fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

April 10, 2022

Saud bin Ibrahim Al-Shuraim, imam Masjidil Haram Makkah

Imam Masjidil haram Makkah – Saud bin Ibrahim Al-Shuraim lahir di Riyadh pada tahun 1966 dan dianggap sebagai qari Al-Qur’an terkenal di dunia yang bacaannya telah didistribusikan ke seluruh dunia.

Dia memulai pendidikan dasarnya di Sekolah Dasar Areen sebelum menghadiri Sekolah Menengah Model, dan Sekolah Menengah Al-Yarmouk, semuanya di ibu kota Saudi.

Pada tahun 1984, Saud bin Ibrahim Al-Shuraim bergabung dengan departemen keyakinan Islam dan doktrin kontemporer di perguruan tinggi fundamental agama di Universitas Islam Imam Mohammad bin Saud, di mana ia lulus dengan gelar sarjana empat tahun kemudian.

Ia menerima gelar master dalam bidang yurisprudensi komparatif dari Institut Yurisdiksi Tertinggi di universitas yang sama pada tahun 1992.

Tiga tahun kemudian, Saud bin Ibrahim Al-Shuraim memperoleh gelar doktor dalam fikih Islam dari Universitas Umm Al-Qura untuk tesisnya tentang buku Imam Abu Mansour Al-Kirmani, berjudul “Paths in the Rituals.”

Pada tahun 1992, sebuah perintah kerajaan menunjuk Al-Shuraim sebagai hakim di Pengadilan Agung Makkah, di mana ia menjabat selama hampir tiga tahun.

Setahun kemudian ia diangkat menjadi dosen di Masjidil Haram, di samping tugasnya sebagai imam dan hakim.

Al-Shuraim menjadi dosen pada tahun 1999 di departemen yurisdiksi Universitas Umm Al-Qura di perguruan tinggi studi Syariah dan Islam, dan dipromosikan menjadi asisten profesor empat tahun kemudian.

Pada tahun 2003 diangkat sebagai wakil dekan bidang keilmuan dan studi tinggi di perguruan tinggi yang sama, dan pada tahun 2005 diangkat menjadi dekan.

Tujuh tahun kemudian ia diangkat sebagai dekan perguruan tinggi studi yudisial dan hukum di universitas tersebut, jabatan yang dipegangnya hingga tahun 2021.

Al-Shuraim telah menerbitkan beberapa buku dan penelitian ilmiah.

Baca Juga:  Istana Raja Abdulaziz, Salah Satu Monumen Bersejarah Arab Saudi di Taif

Sumber berita: https://www.arabnews.com/node/2060126/saudi-arabia