fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

April 12, 2022

Al-Masann, Keajaiban Sebuah Rongga Batu di Tabuk

Al-Masann, TABUK: Kecerdasan generasi tua Tabuk terlihat dari cara mereka beradaptasi dengan lingkungan gurun mereka. Salah satu contoh sumber daya adalah melalui penciptaan Al-Masann, sebuah gudang di mana persediaan makanan – seperti kurma, gandum, barley dan keju – disimpan di masa lalu.

Al-Masann dikenal sebagai satu-satunya alat di mana keluarga dapat menyimpan makanan mereka untuk waktu yang lama tanpa kedaluwarsa atau menjadi rusak, terutama ketika penduduk Tabuk bepergian, seperti yang sering mereka lakukan, untuk mencari air dan tumbuh-tumbuhan. Teknik yang digunakan dalam pembangunan Al-Masann didasarkan pada pengaturan suhu di dalam gudang — rongga batu yang diciptakan oleh erosi. Rongga tersebut ditutup rapat dengan batu dan blok lumpur yang dicampur dengan urin rock hyrax untuk mencegah penetrasi udara dan hewan pengerat dan serangga mendekat.

Gudang inventif ini membantu penduduk gurun bergerak dengan mudah dan mengawetkan makanan mereka di lokasi yang aman, selain meminimalkan beban untuk mereka dan hewan mereka saat bepergian.

Dengan kemajuan teknologi, Al-Masann telah menjadi bagian dari warisan sejarah dan budaya masyarakat di kawasan itu, dengan para pecinta warisan dan konservasionis dengan penuh semangat berusaha melestarikan warisan penduduk kreatif Tabuk.

Sumber berita: https://www.arabnews.com/node/2041916/saudi-arabia

Baca Juga:  Konferensi pers COVID-19 Arab Saudi berakhir