fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

April 13, 2022

Karpet Baru Menyambut Jamaah di Dua Masjid Suci Selama Ramadhan

JEDDAH dikutip dari arabnews.com: Sebagai bagian dari persiapan Ramadhan, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci menutupi lantai kedua tempat ibadah dengan 50.000 karpet baru untuk kenyamanan dan perlindungan jamaah sepanjang tahun, terutama selama bulan puasa.

Karpet, yang dibuat di Arab Saudi, memenuhi kriteria dan spesifikasi teknis tertentu agar sesuai dengan ruang Dua Masjid Suci dan memenuhi kebutuhan peziarah dan pengunjung.

Direktur departemen pembersihan karpet di Masjidil Haram di Makkah, Jaber Ahmed Al-Wada’ani, mengatakan penutup lantai baru membutuhkan waktu 11 bulan untuk diproduksi.

Karpet – karpet tersebut memiliki kualitas tinggi dan mewah sehingga jamaah dapat melakukan shalat dengan “segala hormat dan ketenangan,” katanya kepada Arab News.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mendirikan departemen spesialis 43 tahun yang lalu untuk membersihkan, mendisinfeksi, mensanitasi, dan mengharumkan karpet dengan bantuan teknologi terbaru dan terbaik.

“Dulu, karpet Masjidil Haram Mekah diimpor dari Jerman, Belgia, dan Lebanon selama bertahun-tahun. Dari 1999 hingga 2000, impor karpet dihentikan dan batch pertama karpet didirikan di pabrik Makkah,” kata Wada’ani.

14 batch pertama karpet Makkah buatan Arab Saudi memiliki spesifikasi teknis yang sama. Namun, mereka dibuat dengan nada merah. Kemudian, hijau diadopsi dan warna ini menjadi warna standar untuk karpet di kedua masjid.

Kepala fasilitas eksternal di Departemen Karpet Masjidil Haram, Muhammad Al-Thibani, menjelaskan detail khusus dan cetakan yang diterapkan pada karpet.

raodah Karpet Baru Menyambut Jamaah di Dua Masjid Suci Selama Ramadhan

“Lambang Arab Saudi ditandai di tengah setiap permadani, dan area permadani yang tersisa dihiasi dengan pola kayu dan bunga serta cetakan berbagai warna kuning, krem, dan biru tua, semuanya bergelombang dengan cara yang elegan dan harmonis. ,” katanya kepada Arab News.

Baca Juga:  Masjid Al-Jumu’ah, Tempat Rasulullah SAW Shalat Jumat Pertama di Madinah

Karpet Dua Masjid Suci memiliki spesifikasi teknis yang membuatnya berbeda dari karpet biasa atau biasa. Mereka lebih tebal, lebih kuat, dan lebih tahan lama. Mereka memiliki benang yang lebih lembut, tumpukan yang lebih tinggi, terasa lebih empuk di bagian bawah, memiliki stabilitas warna yang lebih baik, dan tidak terpengaruh oleh pencucian berulang.

Al-Wada’ani berkata: “Karpet ini terbuat dari 100 persen benang akrilik murni. Tumpukan itu beratnya 400 gram, dan tingginya mencapai 14 milimeter. Tinggi total satu karpet adalah 16 milimeter.”

Dengan warna hijau lumut yang khas, karpet menjalani beberapa operasi pencucian sepanjang tahun karena binatu memasok Masjidil Haram dengan 2.000 karpet bersih seminggu. Ada pemantauan masalah pembersihan dan pemeliharaan sepanjang waktu, dan para pekerja di masjid secara teratur menyapu, membersihkan, dan mengharumkan semua karpet selama siklus 24 jam. Al-Wada’ani memberikan penjelasan rinci tentang empat tahap pembersihan karpet utama, menambahkan bahwa umur karpet adalah antara empat dan enam tahun.

“Tahap pertama pembersihan karpet dimulai dengan penghilangan kotoran dan debu secara otomatis menggunakan teknologi berkualitas tinggi.

Kemudian, tahap kedua adalah mencuci dan mensanitasi karpet secara otomatis dengan disinfektan, air, dan deterjen khusus, kemudian dibilas dengan air untuk menghilangkan sabun.

“Kemudian datang tahap ketiga, di mana karpet yang sudah dicuci diletakkan ke dalam tabung khusus untuk mengeringkannya dari air. Pada tahap keempat dan terakhir, karpet diangkat di atas penggergajian kayu, di bawah sinar matahari dan udara segar, dilengkapi dengan kipas untuk mempercepat proses pengeringan. Karpet kemudian disapu dengan sapu khusus modern, kemudian disanitasi dan diberi wewangian dengan air mawar Taif yang terkenal. Kemudian mereka pergi untuk pengemasan dan penyimpanan.”

Baca Juga:  Pemakaman Baqi, 7 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menziarahinya

Setiap karpet memiliki chip elektronik dan kode yang dibaca oleh identifikasi frekuensi radio yang terhubung ke sistem elektronik dengan informasi tentang tanggal pembuatan, riwayat penggunaan, lokasi, dan pencucian.

Sumber berita: https://www.arabnews.com/node/2062116/saudi-arabia