fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

June 30, 2022

Jemaah haji asal Afghanistan bersepeda ke Mekah telah tiba di Arab Saudi

 KABUL dikutip dari arabnews.com: Seorang peziarah dari Afghanistan tenggara, yang menjadi sensasi media sosial ketika ia memulai perjalanan sepeda ke Mekah bulan lalu, telah mencapai Arab Saudi, kata pihak berwenang Afghanistan pada hari Rabu, setelah ekspedisinya mengambil serangkaian rute tak terduga, termasuk yang disponsori penerbangan.

Noor Mohammad berangkat dari rumahnya di desa Layeq, di distrik Qarabagh di provinsi Ghazni pada awal Mei, berencana menempuh jarak lebih dari 6.000 kilometer untuk mencapai kota suci Islam pada Juli dan menunaikan haji.

Saat ia bersepeda melalui Afghanistan, seorang sarjana Taliban menawarkan bantuan untuk mendapatkan tiket pesawat, tetapi pria berusia 48 tahun itu menolak, ingin bekerja lebih keras dalam memenuhi kewajiban suci.

Sedikit yang dia tahu bahwa bantuan akan segera dibutuhkan ketika setelah tiga minggu dia terdampar di Iran, mencoba untuk mendapatkan visa Irak di kota perbatasan Khorramshahr.

“Teman-teman Afghanistan saya berjanji untuk memberi saya visa Irak di sana,” kata Mohammad kepada Arab News, saat dia menceritakan upayanya lebih lanjut untuk mendapatkan visa Kuwait. Sekali lagi, tidak berhasil.

Saat itulah dia memutuskan untuk menghubungi cendekiawan itu. “Saya tidak punya cara lain.

Saya menghubungi Syaikh Hammasi melalui WhatsApp,” katanya. “Dia memperkenalkan saya kepada seorang pengusaha Afghanistan yang membantu saya tinggal di Iran dan kembali ke Kabul.”

Di Kabul, dia langsung diterima untuk kursus persiapan haji, di mana para pejabat mengurus keberangkatannya. Penerbangannya dilaporkan ditanggung oleh penjabat Menteri Dalam Negeri Serajuddin Haqqani, seorang pembantu dekat Anas Haqqani – saudara menteri dan pemimpin senior Taliban – mengatakan kepada Arab News.

“Kementerian Haji memproses paspor saya secara mendesak,” kata Mohammad, hanya beberapa hari sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Dia terbang dari Kabul pada hari Selasa, setelah semua dokumen perjalanannya diproses.

“Namanya dimasukkan ke penerbangan pertama setelah itu,” kata Mawlawi Israrulhaq, seorang pejabat di Kementerian Haji dan Agama. “Dia melakukan perjalanan ke Jeddah dari mana dia akan bergabung dengan haji Afghanistan lainnya di Mekah.”

Mohammad sedang mempersiapkan penerbangannya beberapa hari setelah gempa mematikan yang mendatangkan malapetaka di Afghanistan timur, menewaskan sekitar 1.150 orang pekan lalu.

Dia telah berdoa untuk para korban dan mengatakan dia akan mengingat mereka juga ketika dia sampai di Mekah.

“Begitu saya sampai di Mekah, saya akan berdoa kepada Allah untuk memudahkan keluarga yang kehilangan orang yang dicintai dan rumah mereka,” tambahnya. “Saya akan memintanya untuk menyelesaikan semua masalah warga Afghanistan.”

Sumber berita: https://www.arabnews.com/node/2113461/world

Bagikan :