fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

February 26, 2022

Inilah 5 Kekuatan Doa yang Wajib Anda Ketahui

Kekuatan doa sungguh sangat luar biasa. Doa dapat diartikan sebagai permohonan atas pertolongan kepada zat yang maha kuasa, Allah SWT. Dengan doa sesuatu yang nampak tidak mungkin di mata manusia akan menjadi mungkin atas kehendak Allah SWT.

Ada banyak kisah di dalam Al-Qur’an yang menggambarkan dahsyatnya kekuatan doa seperti kisah Nabi Zakariya yang sudah tua renta, di usianya yang ke-90 dan istrinya yang mandul. Tidak ada yang dilakukan selain berdoa kepada Allah SWT. akhirnya, setelah berdoa Nabi Zakariya diberi keturunan oleh Allah berupa anak yang diberi nama Yahya (Nabi Yahya).

Seperti pula kisah Nabi Musa yang lari meninggalkan kaumnya. Dalam pelariannya, Nabi Musa tidak pernah berhenti berdoa dan memohon pertolongan Allah SWT. Allah SWT mengabulkan permohonan Nabi Musa dengan memberikan tempat perlindungan yang layak dan mempertemukannya dengan jodohnya.

Tulisan ini akan membahas 5 (lima) kekuatan doa yang sangat luar biasa serta adab – adab dalam berdoa sehingga doa kita diijabah oleh Allah SWT.

Inilah 5 (lima) Kekuatan Doa

  1. Doa adalah jalan solusi dari setiap masalah yang kita hadapi.

Kekuatan doa yang pertama adalah doa merupakan jalan solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Sahabat Tazkiyah, sebagai makhluk berakal tidak seorang pun diantara kita yang luput dari masalah, seperti belum dikaruniai keturunan, atau masalah utang yang belum lunas, serta berabagai macam masalah lainnya.

Untuk mengatasi berbagai macam masalah tersebut Allah SWT memberikan satu solusi kepada hambanya yaitu dengan berdoa. Allah SWT berfirman yang artinya  ‘Wa Qaala Rabbukum Ud’uunii Astajib Lakum’ dan berkatalah tuhan-MU, berdoalah kamu kepadaku pasti AKU akan mengabulkan doa mu’ (Surah Ghafir : 60).

Baca Juga:  Inilah 13 Persiapan Umroh Untuk Wanita

Doa merupakan sarana untuk menyampaikan segala keiginan kita, atau segala uneg – uneg kita kepada Allah SWT. Ketika seorang hamba berdoa atau memohon kepada Allah SWT dengan sungguh – sungguh maka Allah SWT pasti akan mengabulkan permintaan hambaNYA.

  1. Orang yang berdoa memiliki kedudukan mulia disisi Allah SWT.

Doa adalah perintah Allah SWT, dan merupakan sebuah kemuliaan apabila manusia senantiasa mampu menjalankan perintah Allah SWT. Dalam doa kita mengakui kedudukan kita sebagai seorang hamba dan hanya Allah SWT yang maha besar. Dalam doa kita mengakui kelemahan kita sebagai manusia, dan kita mengakui bahwa Hanya Allah SWT yang maha kuat. Dalam doa kita mengakui bahwa kita sebagai manusia kita tidak ada apa-apanya tanpa pertolongan Allah SWT.

Jadi doa adalah sesuatu yang sangat mulia dan orang yang berdoa akan dimuliakan disisi Allah SWT.

  1. Doa dapat menolak takdir buruk.

Kekuatan doa yang ketiga adalah dapat menolak takdir buruk. Tidak ada yang dapat menolak dan merubah takdir kecuali doa. Sebab Allah SWT akan menerima doa dari seorang hamba yang disampaikan dengan sungguh – sungguh. Allah akan merubah takdir nya. Ketika Allah SWT sudah bekehendak maka tidak ada yang dapat menghalangi.

  1. Doa adalah inti dari ibadah

Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Doa itu merupakan inti dari ibadah”. Hadis ini menunjukan bahwa doa merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam ibadah. Setiap ibadah itu sesungguhnya mengadung permohonan kepada Allah SWT (doa), dan dalam setiap ketaatan terdapat permohonan atau harapan mendapat pahala.

  1. Doa merupakan kekuatan ampuh bagi orang yang beriman.

Kekuatan doa yang terakhir adalah doa dapat memberikan seseorang yang beriman kekuatan batin yang luar biasa. Doa akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam menghadapi setiap masalah. Kekuatan doa akan memberikan seseorang yang beriman dorongan semangat dalam mengarungi kehidupan sehari – hari.

Baca Juga:  4 Cara Jitu Agar Bisa Menabung Untuk Umroh

Adab dalam berdoa

mungkin ada di antara kita yang sering bertanya kenapa doa saya sampai sekarang belum terkabul?

Sahabat Tazkiyah, doa kita belum terkabulkan mungkin salah satu penyebabnya adalah dalam berdoa kita belum melakukannya sesuai sopan santunnya. Lantas bagaimana sopan santun dalam berdoa?

Syaikh Abdul Qadir Al Jailani menyebutkan adab dalam berdoa sebagai berikut:

  1. Menghadap kiblat.
  2. Mengangkat kedua tangan.
  3. Memuji kepada Allah swt.
  4. Menyanjungkan sholawat atas Nabi Muhammad SAW.
  5. Memohon hajatnya.
  6. Jangan memandang ke langit ketika berdoa.
  7. Setelah selesai berdoa usapkanlah kedua tangan ke muka

Akhirnya, ada sebuah pepatah bijak yang mengatakan “Sebuah payung tidak bisa menghentikan hujan, tetapi ia mampu melindungi kita dari derasnya air hujan. Seperti halnya doa, doa tidak membuat kita luput dari masalah, tetapi kekuatan doa membuat kita tenang meskipun kita berada di tengah-tengah masalah. Wallahu a’lam.

Sumber berita : https://news.detik.com/berita/d-5633431/7-dahsyatnya-kekuatan-doa-dalam-menjalani-kehidupan-sehari-hari