fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

December 21, 2021

Daftar Tunggu Haji Terbaru Tahun 2022

Berikut Daftar tunggu haji tahun 2022 yang perlu Anda ketahui. Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang dilaksanakan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Semenjak wabah Covid-19, jamaah haji dibatasi termasuk dari Indonesia. Kuota haji pada tahun ini dibatasi hanya 60.000 jamaah.

Pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan ibadah haji ditunda, di mana jamaah haji di seluruh dunia harus menundanya termasuk Indonesia. Akibat penundaan tersebut, otomatis waktu tunggu haji bagi setiap pendaftar semakin bertambah pula. Berikut adalah daftar tunggu haji di Indonesia yang wajib Anda ketahui

Menurut berita terbaru yang diterbitkan di situs resmi kemenag, pemberangkatan jemaah umrah Indonesia kembali ditunda hingga tahun 2022. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief mengatakan, keputusan ini diambil usai adanya imbauan dari Presiden RI dan arahan Menteri Agama agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, serta setelah pihaknya menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

daftar tunggu haji

“Kami tentu mengutamakan aspek perlindungan jemaah di tengah pandemi Covid-19, terlebih setelah adanya varian baru Omicron. Untuk itu, keberangkatan jemaah umrah kembali ditunda hingga awal tahun 2022. Kita berharap kondisi segera membaik,” terang Hilman di Jakarta, Sabtu (18/12/2021).

Detail Daftar Tunggu Haji di Indonesia

Berikut ini beberapa daftar tunggu haji di Indonesia khususnya di kota-kota besar :

1. Aceh

Masyarakat muslim yang masuk ke dalam daftar tunggu ibadah haji di Provinsi Aceh sudah mencapai 127.000 orang, dengan masa tunggu 30 tahun. Dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini yaitu tahun 2019 dan 2020, masa tunggu haji semakin banyak karena tertundanya keberangkatan haji akibat pandemi Covid-19.

2. Sumatera Utara

Sumatera Utara menjadi provinsi dengan jumlah pendaftar haji sebanyak 152.538 jamaah. Angka tersebut masuk ke dalam jajaran 5 besar pendaftar haji terbanyak di Indonesia. Kuota yang diberikan pemerintah untuk Provinsi Sumatera Utara yaitu sebesar 8.168. masa tunggu haji diprovinsi ini mencapai tahun 2039.

3. Sumatera Selatan

Jumlah pendaftar haji di Provinsi Sumatera Selatan mencapai 69.315 orang, dengan masa tunggu selama 11 tahun hingga 2024. Apabila jumlah pendaftar setiap tahun bertambah di Sumatera Selatan, maka dapat diakumulasikan sebanyak 6.300 orang per tahunnya.

4. DKI Jakarta

Masyarakat muslim yang mendaftar haji di DKI Jakarta kini menempati posisi ke empat jumlah terbanyak di Indonesia. Jumlah pendaftarnya sebanyak 189.252 jamaah, di mana kuota yang diberikan oleh pemerintah sebanyak 7.766 orang. Masa tunggu haji di DKI Jakarta ini mencapai tahun 2045.

5. Jawa Timur

Masyarakat muslim di Provinsi Jawa Timur yang masuk ke dalam daftar tunggu ibadah haji sebanyak 1.063.663 jamaah. Angka tersebut menjadi angka paling tinggi di Indonesia untuk jumlah jamaah haji yang menunggu giliran berangkat haji. Masa tunggu  jamaah haji di Provinsi Jawa Timur ini mencapai tahun 2051.

6. Jawa Barat

Daftar tunggu ibadah haji di Jawa Barat hingga tahun ini sudah mencapai 39.513 jamaah dengan lama tunggu selama 18-20 tahun. Lama tunggu tersebut sudah menjadi rata-rata lama tunggu haji di Provinsi Jawa Barat. Untuk mengantisispasilamanya masa tunggu, Pemprov Jabar akan memberlakukan peraturan baru, di mana minimal pendaftar berusia 12 tahun.

7. Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi Provinsi kedua dengan jumlah pendaftar haji terbanyak di Indonesia yaitu sebanyak 834.030 jamaah. Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Penundaan keberangkatan akibat Covid 19 menjadi akibat membludaknya angka masa tunggu di povinsi tersebut.

Masa tunggu jamaah haji di Provinsi Jawa Tengan mencapai tahun 2049. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah saat ini memberikan kuota haji sebesar 29.788 jamaah. Kuota tersebut sudah menjadi kesepakatan dengan Kementrian Agama.

8. Banten

Banten memiliki jumlah pendaftar haji sebanyak 221.883 jamaah dengan kuota yang diberikan pemerintah sebanyak 9.279 orang. Masa tunggu jamaah haji di Provinsi Banten hingga tahun ini sudah mencapai tahun 2044.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat table rincian estimasi, kuota, porsi terakhir, dan jumlah pendaftar setiap daerah yang dirangkum oleh kementerian Agama Republik Indonesia di kemenag.go.id

Sebelum Anda melakukan pendaftaran ibadah haji, alangkah baiknya menambah wawasan mengenai ibadah haji, proses keberangkatan, dan kegiatan apa saja yang dilakukan selama melakukan ibadah haji. Nah, demikian merupakan beberapa informasi mengenai daftar tunggu haji di Indonesia yang bisa dijadikan referensi.

Bagi Anda yang hendak mendaftar haji plus atau mendaftar umroh perlu dicatat, agar mendaftar umroh pada travel terpercaya yang berizin, silahkan daftar di travel umroh resmi memiliki izin dari kemenag. Ada berbagai macam paket perjalanan umroh, yang nantinya sahabat bias pilih, selain paket umroh regular, sobat umroh juga bisa memilih untuk daftar umroh ramadhan , umroh spesial, dan umroh plus bagi yang ingin sambil jalan-jalan.

Bagikan :