Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id
Februari 17, 2024

2 Cara Mudah Cek Estimasi Keberangkatan Haji Secara Online!

Estimasi keberangkatan haji kini bisa di cek secara online. Hal ini perlu diketahui bagi orang yang sudah daftar haji. Biasanya, masa tunggu haji berkisar antara 10 – 30 tahun untuk pendaftaran reguler, bahkan bisa lebih lama lagi.

Mereka yang sudah daftar haji tentu ingin mengetahui tahun berapa mereka akan berangkat haji. Hal ini sebagai dasar agar calon jama’ah haji bisa menyiapkan beberapa keperluan haji mulai dari finansial, hafalan do’a, hingga tata cara haji.

Lalu, bagaimana cara cek estimasi keberangkatan haji online? Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengecek Estimasi Keberangkatan Haji

Cara cek estimasi keberangkatan haji secara online dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui Aplikasi Pusaka Mobile dan Website Kemenag. Dua layanan tersebut dibuat resmi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mempermudah calon jama’ah haji mengakses informasi keberangkatan haji.

Cara cek estimasi keberangkatan haji melalui website dan aplikasi sama, yaitu memasukkan nomor porsi haji. Namun kedua layanan tersebut memiliki menu yang berbeda.

Penjelasan tentang cara cek estimasi keberangkatan haji melalui Website Kemenag dan Aplikasi Pusaka Mobile dapat Anda baca di bawah ini.

1. Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji Kemenag

Cara cek estimasi keberangkatan haji Kemenag dapat dilakukan melalui website Kemenag. Cara ini cukup mudah, karena Anda tidak perlu download aplikasi terlebih dulu untuk melakukannya. Cukup buka browser di HP saja, maka informasi keberangkatan haji akan muncul.

estimasi keberangkatan haji
Source Image: Website Resmi KP

Berikut cara cek keberangkatan haji melalui website Kemenag.

  1. Buka website Kemenag Haji melalui link https://haji.kemenag.go.id/v5/ di HP atau PC Anda.
  2. Masukkan nomor porsi haji di kotak yang tersedia.
  3. Masukkan kode captcha yang ditampilkan dengan benar.
  4. Klik cari.
  5. Cek informasi estimasi keberangkatan haji yang ditampilkan.
Baca Juga:  Larangan saat Ibadah Haji, 3 Larangan Khusus bagi Perempuan

Beberapa informasi yang ditampilkan dari Website Kemenag antara lain nomor porsi, nama calon jama’ah, asal kabupaten, asal provinsi, kuota haji, serta estimasi tahun keberangkatan haji.

Nomor porsi yang dimasukkan untuk cek estimasi keberangkatan haji online bisa dilihat pada berkas pendaftaran dari Kemenag kabupaten atau kota pada saat jama’ah mendaftar.

Nomor porsi terdiri dari 10 digit angka. Saat memasukkan nomor porsi di website Kemenag, pastikan angka yang dimasukkan benar. Jika tidak, informasi jama’ah haji tidak akan ditemukan.

Informasi yang ditampilkan merupakan perkiraan keberangkatan haji dan dapat berubah sewaktu – waktu sesuai kuota dan ketentuan.

Layanan website Kemenag ini tidak bisa Anda gunakan untuk pendaftaran haji online. Sehingga, Anda harus datang ke Kantor Kementerian Agama setempat untuk melakukan pendaftaran.

Website Kemenag ini juga bisa Anda gunakan untuk download buku panduan manasik haji serta do’a manasik haji sebagai persiapan sebelum berangkat haji.

Selain cek estimasi keberangkatan haji, Website Kemenag juga bisa Anda gunakan untuk mengecek biro perjalanan yang Anda gunakan untuk berangkat haji.

2. Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji Secara Online

estimasi keberangkatan haji kemenag
Source Image: Sulsel Kemenag

Cara cek keberangkatan haji online dapat dilakukan melalui Aplikasi Pusaka Mobile. Aplikasi Pusaka Mobile diluncurkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2022 lalu dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kekurangan cek keberangkatan haji secara online adalah Anda diharuskan untuk download aplikasinya dulu baik di Play Store ataupun App Store. Cara ini memang lebih ribet dibandingkan cara cek keberangkatan haji menggunakan website.

Namun, Aplikasi Pusaka ini memiliki layanan yang lebih lengkap tentang haji ataupun umroh.

Berikut cara cek estimasi keberangkatan haji online via Aplikasi Pusaka Mobile.

  1. Download Aplikasi Pusaka di Play Store atau App Store.
  2. Buka aplikasi yang telah terdownload.
  3. Aktifkan fitur “lokasi” di HP Anda.
  4. Scroll ke bawah dan klik “Estimasi Keberangkatan Haji”
  5. Masukkan “nomor porsi” di kotak yang disediakan.
  6. Klik “Cari Nomor Porsi”.
  7. Periksa informasi estimasi keberangkatan haji yang muncul.
Baca Juga:  Persiapan Umroh 9 Hari dan 12 Hari, Catat Baik – Baik

Nomor porsi yang dimasukkan di Aplikasi Pusaka Mobile dapat dicek pada berkas pendaftaran saat jama’ah haji mendaftar. Nomor porsi berisi 10 angka dan pastikan untuk memasukkannya dengan benar.

Beberapa informasi yang muncul dari Aplikasi Pusaka antara lain nomor porsi, nama calon jama’ah, asal kabupaten, asal provinsi, kuota haji, serta estimasi tahun keberangkatan haji.

Selain cek estimasi keberangkatan haji, Aplikasi Pusaka juga dapat digunakan untuk pendaftaran haji online, download buku panduan manasik haji dan umroh, serta do’a – do’a umroh dan haji. Buku panduan ini bisa Anda download sebagai persiapan untuk berangkat haji nanti.

Dengan adanya layanan cek estimasi keberangkatan haji secara online, proses persiapan haji menjadi lebih mudah dan efisien bagi jamaah. Selain itu, dengan adanya aplikasi dan website cek keberangkatan haji, jama’ah bisa mengakses informasi kapanpun dan dimanapun.

Penutup

estimasi keberangkatan haji kemenag

Memanfaatkan teknologi canggih untuk mengecek keberangkatan haji secara online melalui Aplikasi Pusaka Mobile dan website Kemenag merupakan langkah progresif yang signifikan.

Dengan layanan ini, calon jama’ah haji dapat merencanakan perjalanan suci mereka dengan lebih baik, memastikan persiapan yang lebih matang baik secara spiritual maupun finansial.

Semoga dengan adanya fasilitas ini, ibadah haji para jama’ah menjadi lebih lancar dan membawa dampak positif bagi kehidupan mereka. Mari kita manfaatkan teknologi ini sebaik-baiknya untuk memudahkan perjalanan ibadah haji kita.

Bagikan :