fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

November 16, 2021

Persyaratan Membuat Paspor Umroh , Lengkapi 4 Dokumen ini!

Dokumen-dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan membuat paspor umroh tidaklah banyak. Sebagaimana yang telah diketahui untuk menunaikan ibadah umroh kita perlu menyiapkan kebutuhan administrasi berupa dokumen lengkap, termasuk salah satunya adalah paspor. Banyak calon jamaah umroh yang kesulitan ketika mengurus paspor, termasuk persyaratan membuat paspor umroh. Padahal, saat ini tersedia cara membuat paspor umroh online yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi APAPO.

Umumnya biro umroh tempat calon jamaah mendaftarkan diri akan menawarkan layanan pendampingan pembuatan paspor sampai selesai. Akan tetapi, jangan khawatir apabila Anda tidak memperoleh layanan pendampingan dari biro umroh. Berikut ini saya akan memberikan panduan persyaratan membuat paspor umroh dan cara membuatnya dengan bantuan aplikasi.

Persyaratan Membuat Paspor Umroh

Adapun persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat paspor umroh antara lain :

Persyaratan Membuat Paspor Umroh

  • E-KTP asli dan fotokopi (1 lembar).
  • KK asli dan fotokopi (1 lembar).
  • Buku nikah/ akta lahir/ ijazah (pilih salah satu sebagai pendukung data nama, TTL dan nama orang tua).
  • Surat rekomendasi dari Kantor Kemenag sesuai KTP (Anda bisa berkonsultasi dengan pihak travel umroh untuk mendapatkan surat pengantar yang ditujukan pada Kantor Kemenag).

Persyaratan membuat paspor umroh ini berlaku bagi calon jamaah dengan usia kurang dari 50 tahun. Adapun bagi pemohon berusia lebih dari 50 tahun, Polri, TNI, PNS/ASN tidak perlu dokumen surat rekomendasi dari Kantor Kemenag.

  • Surat rekomendasi dari travel umroh.
  • Apabila anda mempunyai paspor lama dan sudah kadaluarsa, sertakan bukti fisik dan FC nya.
  • Bagi TNI, PNS/ASN, karyawan BUMN atau Polri wajib menyertakan rekomendasi dari atasan.

Cara Membuat Paspor Umroh

Setelah semua persyaratan membuat paspor umroh lengkap, Anda bisa mengajukan permohonan untuk membuat paspor. Saat ini Anda tidak perlu ke kantor imigrasi secara langsung sebab pengajuan permohonan secara online dapat dilakukan menggunakan aplikasi APAPO. Adapun cara membuat paspor online tersebut adalah :

  1. Download dan Install Aplikasi APAPO.
  2. Buka aplikasi yang sudah terinstall di ponsel Anda.
  3. Beri tanda centang serta tekan menu Konfirmasi sampai muncul halaman Login APAPO.
  4. Setelah muncul halaman login, Anda dapat login dengan menggunakan akun Gmail/ FB.
  5. Apabila akun FB atau email Anda belum terdaftar dalam aplikasi, maka akan muncul notifikasi bahwa akun belum terdaftar. Nantinya Anda diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang sudah tersedia.
  6. Setelah Anda login serta sudah terdaftar dalam akun aplikasi, selanjutnya akan muncul halaman beranda utama APAPO.
  7. Berikutnya pilih opsi Antrian Paspor, lalu Anda akan dimintai untuk memilih lokasi Kantor Imigrasi. Pilihlah lokasi yang paling dekat dengan alamat domisili Anda. Kemudian klik tombol Pilih Kantor.
  8. Langkah selanjutnya, akan muncul formulir Antrian Paspor. Pada kolom Jumlah Pemohon Anda bisa mengisikan berapa pemohon yang akan mendaftar. Jumlah maksimal pemohon dalam 1 akun adalah 5 orang termasuk Anda sendiri.
Baca Juga:  Adab Ketika Bertamu dan 4 Cara Memuliakan Tamu dalam Islam

Pada opsi Tanggal Kedatangan, Anda dapat memilih tanggal yang diagendakan untuk hadir di Kantor Imigrasi. Ketika memilih tanggal, apabila tanggal yang dipilih berwarna hijau berarti antrian masih ada.

  1. Berikutnya, isi formulir Data Pemohon secara lengkap sesuai KTP.
  2. Jika data sudah diisi secara lengkap, maka proses sudah selesai dan Anda akan diberi kode antrian berupa Barcode.

Meskipun terbilang sepeleh, kita perlu selalu mempersiapkan diri akan pengetahuan seperti pengurusan paspor ini, agar bisa segera mengurusnya jika Anda hendak menunaikan ibadah haji atau umroh.   Nah, itulah ulasan mengenai persyaratan membuat paspor umroh dan juga cara membuatnya dengan mudah melalui aplikasi. Selain diri Anda, Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman , saudara, atau kerabat yang akan berangkat haji atau umroh dalam waktu dekat ini. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga menambah khasanah ilmu kita, Aamiin. Bagi Anda yang berniat untuk menunaikan ibadah umroh ke tanah suci, semoga jalan Anda dimudahkan oleh Allah Azza Wajalla, Tetap semangat dan terus jaga istiqomah dalam keimanan, sehingga menjadi asbab bagi diri kita diberi kesempatan oleh Allah untuk menunaikan haji atau umroh. Untuk pendaftaran haji plus dan umroh, silahkan daftar pada travel haji plus/umroh yang resmi terdaftar dan memiliki izin dari kemenag