Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Juni 26, 2024

Biaya Badal Haji 2024: Solusi bagi yang Sakit & Telah Wafat

Agama Islam memberikan kemudahan bagi orang-orang yang sedang sakit dan telah meninggal untuk dapat menunaikan ibadah haji melalui badal haji.

Saat ini, banyak agen travel yang menawarkan layanan badal haji dengan berbagai informasi mengenai biaya badal haji yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan paket yang dipilih.

Badal haji merupakan proses di mana seseorang menjalankan ibadah haji atas nama orang lain yang tidak dapat melakukannya sendiri karena sakit atau telah meninggal.

Berapa Biaya Badal Haji 2024

Dikutip dari laman kemenag.go.id, bagi yang ingin melakukan badal haji untuk orang yang sudah meninggal, informasi mengenai kisaran biaya badal haji dimulai dari harga Rp7 juta hingga Rp16 juta.

biaya badal haji
Source Image: kemenag.go.id/

Perbedaan biaya badal haji ini disebabkan oleh variasi fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing agen travel. Paket biaya badal haji yang lebih mahal biasanya menawarkan fasilitas yang lebih baik, termasuk akomodasi, transportasi, dan layanan tambahan lainnya.

Menurut buku “Hukum Badal Haji dan Umrah” karya Nursilaturahmah dkk (2020), badal haji untuk orang yang sudah meninggal hukumnya boleh dan sah.

Hal ini memberikan kesempatan bagi keluarga untuk memenuhi kewajiban haji bagi anggota keluarga yang telah wafat untuk berhaji dengan syarat memenuhi biaya badal haji yang ditetapkan.

Syarat Badal Haji

Bagi yang ingin melakukan badal haji untuk orang yang sudah meninggal, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

1. Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Badal haji diperbolehkan bagi orang tua atau kerabat yang telah meninggal dunia. Ahli waris atau anak-anaknya dapat melakukan badal haji jika almarhum atau almarhumah berwasiat untuk dihajikan.

Baca Juga:  Perjalanan Haji dan Umrah Spirit Baru Bersama Tazkiyah Tour

2. Orang yang Tidak Mampu secara Fisik

Badal haji juga diperbolehkan untuk menggantikan seseorang yang masih hidup tetapi tidak mampu melaksanakan rukun haji di tanah suci karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan, terutama bagi mereka yang menderita sakit kronis yang tidak diharapkan sembuh.

3. Orang yang Membadalkan Harus yang Sudah Pernah Berhaji

biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal
Source Image: Canva

Orang yang akan melakukan badal haji harus sudah pernah melaksanakan ibadah haji sebelumnya. Jika belum, maka badal hajinya tidak sah dan haji tersebut dianggap untuk dirinya sendiri.

4. Satu Orang Hanya Boleh Membadalkan Haji Satu Kali

Badal haji hanya boleh dilakukan untuk satu orang dalam satu kali waktu. Tidak diperbolehkan bagi seseorang membadalkan haji untuk dua orang atau lebih secara bersamaan, misalnya membadalkan haji untuk 10 orang sekaligus.

Proses Badal Haji

Pelaksanaan badal haji biasanya melibatkan beberapa tahapan yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Pemilihan Agen Travel:

Memilih agen travel yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam mengurus badal haji. Pastikan agen tersebut memiliki izin resmi dari Kementerian Agama.

2. Pendaftaran dan Pembayaran:

Melakukan pendaftaran dan pembayaran sesuai dengan paket yang dipilih. Pembayaran dapat dilakukan secara langsung atau melalui transfer bank.

3. Pengumpulan Dokumen:

Mengumpulkan dokumen yang diperlukan seperti surat wasiat (jika ada), fotokopi KTP, dan dokumen pendukung lainnya.

4. Pelaksanaan Badal Haji:

Agen travel akan mengurus seluruh proses pelaksanaan badal haji, mulai dari keberangkatan hingga pelaksanaan seluruh rukun haji di tanah suci atas nama orang yang dibadalhajikan.

Manfaat Badal Haji

berapa biaya badal haji 2024 kemenag
Source Image: Canva.com

Badal haji memberikan banyak manfaat, antara lain:

1. Memenuhi Kewajiban Agama:

Membantu memenuhi kewajiban haji bagi mereka yang tidak dapat melaksanakannya sendiri karena sakit atau telah meninggal.

Baca Juga:  4 Cara Jitu Agar Bisa Menabung Untuk Umroh

2. Ketenangan Batin:

Memberikan ketenangan batin bagi keluarga yang merasa telah menunaikan kewajiban haji untuk anggota keluarga yang telah tiada.

3. Pahala dan Keberkahan:

Mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT karena telah membantu orang lain menunaikan ibadah haji.

Itulah informasi lengkap mengenai biaya badal haji untuk orang yang sudah meninggal serta syarat-syarat pelaksanaannya.

Dengan memahami berbagai aspek terkait biaya badal haji, Anda dapat mempersiapkan diri lebih baik dan memastikan ibadah haji tetap terlaksana meski dengan bantuan perwakilan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah haji untuk keluarga tercinta yang telah tiada.

Dengan langkah ini, Anda tidak hanya memenuhi kewajiban agama, tetapi juga memberikan penghormatan dan ketenangan bagi jiwa mereka yang telah berpulang.

Bagikan :