, Di Balik Fenomena Langka Arafah Diguyur Hujan saat Wukuf

Indahnya… Pulang Umrah, Tambah Saudara

Read Also: JK Ungkap Penyebab Lamanya Antrean Haji di Kampung Halamannya

MAKASSAR – Rombongan umrah Sint Travel (Tazkiyah Tour Group) pemberangkatan 26 September 2019 sudah tiba di tanah air. Pesawat Silk Air yang mereka tumpangi mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggu, 6 Oktober malam.

Empat puluh lima orang itu pun kini telah berada di rumah masing-masing. Beberapa jemaah mengirim foto ke grup WhatsApp. Momen ketika mereka tiba di kediaman, disambut haru keluarga.

Seperti foto saat Muhiddin Lakade Labasire turun dari mobil lalu mendapat pelukan hangat dari anak-anaknya.

Muhiddin adalah salah satu penjaga Masjid Islamic Center di Kabupaten Barru. Hari itu, Minggu, 6 Januari 2019, dia ikut memasukkan nama ke kotak undian hadiah umrah acara Tablik Akbar Tazkiyah Tour di tempatnya bekerja. Namanya lalu muncul sebagai pemenang.

Impiannya untuk ke tanah suci sudah terkabul. Meski sudah lanjut usia, Muhiddin selalu bersemangat sepanjang rangkaian umrah bersama Sint Travel di bawah bimbingan KH Anwar Sadat.

“Alhamdulillah jemaah rombongan Barru sudah bertemu keluarga semua,” tulis jemaah di grup.

Jemaah kumpul keluarga namun berpisah dengan keluarga baru mereka. Orang-orang yang selama beberapa hari ini selalu bersama. Ke masjid sama-sama. Makan sama-sama. Letih sama-sama. Tertawa sama-sama. Saling tolong di depan Kakbah. Dan lainnya.

Kemarin saat transit di Changi International Airport, Singapura, para jemaah juga sama-sama “bertualang”. Belanja dan foto-foto.

Walau sudah kembali ke rumah masing-masing, mereka sepakat untuk tak saling melupakan. “Alhamdulillah bertambah lagi saudara. Semoga kita semua menjadi saksi atas amalan kita antara satu dengan lainnya menuju jannah kelak,” tutur Asnur Muhammad.

Memang jadi tradisi di Sint Travel maupun induknya, Tazkiyah Tour. Jemaah yang berada dalam satu rombongan biasanya tetap menjalin silaturahmi. Apalagi sekarang sudah ada grup WhatsApp. Grup Haji Khusus 2019 lalu misalnya, kemarin, saling ajak lagi makan ikan bakar.

Indahnya. Pulang ibadah. Tambah saudara pula. (fit-sur)

COMMENTS