fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

October 28, 2021

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh , 7 Barang yang Tidak Boleh dibawa Pulang

Oleh-oleh khas haji dan umroh saat ini sudah semakin banyak macamnya. Oleh karena itu, Anda memiliki lebih banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang untuk kerabat atau teman-teman yang ada di tanah air.

Rasanya memang kurang afdhol selepas menunaikan ibadah haji atau umroh, lalu tidak membawa oleh-oleh. Terlebih lagi kerabat dan teman-teman pastinya mengharapkan Anda membawakan mereka ‘sesuatu’ dari tanah haram.

Saat mendapati Anda tidak membawa oleh-oleh, tentu mereka akan merasa kecewa. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan menyebutkan daftar oleh-oleh khas haji dan umroh yang bisa Anda beli dan bawa pulang ke tanah air.

Mengutip dari okezone.com , adapun beberapa barang bawaan yang tidak boleh dibawa jamaah haji, pertama, tidak menggunakan pelindung berupa jaring tali (tali tambang). “Kedua, tidak membawa cairan melebihi 100 mililiter dalam tas tentengan,
kecuali obat-obatan,” tulis surat edaran yang ditandatangani Kepala PPIH Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari.
Ketiga, tidak membawa benda yang mengandung aerosol, gas, magnet, senjata tajam, dan mainan yang menggunakan baterai (bisa dilepas). “Kempat, tidak memasukkan air zamzam ke koper besar (bagasi). Jika kedapatan membawa air zamzam, maka tidak akan diangkut oleh maskapai penerbangan,” jelas Jauhari.
Kelima, tidak membawa botol parfum melebihi 100 ml. Keenam, tidak membawa power bank dalam bagasi maupun tas tenteng melebihi kepasitas 10.000 mah. Ketujuh, tidak membawa uang tunai lebih dari Rp200 juta atau 60.000 riyal Arab Saudi.

Rekomendasi 4 Oleh-Oleh Khas Haji dan Umroh

Jika Anda kebingungan untuk memutuskan barang-barang apa saja yang akan dijadikan sebagai oleh-oleh khas haji dan umroh, sebaiknya Anda membaca ulasan di bawah ini :

oleh-oleh khas haji dan umroh

1. Coklat Al Hadi

Salah satu jenis makanan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh adalah coklat Al-Hadi. Keunggulan coklat ini terletak pada cita rasanya yang begitu khas karena terbuat dari kurma asli. Dijamin kerabat dan keluarga Anda bakal menyukai oleh-oleh ini. Untuk harga jualnya, Anda hanya perlu mengeluarkan isi dompet sebesar 17 ribu rupiah untuk memberandolnya.

2. Madu Kashmir

Oleh-oleh khas haji dan umroh berikutnya yang bisa Anda bawa pulang untuk dibagi-bagikan kepada kerabat dan teman-teman adalah Madu Kashmir. Meskipun madu ini berasal dari Pegunungan Himalaya, kenyataannya sangat populer di Tanah Suci. Tidak heran jika banyak para pedangang yang menjajakannya di sana sebagai oleh-oleh.

Saat ini harga jual Madu Kashmir berkisar 150.000 rupiah per 1 KG. Harganya tentu saja masih tergolong murah dilihat dari kualitas madu yang satu ini.

3. Kosmetik Arab

Oleh-oleh khas haji dan umroh untuk kerabat dan teman-teman Anda di tanah air tidak selamanya harus berbentuk makanan. Masih banyak barang-barang lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan atau oleh-oleh, di antaranya adalah kosmetik arab.

Hanya saja, oleh-oleh berupa kosmetik tentunya hanya bisa digunakan oleh kaum hawa. Dalam hal ini, ada beberapa jenis kosmetik yang bisa Anda pilih, di antaranya adalah parfum, celak mata, lipstik hare, dan lain sebagainya.

Keuntungan membawa oleh-oleh berupa kosmetik terletak pada bentuknya yang kecil dan memungkinkan untuk dibawa naik ke pesawat saat Anda pulang ke tanah air.  Apalagi, harga kosmetik arab tersebut masih tergolong murah.

Jika Anda berniat membeli kosmetik arab sebagai oleh-oleh, datang saja ke Pasar Al-Balad. Nanti di sana cari toko populer yang bernama Toko Ali Murah. Sebab, di toko tersebut tersedia kosmetik arab dengan lengkap dan dijual dengan harga yang sangat murah. Bahkan, pembayarannya pun menggunakan rupiah.

4. Air Zam-Zam

Salah satu oleh-oleh terbaik yang bisa Anda bawa pulang ke tanah air untuk dibagikan kepada kerabat dan teman-teman Anda adalah Air Zam-Zam. Keunggulan oleh-oleh ini karena Air Zam-Zam memiliki keutamaan sendiri sebagaimana yang disebutkan di dalam hadits, yaitu air yang berbarokah dan penyembuh dari segala penyakit.

Sayangnya, saat ini jamaah haji dilarang membawa naik Air Zam-Zam saat ingin pulang ke Indonesia. Sebab, pemerintah Indonesia sudah menyiapkan masing-masing 5 liter Air Zam-Zam bagi jamaah yang bisa diambil di embarkasi masing-masing. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus mengirimkan Air Zam-Zam melalui ekspedisi.

Demikianlah ulasan mengenai oleh-oleh khas haji dan umroh serta barang-barang apa saja yang bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Tentunya setelah membaca artikel ini, Anda tidak akan kebingungan lagi dalam menentukan oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang.

Bagi Anda yang hendak mendaftar haji plus atau mendaftar umroh perlu dicatat , agar mendaftar umroh pada travel terpercaya yang berizin, silahkan daftar di travel umroh resmi memiliki izin dari kemenag. Ada berbagai macam paket perjalanan umroh, yang nantinya sahabat bias pilih, selain paket umroh regular, sobat umroh juga bisa memilih untuk daftar umroh ramadhan , umroh spesial, dan umroh plus bagi yang ingin sambil jalan-jalan.

 

Bagikan :