fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

January 12, 2022

Inilah 13 Persiapan Umroh Untuk Wanita

Umroh merupakan salah satu amalan yang mulia di dalam islam. Kewajibannya hanya satu kali saja. Seseorang yang akan melaksanakan umroh terlebih dahulu harus terdaftar pada biro perjalanan umroh.

Jika Anda seorang wanita yang ingin menunaikan umroh, upayakan sebelum berangkat sudah memenuhi persiapan umroh untuk wanita dan segala kebutuhan yang digunakan selama menunaikan ibadah tersebut.

Perlengkapan yang Dibutuhkan Wanita Saat Ingin Menunaikan Umroh

Inilah Persiapan Umroh Untuk Wanita

Anda yang akan melakukan umroh sebaiknya melakukan persiapan dengan mempersiapkan perlengkapan terlebih dahulu. Hal ini penting agar ibadah umroh yang Anda lakukan betul-betul maksimal. Beberapa ini perlengkapan persiapan umroh untuk wanita yang perlu diperhatikan :

1. Mukena dan Alat Sholat

Mukena dan alat sholat merupakan perlengkapan wajib yang harus dibawa oleh seorang wanita saat melakukan ibadah umroh. Mukena digunakan untuk beribadah di Masjidil Haram dan di mana pun ia melakukan ibadah. Perlengkapan sholat ini lebih baik dipersiapkan secara lengkap dan detail.

2. Baju Putih Untuk Ikhram

Persiapan umroh untuk wanita berikutnya adalah Baju putih yang digunakan untuk ihram ini dapat Anda persiapkan sebanyak 1 pcs saja, karena udara di Mekkah sangat kering sehingga badan akan jarang berkeringat. Baju ihram yang dibawa ini dapat dipakai kembali.

3. Baju Bepergian

Anda dapat membawa baju bepergian seperlunya saja. Sesuaikan jumlah baju bepergian sesuai dengan jadwal yang Anda lakukan

4. Baju Tidur

Persiapan umroh untuk wanita selanjutnya adalah baju tidur. Baju tidur ini dapat Anda persiapkan sebelum berangkat umrah ke Mekkah. Baju tidur ini dapat digunakan sehari-hari. Jika nanti Anda akan melakuan sholat tahajud atau sholat sunnah yang lain,  tinggal menggunakan mukena langsung.

5. Pakaian Dalam

Pakaian dalam ini sangat penting dibawa oleh jamaah umroh terutama wanita. Anda dapat membawa jumlah pakaian dalam secukupnya aja agar tidak memberatkan barang bawaan.

6. Kaus Kaki

Udara Mekkah yang dingin membuat anda wajib membawa kaus kaki ketika akan melakukan ibadah umrah di sana. Ini adalah salah persiapan umroh untuk wanita yang harus diperhatikan.

7. Jaket

Udara Mekkah yang dingin juga membuat anda wajib membawa jaket. Semua orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda, sehingga Anda harus membawa jaket sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan masing-masing.

8. Alat Make Up

Seorang wanita tidak lepas dengan keperluan make up, begitu pula ketika akan berangkat umroh. Anda perlu mempersiapkan beberapa make up yang akan dibawa. Pilihlah beberapa jumlah dan jenis make up yang paling penting seperti pelembab kulit. Sebab, di sana udaranya dingin ketika malam hari. Bawalah secukupnya agar tidak memberatkan bawaan barang Anda.

9. Alat Mandi

Alat mandi merupakan barang yang wajib dibawa ketika akan melakukan ibadah umroh. Anda dapat membawa beberapa perlengkapan mandi secukupnya dan bawalah barang yang paling penting saja.

10. Obat-Obatan

Anda yang akan berangkat umrah wajib membawa obat-obatan pibadi. Terlebih bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit yang mengharuskan anda mengonsumsi obat-obatan tersebut setiap hari. Anda juga harus menjaga kesehatan selama melakukan ibadah umrah di Mekkah, apalagi di sana iklimnya berbeda. Persiapkanlah obat obatan secukupnya sesuai kebutuhan.

11. Pembalut

Bagi wanita, pembalut merupakan barang yang wajib dibawa ke mana saja. Hal tersebut dilakukan agar najis tidak mengotori tempat ibadah saat umroh berlangsung.

12. Sandal

Anda pasti memerlukan sandal yang akan dipakai selama melakukan kegiatan ibadah umrah di Mekkah. Anda juga dapat membawa tas pembungkusnya untuk bisa menyimpan dan membawanya ke mana saja.

13. Kacamata dan masker

“Kacamata sudah pasti digunakan saat kita berada di luar untuk melindungi dari cahaya matahari, terlebih lagi saat acara ziarah kota yang biasanya mulai pagi hingga siang hari. Sedangkan masker muka juga diperlukan untuk menghindari terik matahari dan debu”. (Sumber: tribunnews.com)

Beberapa barang lain yang wajib Anda bawa adalah passport, identitas diri dan barang lain yang penting. Anda tidak perlu membawa banyak perhiasan ketika akan umroh, patuhi saja apa yang disarankan oleh pihak jasa travel umroh. Nah, demikian merupakan beberapa informasi mengenai persiapan umroh untuk wanita yang dapat dijadikan referensi.