Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Juni 21, 2024

208 Jemaah Tazkiyah Tawaf Ifadah di Masjidilharam Saat Sepi

Para jemaah haji khusus dari Tazkiyah Tour awalnya dijadwalkan melaksanakan tawaf ifadah pada Rabu malam, 19 Juni waktu Saudi. Tawaf ifadah ini merupakan bagian penting dari rangkaian ibadah haji yang harus mereka jalani.

Persiapan sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelumnya, dengan para jemaah dibekali pengetahuan dan bimbingan oleh pembimbing ibadah mengenai tata cara pelaksanaan tawaf ifadah yang benar.

Rasa antusias dan semangat tampak di wajah para jemaah yang tidak sabar untuk menjalankan salah satu rukun haji ini.

Penundaan Tawaf Ifadah

Namun, setelah mempertimbangkan kondisi terkini di Masjidilharam yang sangat padat, rencana tersebut mengalami penundaan.

tawaf ifadah disebut sebagai tawaf

Kepadatan di Masjidilharam sangat tinggi, dengan jemaah dari berbagai negara juga berkeinginan melaksanakan tawaf ifadah setelah kembali dari Mina.

Situasi di masjid suci tersebut hampir tidak menyisakan ruang kosong, sehingga membuat para pembimbing ibadah Tazkiyah Tour mengambil keputusan yang bijaksana untuk menunda pelaksanaan tawaf ifadah hingga Kamis pagi waktu setempat, setelah sarapan.

Tawaf Ifadah dilakukan Setelah Masjidilharam Sepi

Pada saat berita ini ditulis, jemaah Tazkiyah Tour telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian tawaf ifadah, termasuk sai dan tahalul.

Semua proses berjalan dengan lancar, memastikan bahwa para jemaah dapat beribadah dengan aman dan nyaman.

tawaf ifadah

Menurut pandangan para ulama, tawaf ifadah adalah salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan setelah kembali dari Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina) untuk melaksanakan wukuf, mabit, dan lempar jumrah.

Ahmad Faisal F, salah satu pembimbing ibadah Tazkiyah Tour, menyatakan, “Namun, waktunya bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kami ingin para jemaah nyaman dan aman dalam semua ritual haji.”

Baca Juga:  Kru Tazkiyah Tiga Hari Coaching Virtual Bersama Tom MC Ifle

Jemaah haji khusus dari Tazkiyah Tour, yang berjumlah 208 orang, kini sudah memasuki hari ke-28 perjalanan ibadah mereka. Meskipun puncak ibadah haji telah dilalui, masih ada beberapa prosesi yang harus mereka lakukan.

CEO Tazkiyah Tour, Ahmad Yani Fachruddin, memberikan imbauan kepada para jemaah untuk banyak beristirahat, terutama pada siang hari, guna menghindari aktivitas di luar yang tidak penting. Hal ini penting mengingat suhu di Makkah saat ini berkisar antara 40-42 derajat Celsius.

“Tiga kata kunci dalam perjalanan kita; sehat, bahagia, dan mabrur harus konsisten. Termasuk di sisa perjalanan ibadah haji ini, bahkan hingga kembali ke tanah air nanti,” kata Ahmad Yani, menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kesejahteraan jemaah selama menjalankan ibadah.

tawaf ifadah dan tawaf wada

Tazkiyah Tour, sebuah perusahaan perjalanan haji dan umrah yang berkantor pusat di Makassar, mengusung slogan Holistic Spiritual Journey pada musim haji kali ini.

Slogan ini mencerminkan komitmen Tazkiyah Tour dalam memberikan pelayanan yang holistik kepada seluruh jemaah, mencakup tiga aspek penting: fisik, mental, dan spiritual.

Pelayanan yang diberikan oleh Tazkiyah Tour dirancang sedemikian rupa untuk memastikan setiap jemaah mendapatkan pengalaman ibadah yang mendalam dan bermakna.

Bagikan :