fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

March 17, 2022

Keutamaan Umroh Ramadhan, Pahalanya Setara dengan Haji

Keutamaan umroh ramadhan yang sungguh sangat luar biasa menjadi dambaan setiap Jemaah umrah atau ummat Islam. Sehingga jumlah Jemaah umrah pada saat bulan Ramadhan meningkat dengan tajam.

Dalam hadis dijelaskan dua keutamaan utama umrah di bulan ramadhan yaitu pahalanya sama dengan haji dan yang kedua umrah di bulan ramadhan bagaikan melaksanakan haji bersama dengan Rasulullah SAW.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keutamaan umroh ramadhan simak ulasan berikut :

  1. Pahala setara dengan Haji.

Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji,’” (HR Ibnu Majah).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar. “Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami?” Dia berkata, “Kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.” Maka nabi berkata, “Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan haji.”

Sabda Rasulullah SAW di atas sangat jelas menunjukkan keutamaan umroh ramadhan sekaligus anjuran melakukan umrah di bulan puasa. Sebab dalam hadis tersebut dikatakan bahwa umrah yang dilaksanakan di bulan ramadhan setara atau menyerupai ibadah haji.

Lantas apa yang dimaksudkan dengan menyerupai ibadah haji? Apakah pahalanya sama dengan ibadah haji? Atau orang yang melaksanakan ibadah umrah di bulan ramadhan dianggap sudah melaksanakan ibadah haji?

Para ulama bersepakat bahwa yang dimaksud menyerupai atau setara dengan ibadah haji adalah “pahalanya”. Jadi orang yang melaksanakan umrah di bulan ramadhan akan mendapatkan keutamaan yaitu mendapatkan pahala setara dengan pahala pelaksanaan ibadah haji.

jadi pelaksanaan ibadah umrah di bulan ramadhan tidak menggugurkan kewajiban haji. Hukum pelaksanaan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu dan merupakan rukun Islam yang ke lima, sementara sebagian ulama menghukumi hukum pelaksanaan umrah adalah sunnah.

keutamaan umroh ramadhan
                                         Foto : Rombongan jemaah umroh Tazkiyah Global Mandiri
  1. Umrah ramadhan sama dengan menunaikan haji bersama Rasulullah SAW.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Abbas, dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda kepada seorang wanita dari kalangan Anshar. “Apa yang menghalangimu untuk melakukan haji bersama kami?” Dia berkata, “Kami hanya punya dua onta, yang satu dibawa oleh bapak dan anaknya, yang satu lagi kami gunakan untuk menyiram kebun.” Maka nabi berkata, “Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah, karena umrah itu sama dengan menunaikan haji bersamaku”

Semua umat Islam pasti memiliki kerinduan terhadap Rasulullah SAW, Kerinduan untuk bertemu dengan Rasulullah SAW meskipun hanya lewat mimpi, dan kerinduan untuk bersama Rasulullah SAW di syurga.

Sesuai dengan hadis Imam Muslim di atas keutamaan umrah ramadhan adalah bagaikan melaksanakan ibadah haji bersama dengan Rasulullah SAW. Tapi sekali lagi hal ini tidak menggugurkan kewajiban melaksanakan ibadah haji.

  1. Mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlipat – lipat

Sungguh beruntung mereka yang melaksanakan umrah di bulan ramadhan. Sungguh beruntung mereka yang mendapatkan bulan ramadhan di Tanah Suci Mekkah dan Tanah Suci Madinah. Karena akan mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlipat – lipat.

Bagaimana tidak, semua ibadah yang dilaksanakan di bulan ramadhan pahalanya dilipatgandakan, dan semua amal ibadah atau kebaikan yang dilakukan ditanah suci itu juga mendapatkan pahala yang berlipat.

Jadi orang yang melaksanakan shalat di Masjidil Haram mekkah akan mendapatkan pahala atau kemuliaan yang sungguh luar biasa karena dilaksanakan di Masjidil Haram dan dilaksanakan pada bulan ramadhan.

Demikianlah sekilas tentang keutamaan umroh ramadhan yang dikejar dan menjadi impian setiap muslim, dan ini menjadi salah satu penyebab jumlah Jemaah umrah di bulan ramadhan meningkat dengan tajam.

Biasanya, ada 3 (tiga) paket yang ditawarkan oleh travel untuk program umrah ramadhan yaitu program sambut ramadhan, program pertengahan ramadhan, dan program lailatul qadri dan lebaran atau biasa juga disebut program akhir ramadhan.

Semoga kita semua diberikan nikmat untuk menunaikan umrah di bulan ramadhan. Amin.

Sumber Berita : https://islam.nu.or.id/bahtsul-masail/apakah-umrah-di-bulan-ramadhan-setara-dengan-haji-OUWhl

Bagikan :