Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Juli 3, 2024

Pahala Menjenguk Orang Sakit: Didoakan 70 Ribu Malaikat

Menjenguk orang sakit adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ketika seseorang sakit, mereka tidak hanya membutuhkan perawatan medis, tetapi juga dukungan emosional dari keluarga, teman, dan saudara.

Menjenguk orang sakit bukan hanya sebuah bentuk empati, tetapi juga merupakan kewajiban yang memiliki banyak keutamaan.

Keutamaan Menjenguk Orang Sakit

menjenguk orang sakit
Source Image: canva.com

1. Diseru Penduduk Langit

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka penyeru dari langit mengatakan, ‘Kamu telah berbuat baik. Langkah kakimu juga baik. Kamu telah menempati satu tempat di surga.’” (H.R. Ibnu Majah).

2. Mendapat Tempat Istimewa di Surga

Nabi Saw. bersabda, “Jika seorang muslim menjenguk saudaranya sesama muslim, ia akan selalu berada di tengah khurfah surga hingga ia pulang.” Ketika ditanya, “Ya Rasulullah, apakah khurfah surga itu?” Beliau menjawab, “Buah-buahannya.” (H.R. Tsauban).

3. Didoakan Malaikat

Ali ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah Saw. bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menjenguk muslim lainnya di waktu pagi, kecuali 70 ribu malaikat berdoa untuknya hingga sore. Dan jika ia menjenguknya di waktu sore, maka 70 ribu malaikat berdoa untuknya hingga pagi. Dan di surga, ia mendapatkan buah-buahan yang telah dipetik.” (H.R. Tirmidzi). Hadits ini hasan.

Etika Menjenguk Orang Sakit

etika menjenguk orang sakit
Source image: canva.com

Sebagai seorang muslim yang baik, tentunya kita harus menjenguk saudara, keluarga, atau teman-teman kita yang sedang diuji sakit. Berikut adalah beberapa etika yang perlu diperhatikan saat menjenguk orang sakit:

Baca Juga:  Pindah Travel Haji Khusus atau Pindah PIHK, Syarat dan Prosedur yang Harus Dipahami

1. Memberikan Salam dan Doa

Rasulullah SAW mengajarkan untuk memberikan salam dan doa saat menjenguk orang sakit. Doa yang bisa dibaca adalah:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

(Allahumma rabban naasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antasy syaafi la syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an la yughaadiru saqama)

“Ya Allah, Dzat yang dipertuhankan manusia, hilangkanlah rasa sakit dan anugerahkanlah kesembuhan padanya (yang sedang sakit), karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Menghibur dan Memberi Semangat

Kehadiran kita sebaiknya memberikan rasa nyaman dan semangat bagi yang sakit. Ucapan yang penuh kasih sayang dan doa kesembuhan bisa membantu meringankan beban psikologis mereka.

Hikmah Menjenguk Orang Sakit

Allah Swt. memberikan sakit kepada manusia tak lain untuk menguji umat manusia. Apakah dengan sakitnya itu ia akan bersabar?

Apakah dengan sakitnya itu ia akan semakin bertakwa kepada Allah? Atau malah sebaliknya, dengan diberikannya sakit malah kian menjauh dari tuntunan-Nya?

hikmah menjenguk orang sakit
Source Image: canva.com

Sesungguhnya, Allah Swt. akan memberikan hadiah yang indah bagi orang-orang yang mau bersabar (misalnya ketika sakit), “Mereka itulah orang yang dibalas dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.” (Q.S. Al-Furqan: 75).

Kesimpulan

Menjenguk orang sakit bukan hanya sebuah tindakan sosial, tetapi juga sebuah ibadah yang memiliki banyak keutamaan dan hikmah.

Dengan menjenguk orang sakit, kita tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah Swt., tetapi juga bisa memberikan dukungan emosional yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang diuji sakit.

Baca Juga:  Inilah 3 Sikap Menghadapi Musibah, kisah Heroik Thalut Melawan Jalut

Mari kita jaga hubungan silaturahim dan terus berbuat kebaikan, salah satunya dengan menjenguk saudara, teman, atau keluarga yang sedang sakit.

Semoga Allah Swt. memberikan kesembuhan kepada mereka yang sakit dan memberikan kita kekuatan untuk selalu membantu sesama. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

Bagikan :