fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

February 24, 2021

Siapakah manusia pertama yang melaksanakan ibadah Haji ?

Tahukah kamu bahwa, Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang melaksanakan ritual haji.
Nabi Adam AS telah mengunjungi rumah Allah sebanyak 1.000 kali dengan berjalan kaki untuk 700 haji dan 300 umrah.

Pelaksanaan Haji pada masa Nabi Adam tentunya sangatlah sederhana,ketika itu Nabi Adam dibimbing oleh Malaikat, baik tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji maupun ucapan doanya.
Nabi Adam melaksanakan ibadah haji dengan cara thawaf sebanyak tujuh putaran, kemudian dilanjutkan dengan sholat dua rakaat di depan pintu kabah dan diakhiri dengan berdoa di pintu Multazam.
Nabi Adam memohon agar Allah mengampuni dosanya dan juga dosa anak cucunya yang datang berhaji ke Baitullah, berdoa agar permohonannya diterima, dipenuhi kebutuhan, diteguhkan iman, dan agar ia dapat menerima dengan ridho setiap musibah yang menimpanya.
Menurut sejumlah riwayat ka’bah pertama kali dibangun oleh para Malaikat. Dan, selama lebih dari 2.000 tahun, malaikat sudah melaksanakan thawaf. Nabi Adam AS kemudian mengikuti apa yang dilakukan Malaikat.
Ka’bah awalnya telah dibangun oleh Malaikat. Kemudian, Nabi Adam AS diperintahkan untuk membangun kembali Ka’bah.
“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat ibadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Mekkah), yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” (QS.Al-Imran (3):96)
Bagikan :