Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Juli 4, 2024

Tawaf Qudum: Sunnah yang Wajib Diketahui Saat Tiba di Mekkah

Dalam ibadah haji, Tawaf Qudum menjadi salah satu ritual penting yang dilakukan oleh jemaah begitu mereka tiba di Makkah Al Mukarramah.

Ritual ini bukan hanya sekadar tindakan fisik melingkari Ka’bah, tetapi juga mengandung nilai-nilai spiritual yang dalam bagi umat Islam.

Artikel ini akan menguraikan secara mendalam mengenai pengertian, syarat, tata cara pelaksanaan, dan makna spiritual dari Tawaf Qudum.

Apa Itu Tawaf Qudum

Tawaf Qudum adalah salah satu jenis tawaf yang dilakukan oleh jemaah haji pada hari pertama mereka tiba di Makkah. Tawaf ini dianjurkan sebagai bentuk penghormatan awal kepada Baitullah.

tawaf qudum
Source image: canva.com

Meskipun tidak termasuk dalam rukun haji yang wajib, Tawaf Qudum dianggap sebagai ibadah sunnah yang sangat dianjurkan.

Dalam melakukan Tawaf Qudum, jemaah melingkari Ka’bah sebanyak tujuh kali, dimulai dari Hajar Aswad dan kembali ke titik yang sama.

Pentingnya Tawaf dalam Ibadah Haji

Tawaf, termasuk Tawaf Qudum, memiliki posisi penting dalam ibadah haji. Rukun haji terdiri dari beberapa perkara yang harus dilakukan oleh jemaah agar hajinya sah.

Tawaf termasuk dalam salah satu rukun haji yang harus dilakukan oleh jemaah jika mampu. Rukun haji ini terdiri dari Ihram, Tawaf Ifadah, Sai antara Shafa dan Marwa, serta wukuf di Arafah.

Jika salah satu dari rukun ini tidak dilakukan, maka haji seseorang dianggap batal.

Menurut Syekh Abdurrahman Al Jaziri dalam kitab “Al-Fiqhu ala al-Mazahib al-Arba’ah” (jilid I, Beirut: dar Kutub al-Alamiyah, 2003), Tawaf adalah salah satu rukun haji yang tidak bisa ditinggalkan.

Syarat & Tata Cara Tawaf Qudum

Sebelum melaksanakan Tawaf Qudum, jemaah haji harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan. Syarat-syarat ini antara lain:

Baca Juga:  Keberangkatan Haji Kloter Pertama 2024
tata cara tawaf qudum
Source image: canva.com
  1. Bersuci: Sebelum melakukan tawaf, jemaah harus dalam keadaan suci dari hadats kecil dan besar. Hal ini berarti mereka harus mandi atau melakukan wudhu’ secara sempurna.
  2. Memulai dari Hajar Aswad: Tawaf Qudum harus dimulai dari Hajar Aswad. Hajar Aswad adalah batu hitam yang terletak di salah satu sudut Ka’bah. Jemaah harus memulai putaran pertama dari sini dan kembali ke titik yang sama setelah tujuh putaran.
  3. Melakukan 7 Putaran: Tawaf Qudum harus dilakukan sebanyak tujuh kali. Setiap putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir kembali di Hajar Aswad. Jemaah disarankan untuk menghitung dengan teliti setiap putaran agar tidak terjadi kesalahan.
  4. Fokus pada Kebesaran Allah: Saat melakukan tawaf, jemaah haji harus fokus pada kebesaran Allah SWT. Ini adalah waktu untuk mengingat dan memperbanyak dzikir serta doa kepada-Nya.

Tata cara pelaksanaan Tawaf Qudum sebenarnya mirip dengan tata cara tawaf lainnya, namun ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan:

  • Al-idhthiba’: Jemaah laki-laki harus mengenakan pakaian ihram dengan cara membuka bahu kanan dan menutup bahu kiri. Sedangkan untuk jemaah perempuan, mereka harus menutup seluruh tubuh sesuai dengan tata cara ihram yang ditentukan.
  • Ar-ramlu: Pada tiga putaran awal, jemaah laki-laki disunahkan untuk melakukan lari-lari kecil atau diiringi gerakan cepat yang disebut Ar-ramlu. Ini adalah salah satu dari tata cara yang harus dilakukan oleh jemaah haji.
  • Doa-doa: Setelah memulai dari Hajar Aswad, jemaah haji disarankan untuk membaca berbagai doa dan dzikir yang dianjurkan selama melakukan tawaf. Salah satu doa yang sangat dianjurkan adalah:

“Bismillāhi wallāhu akbar. Allāhumma imānan bika, wa tashdīqan bi kitābika, wa wafā’an bi ‘ahdika, wa ittibā’an li sunnati nabiyyika Muhammadin shallallāhu ‘alayhi wa sallam.”

Baca Juga:  4 Cara Jitu Agar Bisa Menabung Untuk Umroh

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah maha besar. Ya Allah, (aku bertawaf) karena keimanan kepada-Mu, kepercayaan terhadap kitab suci-Mu, pemenuhan terhadap janji-Mu, dan kepatuhan terhadap sunnah nabi-Mu Muhammad saw.”

Makna Tawaf Qudum

Tawaf Qudum bukan hanya sekadar ritual fisik, tetapi juga memiliki makna spiritual yang dalam bagi umat Islam.

Melalui tawaf, jemaah haji mengingat dan menghayati kebesaran Allah SWT serta memperkuat ikatan spiritual mereka dengan-Nya.

pengertian tawaf qudum
Source image: canva.com

Proses tawaf yang penuh dengan doa, dzikir, dan penghormatan merupakan waktu yang sangat berharga untuk merefleksikan makna hidup dan eksistensi manusia di hadapan Sang Pencipta.

Penutup

Dengan demikian, Tawaf Qudum adalah salah satu ritual ibadah haji yang memiliki makna, syarat, tata cara, dan makna spiritual yang mendalam bagi umat Islam.

Melalui pemahaman yang mendalam terhadap ritual ini, diharapkan jemaah haji dapat melaksanakannya dengan penuh kekhusyukan dan mendapatkan berkah serta keberkahan dari Allah SWT.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kita semua tentang Tawaf Qudum dalam konteks ibadah haji.

Bagikan :