fbpx
Hi, How Can We Help You?

Blog

November 26, 2020

Lebih Bugar, Pemerintah Dorong Milenial Mulai Daftar Haji

MAKASSAR – Kementerian Agama RI dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) merasa sudah waktunya mendorong kaum milenial untuk melaksanakan haji. Sebab, tingginya resiko terhadap calon jemaah haji yang berusia di atas 60 tahun kini menjadi perhatian.

Makanya, kata anggota Dewan Pengawas BPKH, Hamid Paddu, penting untuk mengajak generasi milenial untuk melaksanakan haji. Caranya antara lain dengan membuka tabungan haji sedini mingkin.

BPKH pun mulai aktif mensosialisasikan pentingnya haji di usia muda. “Kita berangkatkan para milenial dengan cara kita bantu misalnya sosialisasi soal pentingnya haji usia muda, atau dengan cara kita dorong agar menabung sedini mungkin. Kami akan buatkan program campuran dengan investasi, yang tadinya kalau di bank saja empat tahun baru cukup poinnya, ini mungkin baru tiga tahun sudah cukup poinnya,” ujar Hamid yang juga pakar ekonomi asal Sulsel itu.

Berdasarkan data, tahun 2014 total pendaftar jemaah haji muda yakni 450.911, tahun 2015 sebanyak 470.740, tahun 2016 sebanyak 515.269, tahun 2017 sebanyak 611.475, tahun 2018 sebanyak 679.945, dan tahun 2019 sebanyak 748.114.

Hamid mengatakan program yang diiniasi oleh Kementerian Agama dan BPKH ini semata mata untuk memberi bekal kepada calon haji milenial untuk melaksanakan haji di usia muda.

“Ayo generasi muda berhaji di usia 17 tahun, 20 tahun silakan. Karena dari segi kesehatan, bekal ilmu, pengetahuan jelas lebih paham dan aman, karena masih kuat,” sambung Hamid, Rabu, 25 November 2020.

Hamid mengatakan dari tahun ke tahun masa tunggu semakin panjang. “Sekarang masa tunggu 20 tahun untuk generasi muda, bisa saja masa tunggu itu makin lama makin panjang,” ungkapnya.

Di Makassar, penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) yang aktif mensosialisasikan haji di usia muda adalah PT Tazkiyah Global Mandiri.

Tazkiyah rutin mengeskpose mengenai haji itu persoalan niat besar dan bisa dimulai dengan langkah kecil. Misalnya mulai menabung dengan setoran awal Rp100.000 di Bank Syariah Mandiri, salah satu mitra travel peraih SNI Award 2019 ini.

Masa tunggu haji khusus di Tazkiyah cukup singkat, hanya 5-6 tahun. Tazkiyah bahkan sudah punya juga program haji langsung berangkat. Programnya disebut Haji Furoda, menggunakan visa furoda yang resmi sudah dilegalkan Kementerian Agama RI. (tmt)

Bagikan :