fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

July 13, 2022

Berakhirnya Haji Secara Resmi Saat Jemaah Haji Terakhir Meninggalkan Mina

MINA dikutip dari saudigazzette.com– Hampir separuh dari sekitar 900.000 jemaah haji yang kembali ke Mina pada Senin malam untuk melakukan ritual melontar jamarat selama empat hari berturut-turut, melemparkan kerikil ke tiga Jamarat pada Selasa sore.

Mereka kemudian meninggalkan Mina menuju Mekah untuk melakukan Tawaful Wida atau Tawaf Wada  (tawaf perpisahan).

Jemaah haji masing-masing melemparkan tujuh kerikil, pertama di Jamarat Al-Sugra, kemudian di Jamarat Al-Wusta, dan terakhir di Jamarat Al-Aqaba dalam suasana yang tenang dan damai di dalam Kompleks Jamarat yang luas yang diawaki oleh kontingen pasukan keamanan, petugas kesehatan dan sukarelawan.

Sejumlah besar jemaah haji yang tidak menyelesaikan kunjungannya ke Masjid Nabawi telah berangkat ke Madinah setelah melakukan Tawaf Wada pada hari Senin dan Selasa sebelum berangkat ke tujuan mereka di berbagai bagian Kerajaan maupun ke luar negeri.

Direktorat Jenderal Paspor  Arab Saudi(Jawazat) menegaskan kesiapannya untuk memfasilitasi prosedur keberangkatan jemaah haji melalui bandara, pelabuhan laut, dan titik masuk darat Kerajaan. Jawazat mengatakan telah mengerahkan semua sumber daya manusia dan teknis dan kemampuan untuk menyelesaikan prosedur keberangkatan dengan mudah dan nyaman.

Meskipun haji berakhir secara resmi pada hari Selasa, hari ketiga Tashreeq, para peziarah diizinkan untuk bergegas menyelesaikannya pada hari sebelumnya. Setengah dari jemaah haji tahun ini memanfaatkan konsesi untuk berangkat sehari lebih awal pada Senin sejalan dengan rencana pengelompokan jemaah, yang dirumuskan oleh otoritas Saudi.

Pihak berwenang Saudi telah memenangkan penghargaan dari dalam Kerajaan serta dari dunia Arab dan Islam atas upaya besar mereka dalam membuat haji tahun ini bebas repot dan sukses besar. Banyak negara dan organisasi Arab dan Islam memuji kepemimpinan dan orang-orang Saudi atas upaya besar mereka yang berujung pada keberhasilan haji.

Sumber berita: https://saudigazette.com.sa/article/622880/SAUDI-ARABIA/Hajj-ends-officially-as-last-batches-of-pilgrims-leave-Mina

Bagikan :

One Reply to “Berakhirnya Haji Secara Resmi Saat Jemaah Haji Terakhir Meninggalkan Mina”

  1. Musim Umroh Tahun 2022 Selanjutnya Akan Dimulai Pada 30 Juli Bertepatan Dengan 1 Muharram 1444 H - PT. Tazkiyah Global Mandiri says: 15 July 2022 at 1:58 pm

    […] juga dapat dikeluarkan untuk jemaah haji domestik melalui aplikasi Eatmarna. Hal ini akan sesuai dengan sistem terpadu layanan kesehatan dan […]

Comments are closed.