, 74 Tahun RI, 19 Tahun Tazkiyah Tour

74 Tahun RI, 19 Tahun Tazkiyah Tour

Read Also: Serunya… Pulang Haji, Mampir di Merlion sebelum Balik ke Gowa

SHARE:

MAKASSAR – Agustus yang indah bagi keluarga besar Tazkiyah Tour. Bulan ini, travel haji umrah kesayangan kita bersama genap berusia 19 tahun. Hari ini tepatnya.

Tazkiyah Tour didirikan di Mekah, Arab Saudi pada 15 Dzulhijjah 1421 Hijriah oleh Ahmad Yani Fachruddin, founder sekaligus presiden direktur.

Jumat, 16 Agustus 2019 bertepatan dengan 15 Dzulhijjah 1440 Hijriah. Artinya, sudah 19 tahun berlalu sejak Ahmad Yani melakukan tawaf khusus untuk meminta petunjuk menggagas sebuah perusahaan pelayan tamu Allah.

Tetapi jangan bayangkan Tazkiyah Tour langsung menjadi seperti yang sekarang kita kenal. Proses panjang dan jatuh bangun dilalui.

Lima tahun awal, 2001-2006, kata Ahmad Yani disebut sebagai periode awal pendirian. Perusahaan baru mencari bentuk, meski Tazkiyah Tour sudah memiliki cukup banyak jemaah. Untuk haji, travel ini bahkan sudah memberangkatkan jemaah sejak awal berdiri. Jemaah yang saat ini sedang bersiap pulang ke tanah air adalah jemaah angkatan ke-19.

Kemudian dari 2006 hingga 2011, prosesnya masih rumit. Jatuh bangun. Tetapi sudah dibarengi dengan recovery financing (tahap 1). Kantor baru juga sudah ada, dengan standar lokal Makassar.

Nah, fase selanjutnya (2011-2016) adalah recovery financing tahap 2. Diiringi dengan transformasi organisasi, pengurusan izin umrah, izin haji, mencatatkan perusahaan sebagai anggota Himpuh, ASITA, dan meluncurkan tiket umrah.

Sekarang, Tazkiyah Tour sudah berada di fase terkini, 2016-2021. Ada transformasi organisasi tahap 2, pembenahan sistem dan SDM. Perusahaan juga melakukan pengembangan produk layanan, menempati kantor baru dengan standar nasional, penambahan karyawan, menggunakan jasa konsultan, member IATA, member ISO, provider visa umrah, recovery financing tahap 3, dan masih banyak lagi.

Manajemen Tazkiyah Tour secara rapi bahkan sudah menyusun ancang-ancang untuk beberapa tahun jauh ke depan. Mungkin akan dibeberkan dalam tulisan-tulisan selanjutnya.

Yang pasti, manajemen dan keluarga besar Tazkiyah Tour sedang sangat bahagia. Ulang tahun ke-19 hanya terpaut sehari dengan HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Merdeka! (fit)

COMMENTS