Hi, How Can We Help You?

Blog

March 6, 2020

Hindari Hoaks, Begini Cara Dapat Info Resmi soal Kebijakan Umrah

MEKAH – Terlalu banyak informasi soal lanjutan kebijakan penangguhan umrah. Terbaru, viral di sejumlah media (sosial maupun massa) bahwa pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang 2020.

Menanggapi hal itu, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali menegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf dan memastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

Demikian juga terkait pelaksanaan haji tahun ini. “Persiapan terus berjalan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari Saudi,” tuturnya di situs resmi Kemenag, Kamis, 6 Maret 2020.

Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah Amin Handoyo juga sudah mengonfirmasi ke call center Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814. “Penjelasannya, berita penundaan 1 tahun itu tidak benar,” sebut dia.

Pengumuman yang benar, imbuh Amin, adalah bahwa penangguhan itu bersifat sementara. Sampai batas yang akan diumumkan kemudian.

“Untuk perkembangannya bisa dipantau melalui twitter Kementerian Haji dan Umrah,” tandasnya.

Informasi terbaru dari Saudi, sedang ada sterilisasi area Kakbah dalam upaya mencegah penyebaran virus corona. Meski begitu, jemaah masih bisa melakukan tawaf. Tawaf tetap diizinkan di area masjidil Haram. “Bagi yang melakukan tawaf dilakukan di lantai 2 dan 3,” kata Endang

Area dekat Kakbah memang menjadi fokus utama pembersihan terkait pencegahan penyebaran virus corona. Karena itu, area itu tetap ditutup selama penangguhan umrah masih berlaku.

“Khusus untuk penutupan daerah mataf dan mas’a dilakukan selama kebijakan penangguhan umrah berlaku,” tutur dia. (*/fit-sur)

Bagikan :