Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id
November 2, 2018

2 Kajian Islam Tentang “Hikmah Dibalik Musibah Gempa”

Dalam kajian Islam, setiap kejadian di dunia ini, termasuk musibah gempa, memiliki hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik oleh umat manusia. Gempa bumi, sebagai salah satu dari fenomena alam, seringkali membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai makna dan hikmah di balik kejadian tersebut.

Dalam dua kajian Islam berikut, kita akan mengupas lebih dalam tentang hikmah di balik musibah gempa, dengan harapan dapat memberikan pencerahan dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Kajian Islam Menggali Hikmah Dibalik Musibah Gempa

1. Ujian dan Pembersihan Dosa

Dalam kajian Islam, musibah gempa seringkali dipahami sebagai bentuk ujian atau cobaan dari Allah SWT untuk hamba-Nya.

Seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an Surah Al-Ankabut ayat 2-3, yang artinya: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan, ‘Kami telah beriman’, sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

Ujian ini dapat berfungsi sebagai sarana untuk menguji kekuatan iman seseorang serta sebagai pembersihan dosa bagi mereka yang bersabar dan tetap bertakwa kepada Allah SWT di tengah cobaan.

2. Pengingat dan Peluang untuk Kembali kepada Allah

Musibah gempa juga dianggap sebagai pengingat bagi umat manusia tentang kekuasaan Allah SWT dan kesementaraan dunia. Kajian Islam mengajarkan bahwa manusia seringkali lalai dan terlena dengan kesibukan dunia sehingga lupa untuk kembali kepada penciptanya.

Musibah seperti gempa bumi menjadi pengingat yang keras bahwa segala sesuatu di dunia ini bersifat sementara dan bahwa kembali kepada Allah adalah hal yang paling penting.

Baca Juga:  Tazkiyah Berangkatkan 191 Jemaah Haji Khusus, Termasuk Wakil Rektor UIN Alauddin

Ini adalah kesempatan bagi setiap individu untuk introspeksi dan memperbaiki diri, meningkatkan ibadah, serta memperbanyak amal sholeh sebagai bekal di akhirat nanti.

Melalui kajian Islam ini, kita diajak untuk selalu mencari hikmah di balik setiap kejadian, termasuk musibah gempa. Kita diajak untuk bersabar, memperkuat iman, serta selalu mengingat dan kembali kepada Allah SWT.

Musibah apapun yang terjadi, seharusnya dapat membawa kita lebih dekat kepada Sang Pencipta, memperbaiki diri, dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

Kajian Islam mengenai hikmah di balik musibah gempa ini memberikan kita perspektif yang lebih luas tentang cara menyikapi musibah dalam kehidupan.

Dengan pemahaman yang benar dan sikap yang sabar serta tawakal kepada Allah, kita dapat melewati setiap ujian dengan hati yang lebih tenang dan iman yang semakin kuat.

Kajian Islam Bersama Dr. H. Andi Aderus, Lc. MA (Dosen UIN Alauddin Makassar)
Bersama Tazkiyah Tour Bekerja Sama Dengan Perwakilan Majelis Taklim Sekota Makasssar
Sabtu, 3 November 2018, Pkl. 15.00 WITA (Office Tazkiyah Tour Lantai 3)

Bagikan :

Tinggalkan Balasan