, Laporan Terkini dari Arafah; Larut dalam Zikir, Ponsel Tersingkir

Laporan Terkini dari Arafah; Larut dalam Zikir, Ponsel Tersingkir

Read Also: Haji Khusus Tazkiyah Terlindungi e-Hajj, Semakin Nyaman dan Aman

SHARE:

MEKAH – Grup WhatsApp jemaah haji khusus Tazkiyah Tour begitu sepi, Sabtu malam waktu Indonesia atau Sabtu siang di Arab Saudi.

Tidak ada foto selfie atau wefie seperti waktu-waktu sebelumnya. Tidak ada candaan soal makanan atau kegiatan di sekitar tempat menginap.

Hanya foto hasil kutipan pembimbing yang terunggah di grup. Itu pun tak ada yang komentari.

Para jemaah memang sedang berada di puncak ibadah haji. Wukuf di Arafah. Menempati tenda di salah satu maktab, para jemaah larut dalam zikir. Juga menyimak tausiah.

Dokter Wachyudi Muchsin yang coba tazkiyahtour.co.id hubungi hanya sempat menjawab singkat. “Semuanya sedang fokus ibadah wukuf.”

Wukuf memang tahapan yang paling dinanti. Tidak wukuf berarti tidak haji. Makanya para jemaah begitu memanfaatkan kesempatan. Semua khusyuk dalam perenungan, dan doa. Ponsel disingkirkan sementara waktu.

Wukuf di Arafah merupakan rukun inti ibadah haji. Untuk itu, seluruh jemaah haji termasuk yang sedang sakit atau wanita yang sedang haid tetap harus berada di kawasan Arafah. Wukuf paling utama dan sempurna adalah terus menerus berada di Arafah. Sejak waktu Zuhur hingga Magrib tanggal 9 Dzulhijjah, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah saw.

Padang Arafah yang begitu luas sungguh tepat untuk menggiring jemaah ke dalam perenungan yang dalam. Mengenali diri, apa yang pernah, sedang, dan akan dilakukan. Menjadi hamba yang terus memperbaiki amalan. (fit)

COMMENTS