anda;

1. Jaga kondisi fisik sebelum berangkat umrah. Istirahat cukup misalnya. Jika dalam aktivitas Anda ada celah untuk tidur siang, lakukanlah. Bukan soal lamanya, tetapi rihatnya. Malam hari lebih penting lagi. Rhoma Irama bahkan membuat lagu khusus untuk mengingatkan kita tidur di awal waktu.

2. Makan asupan bergizi seimbang. Jika di piring Anda sudah ada nasi, tidak begitu penting lagi ada mi. Sisipkanlah sayuran. Untuk protein bisa dengan telur, atau sedikit daging atau tahu-tempe. Tetapi jangan lupa buah-buahannya ya.

3. Olahraga teratur. Paling tidak tiga kali seminggu. Tidak selalu harus dengan olahraga yang butuh persiapan khusus, semisal basket atau bulutangkis. Jalan kaki setiap usai salat Subuh pun itu sudah olahraga. Cucuran keringat akan membuat badan dan pikiran Anda fresh.

4. Bila Anda mengalami penyakit seperti darah tinggi, penyakit gula (diabetes mellitus), pastikan berkonsultasi dengan dokter.

Nah, jika umrah bersama Tazkiyah Tour, Anda leluasa bertanya-jawab. Ada dokter khusus yang disiapkan. Dokter yang akan memberikan Anda obat dan semangat. Sebelum terbang, Anda juga akan diperiksa oleh paramedis yang ramah dan berpengalaman menangani calon jemaah umrah.

5. Di Arab Saudi, upayakan memakai masker. Terutama saat berada di keramaian, untuk mencegah alergi debu dan penularan penyakit.

6. Iklim di tanah suci yang lebih panas berpotensi memicu dehidrasi (kekurangan cairan). Karena itu, bawalah air mineral sepanjang perjalanan Anda. Tetapi di titik-titik tertentu juga ada kran yang mengalirkan air zam-zam. Anda bebas meneguknya. Hanya saja, jangan lupa basmalah.

7. Biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan. Gunanya untuk mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk infeksi saluran cerna.

8. Ibadah umrah sering kali mengharuskan Anda beraktivitas sepanjang hari sehingga Anda mudah mengalami nyeri otot dan kelelahan. Anda dapat menggunakan antinyeri topikal (oles) dengan kandungan methyl salycilate untuk mengatasinya.

9. Tak kalah pentingnya luruskan niat. Hati yang ikhlas adalah penawar terbaik untuk segala virus. (luzd)

COMMENTS