, Di Balik Fenomena Langka Arafah Diguyur Hujan saat Wukuf

Masjid Nabawi Punya 43 Pintu, Ini Tips Agar Tidak Kesasar

Read Also: Mau Bugar Saat Umrah? Ini 9 Tipsnya

MADINAH – Anda akan umrah? Dan baru pertama kali? Ini ada tips agar tidak kesasar mencari jalan pulang dari Masjid Nabawi ke hotel Anda di Madinah.

Dilansir dari Ihram, sejumlah jemaah Indonesia memang kerap mengalami kesulitan. Apalagi jika sedang memilih jalan sendiri tanpa pendamping, karena ingin beribadah khusus misalnya. Sebab, jumlah pintu Masjid Nabawi cukup banyak. Totalnya ada 43 pintu.

Tetapi tenang, Anda akan “aman”. Sebelum meninggalkan hotel, kenali dahulu hotel dengan baik. Bentuk dan namanya. Nomor kamar dan lantai.

Saat akan meninggalkan hotel, tak ada salahnya Anda meminta kartu dan alamat hotel. Supaya mudah dipahami jemaah seandainya terpisah dari rombongan.

Jangan lupa pula selalu bawa kartu identitas. Dan, kenali serta pahami nomor gerbang dan pintu masjid. Jika masuk pada pintu gerbang nomor 17 misalnya, maka keluarnya usahakan juga pada nomor yang sama.

Untuk jemaah perempuan, tersedia pintu khusus, yakni nomor 13-16, dan 23-30. Selebihnya adalah pintu untuk laki-laki. Sedangkan untuk masuk ke Raudah, pintu khusus perempuan adalah nomor 39.

Bagi yang akan ke toilet, di pelataran Masjid Nabawi tersedia tempat wudu dan toilet khusus untuk perempuan. Demikian juga untuk laki-laki.

Untuk jemaah yang membawa sandal atau sepatu, sebaiknya selalu membawa plastik atau tas untuk menyimpan sepatu. Letakkan di loker, tetapi kalau khawatir lupa, sebaiknya dibawa saja dan masukkan ke dalam tas. (fit-sur)

COMMENTS