, Di Balik Fenomena Langka Arafah Diguyur Hujan saat Wukuf

Berpose di Turki, dari Reruntuhan Kota Tua hingga Catwalk

Read Also: Besok, 126 Jemaah Haji Khusus Tazkiyah Tour Dilepas Pejabat Kemenag RI

PAMUKKALE – Ini uniknya Turki. Anda bisa berada di masa lalu dan masa kini sekaligus. Menjejaki peradaban kuno hingga perkembangan fashion paling modern.

Itu juga yang dirasakan jemaah Umrah Plus Tazkiyah Tour sepanjang Selasa, 15 Oktober kemarin waktu setempat.

Mereka ke Ephesus, sebuah kota kuno. Mirip Pompeii di Italia. Kota ini pernah hilang akibat gempa bumi, namun dibangun kembali.

Rombongan berfoto di antara reruntuhan bangunan di kota tempat lahir Heraclitus, seorang filsuf.

Ephesus awalnya memang merupakan kota Yunani kuno, tetapi direbut dan mengalami kejayaannya pada masa kerajaan Romawi.

Kota ini juga salah satu yang diprediksi para ahli sejarah tempat tujuh orang dalam kisah Ashabul Kahfi tertidur lebih dari 300 tahun.

Eh, rombongan juga ke Hierapolis, kota tua lainnya. Terletak di mata air panas di Phrygia klasik di Anatolia barat daya. Bangunan-bangunannya dibangun pada era Romawi kuno, abad ke-2 SM.

Di sini rombongan juga bertemu dengan sisa-sisa bangunan yang sangat fotogenik. Lihat saja hasilnya. Ada yang berpose romantis juga loh. Dan ada yang sampai bergaya melompat!

Pada hari yang sama, mereka sekaligus bisa berada di semaraknya era terkini. Di Leather Factory Outlet, tempat Anda bisa membeli jaket kulit terbaik namun terlebih dahulu menyaksikan model memeragakannya di catwalk.

Bahkan bukan cuma model. Rombongan pun ikut berlenggak-lenggok layaknya di acara peragaan kelas dunia. Ini mungkin pengalaman membeli jaket paling unik yang pernah mereka alami.

“Alhamdulillah semuanya happy. Wisata halal yang menyenangkan,” tutur pendamping Ahmad Made Ali.

Rombongan masih akan berada lima hari di Turki sebelum bertolak ke Jeddah, Arab Saudi. Menuju Madinah, lalu Mekah. (ama)

COMMENTS