, Di Balik Fenomena Langka Arafah Diguyur Hujan saat Wukuf

Amalan-amalan Jumat yang Sangat Dianjurkan

Read Also: Mau Bugar Saat Umrah? Ini 9 Tipsnya

“SEBAIK-BAIK hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.”

Itu hadis Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan HR. Muslim dan Tirmidzi. Makanya, banyak pula keistimewaan yang mengikuti hari Jumat.

Ini adalah beberapa amalan Jumat yang diriwatkan Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad dari Sa’ad bin ‘Ubadah dalam sebuah hadis.

-Membersihkan Diri

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

Membaca Surat Al Kahfi

Bisa dilakukan pada malam atau siang hari pada Jumat. Keutamaan membaca surat ini, Allah SWT akan memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

-Perbanyak Selawat dan Zikir

Kita dianjurkan untuk lebih banyak membaca selawat dan zikir pada hari Jumat. Bakal berguna sebagai bekal di akhirat. Rasulullah bersabda: “Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

-Bersedekah

Sedekah sebaiknya setiap hari. Namun mesti lebih banyak lagi pada hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan,” sabda Nabi.

-Berdoa

Rasulullah mengatakan, pada hari Jumat di dalamnya terdapat waktu yang jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta. (fit-sur)

COMMENTS