fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

December 20, 2021

3 Dalil tentang Keutamaan Air Zam Zam

Apa Keutamaan air zam zam dan bagaimana cara mendapatkan air zam zam? tentunya penting untuk Kita ketahui. Pasalnya, terkadang para jamaah haji kesulitan untuk mendapatkannya dalam jumlah banyak disebabkan oleh banyaknya orang yang berebutan untuk mendapatkan air tersebut.

Kendala lain yang juga seringkali muncul adalah aturan untuk tidak membawa pulang sendiri air zam zam tersebut di pesawat yang digunakan terbang ke tanah air karena dikhawatirkan memberatkan bagasi. Dalam hal ini, pemerintah sudah menyediakan air zam zam yang akan diambil oleh para jamaah haji di embarkasi.

Sayangnya, jumlah air zam zam tersebut terbatas yaitu 5 liter saja. Maka dari itu, para jemaah haji yang ingin mendapatkan zam zam dalam jumlah lebih penting untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkannya dan mengirimkannya ke tanah air.

Lantas bagaimanakah caranya? Postingan kali ini akan memberikan ulasan mengenai hal tersebut. Tapi sebelum itu, saya akan menyebutkan terebih dahulu keutamaan air zam zam tersebut dari tinjauan syariat.

Keutamaan Air Zam Zam

Sudah merupakan hal yang diketahui bersama bahwa air zam zam merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa oleh jemaah haji sepulang dari Tanah Suci. Bahkan, oleh-oleh lainnya akan terasa ‘hambar’ jika tidak terdapat air zam zam di antaranya.

Penyebab hal tersebut bukan semata-mata karena air zam zam hanya berasal dari Mekkah Al-Mukarromah, tetapi juga karena keberkahan dan keutamaan yang didapatkan dari meminum air zam zam. Di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam tentang keutamaan air zam zam :

إنها مباركة إنها طعام طعم

“Sesungguhnya air zam zam itu diberkahi. Sesungguhnya air zam zam itu makanan dari segala makanan.” (Diriwayatkan oleh Muslim []6513]), dan yang lainnya).

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

خَيرُ ماءٍ على وجْهِ الأرضِ ماءُ زَمْزَمَ ، فِيه طعامٌ من الطُّعْمِ ، و شِفاءٌ من السُّقْمِ

“Sebaik-baik makanan yang ada di permukaan bumi adalah air zam zam. Di dalamnya terdapat makanan dari segala makanan dan obat dari segala penyakit.” (Diriwayatkan oleh Al-Faakihy dalam Akhbaar Al-makkah [1106], Ath-Thobrani [11/98], serta yang lainnya).

Makna makanan dari segala makanan adalah air zam zam ketika diminum akan menyebabkan rasa kenyang seakan-akan sudah mengosumsi makanan. Rasa kenyang tersebut bahkan bertahan dalam waktu lama.

Adapun makna obat bagi segala penyakit adalah air zam zam dapat digunakan sebagai penyembuh dari segala penyakit yang ada.

Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah Rahimahullah berkata :

شاهدت من يتغذا به الأيام ذوات العدد قريبا من نصف الشهر، أو أكثر، ولا يجد جوعا، ويطوف مع الناس كأحدهم، وأخبرني أنه ربما بقي عليه أربعين يوما، وكان له قوة يجامع بها أهله، ويصوم ويطوف مرارا

“Saya menyaksikan orang yang meminum air zam zam selama beberapa hari, kira-kira hampir setengah bulan atau lebih dari itu, dan tidak merasa lapar dia sama sekali. Dia melakukan thawaf bersama orang-orang. Dia mengabarkan kepadaku bahwa seandainya dia tetap seperti itu hingga 40 hari lagi, niscaya dia masih mempunyai kekuatan untuk menggauli istrinya, puasa, dan thawaf berkali-kali. “ (Lihat Kitab Zaadul Ma’aad Karya Al-Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah 4/393).

Detail Ulasan Cara Mendapatkan Air Zam Zam dan Harganya

Karena besarnya keutamaan air zam zam, umumnya para jamaah haji ingin membawa pulang dalam jumlah yang banyak karena ingin dikonsumsi sendiri dan dibagikan kepada keluarga terdekat. Jika hanya berisi 5 liter, tentu air zam zam tersebut tidak cukup untuk dibagi-bagikan.

keutamaan air zamzam

Ada cara yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan air zam-zam dalam jumlah 20 liter. Detail caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, kunjungi link berikut ini : eservices.wmn.gov.sa/ZAM/ZAM_0003.aspx
  • Isi data-data yang diminta dengan benar dan lengkap.
  • Setelah selesai, tekan tab ‘Irsaaluth Tholab’ di bagian bawah. Oh ya tabnya dalam bahasa arab.
  • Selanjutnya ikuti instruksi yang diminta.

Setelah Anda mengikuti cara mendapatkan air zam zam dan harganya di atas, persoalan selanjutnya adalah bagaimana cara mengirimkannya ke Indonesia. Untuk mengikutkannya ke pesawat yang Anda gunakan dalam penerbangan pulang ke tanah air tentu tidak mungkin. Satu-satunya solusi adalah mengirimkannya melalui jasa ekspedisi yang banyak terdapat di sana. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang hendak mendaftar haji plus atau mendaftar umroh perlu dicatat yaa, agar mendaftar haji plus pada travel terpercaya yang berizin, silahkan daftar di travel haji umroh resmi memiliki izin dari kemenag.

 

 

Bagikan :