fbpx

Referensi


Jika kiranya Allah memilihmu berkujung ke Baitullah.

Terimalah panggilan-Nya, sambutlah ia dengan suka cita, karena engkau adalah orang-orang terpilih-Nya.



Labbaik allahumma labbaik, Labbaika laa syariika ka labbaik, Innal hamda wanni’mata laka wal mulk, Laa syarikalak



Tazkiyah hadir, berawal dari sebuah niat suci untuk memberikan kebahagiaan baru yang mengesankan dalam beribadah, serta pelayanan terbaik kepada para tamu-tamu Allah yang akan melaksanakan ibadah Haji dan Umrah.


Bagaimana engkau bermunajat kepada Sang Maha Pencipta? dan tahukah kamu seperti apa munajat yang sesungguhnya?

Munajat ialah doa sepenuh hati kepada Allah, untuk mengharapkan keridhaan, ampunan, bantuan, hidayah, dan segala bentuk kebaikan lainnya.

Hari ini mungkin engkau telah berdoa kepada-Nya, meminta agar segala asa, harapan, dan cita-citamu segera tercapai, atau mungkin agar segala urusanmu dimudahkan. Yaa.. sebatas urusan dunia, dan itu tak butuh waktu yang lama dikabulkan oleh-Nya. Tapi jangan berbesar hati, sebab bisa jadi Allah tak begitu menyukai doamu, Ia mengabulkannya agar kiranya engkau bisa segera mengganti doamu dengan doa kebaikan-kebaikan di akhirat kelak.

Tahallul merupakan rukun Haji maupun Umrah, yang jika tidak dilakukan maka ibadah Haji dan Umrah tidak sah.

Layaknya semua peristiwa, ibadah Haji maupun Umrah memiliki awal dan akhir. Jika mengenakan pakaian Ihram dari Miqat adalah momentum untuk mengawali ibadah ini, maka Tahallul adalah mengakhiri ikhram yang ditandai dengan mencukur rambut.

Yang harus dicukur ialah segala sikap dan sifat-sifat buruk atau kurang baik yang ada pada diri. Rambut yang tumbuh di kepala itu tidaklah berbahaya, karena yang berbahaya ialah "rambut-rambut" yang tumbuh di dalam kepala.

Sebab kebersihan dan kekuatan pikiran adalah modal utama untuk menempuh kehidupan. Allah SWT dalam Hadist Qudsi mengatakan "AKU BERGANTUNG PADA SANGKAAN HAMBAKU", sadarkah kita bahwa apa yang kita peroleh saat ini sesungguhnya adalah hasil dari apa yang ada dipikiran kita.

Tahallul bermakna pembersihan diri serta penghapusan cara-cara berfikir yang kotor.

Ada yang pernah makan daging unta?
Atau mungkin minum susu unta?

Berkunjung ke peternakan unta bisa kamu lakukan saat menunaikan ibadah haji atau umrah, yang terletak di daerah Hudaibiyah Makkah.

Tahukah kamu bahwa hewan padang pasir yang tangguh ini, punya banyak manfaat, misalnya saja daging unta yang memiliki tekstur tidak berlemak dan menjadi sumber vitamin E yang baik, daging unta dianggap lebih sehat daripada daging sapi dan kambing.
Tak hanya itu susu unta juga banyak mengandung vitamin C serta kaya akan zat besi dan juga vitamin B.
Serta banyak manfaat lainnya.