fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

September 5, 2021

Begini 2 Cara Mudah Cek Jadwal Keberangkatan Haji

Bagi para calon jamaah haji, Anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan pengecekan jadwal keberangkatan haji. Hal ini perlu, agar Anda dapat memastikan kapan Anda akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Berikut cara mengecek keberangkatan Haji

Mau Berangkat haji? Cari Tahu Dulu Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji

Ibadah haji merupakan salah satu ritual yang dikerjakan oleh umat islam setiap tahunnya. Berbondong-bondong jemaah haji mendaftarkan diri setiap tahunnya sebagai bentuk pelaksanaan rukun islam yang kelima ini. Berbagai persiapan perlu dilakukan agar ibadah tahunan ini dapat berjalan dengan lancar. Namun, pelaksanaan ibadah haji tidak dapat dilakukan secara instan. Perlu diketahui bahwa sebelum berangkat haji, para jemaah harus tahu terlebih dahulu cara cek keberangkatan haji agar dapat mempersiapkan segala hal yang diperlukan dengan matang.

Cara cek keberangkatan haji bagi masing-masing jemaah menjadi hal yang penting, pasalnya butuh persiapan yang panjang sebelum pelaksanaan ibadah ini dilakukan. Kesiapan baik secara fisik dan kesiapan dari segi teknis seperti dokumen keberangkatan penting untuk dicek. Selain itu, informasi mengenai keberangkatan juga wajib untuk diketahui. Jemaah juga harus memahami bahwa antrian untuk dapat berangkat haji cukup panjang. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, kuota pemberangkatan dibatasi sehingga informasi seputar keberangkatan ibadah haji wajib diketahui oleh para jemaah sehingga tahu kapan persis ia dapat berangkat melaksanakan ibadah haji.

cek jadwal keberangkatan haji

Baca Juga: Punya Impian ke Tanah Suci? 4 cara mewujudkan ibadah haji dan umrah

Hanya bermodalkan sambungan internet, cara cek keberangkatan haji dapat mudah diakses. Biasanya sebelum berangkat haji, masing-masing jemaah akan mendapatkan nomor porsi yang ditertera di BPIH (Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji) ketika membayar setoran awal yang dibayarkan di bank sebagai pendaftaran biaya haji yang berguna sebagai informasi keberangkatan haji. Lewat nomor porsi tersebut, informasi mengenai keberangkatan haji dapat diketahui. Berikut ini beberapa langkah atau cara cek jadwal keberangkatan haji .

  • Cek Keberangkatan Lewat Situs Kementerian Agama

Kementerian Agama menyediakan akses website sebagai media cara cek keberangkatan haji para jemaah. Dengan cara cek nomor porsi, jemaah dapat tahu waktu kapan keberangkatan haji dapat dilakukan. Lewat website yang disediakan, jemaah dapat mudah menjangkaunya dengan cara mengakses melalui smartphone atau komputer masing-masing. Langkah-langkah cek keberangkatan haji lewat website kementerian agama yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama siapkan nomor porsi yang telah didapatkan di BPIH ketika awal melakukan pembayaran biaya keberangkatan haji.
  2. Kemudian buka situs website https://kemenag.go.id/.
  3. Pilih menu dan cari fitur basis data.
  4. Lalu pilih menu estimasi keberangkatan.
  5. Masukan nomor porsi yang terdiri atas 10 digit pada tampilan yang telah disediakan.
  6. Klik fitur cari, maka informasi perkiraan keberangkatan haji dapat diketahui.
  • Cek Keberangkatan Melalui Aplikasi ”Haji Pintar”

Selain dapat diakses lewat situs, cara cek keberangkatan haji juga dapat dilakukan melalui aplikasi dari kementerian agama. Aplikasi ini hanya dapat diakses melalui smartphone. Berikut ini langkah-langkah dalam mengakses aplikasi ini:

  1. Terlebih dahulu jemaah harus membuka Play Store di smartphone.
  2. Cari aplikasi yang bernama “Haji Pintar”, kemudian download aplikasi tersebut.
  3. Tunggu proses download dan proses instal berjalan pada layar.
  4. Setelah proses download dan instal selesai, buka aplikasi tersebut.
  5. Ketika aplikasi sudah terbuka, cari menu “estimasi keberangkatan” dan klik menu tersebut.
  6. Masukan nomor porsi yang berisi 10 digit nomor.
  7. Kemudian klik submit agar informasi mengenai data keberangkatan haji dapat ditampilkan yaitu berupa nama, nomor porsi, dan tahun keberangkatan ibadah haji dapat dilakukan.
Baca Juga:  Sunnah Membaca Doa Pulang Umroh, Shalat 2 Rakaat Kemudian Baca Doa Ini

Nah, itulah tadi beberapa cara cek jadwal keberangkatan haji yang bisa dilakukan. Tak hanya satu cara, jadi tinggal pilih saja cara yang paling mudah. Jika Anda hendak melaksanakan ibadah haji, pastikan semua persyaratan sudah terpenuhi ya. Sehingga proses pemberangkatan nantinya bisa berlangsung dengan lancar. 

Setelah mengetahui cara cek jadwal keberangkatan haji, jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara rutin, agar Anda bisa memantau dan melakukan persiapan jika waktunya sudah dekat, Jika tahun keberangkatan masih jauh, maka terus jaga kesehatan dan jalani aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Bagikan :