fbpx
Hi, How Can We Help You?

Blog

August 19, 2020

Layanan Haji Berbasis Digital, Waktu Tunggu Tak Terasa

MAKASSAR – Pandemi Covid-19 membuat manajemen PT Tazkiyah Global Mandiri semakin produktif. Keterbatasan gerak fisik diganti dengan akselerasi yang kencang di dunia digital.

Dan setelah dipersiapkan selama beberapa bulan terakhir, layanan haji berbasis digital Tazkiyah Tour akhirnya akan diluncurkan. Catat jadwalnya, Rabu, 19 Agustus 2020, malam ini, mulai pukul 20.00 Wita.

Launching juga akan digelar secara virtual via Zoom Meeting. Bisa juga disaksikan pada akun resmi Tazkiyah Tour di Facebook, Instagram, dan YouTube.

Presiden Direktur Tazkiyah Tour, Ahmad Yani Fachruddin, menuturkan, layanan berbasis digital ini sudah menjadi keharusan. Bukan hanya karena perkembangan IT memang begitu cepat, namun juga karena adanya tatanan baru. Beberapa hal harus menyesuaikan dengan protokoler kesehatan.

Secara garis besar, lanjut Ahmad Yani, konten utama di member.tazkiyahtour.co.id ada tiga. Informasi, edukasi, inspirasi.

“Lengkap. Bagian edukasi misalnya, berisi 65 materi tentang haji. Kita ambil dari angka 6 rukun iman dan 5 rukun Islam,” tuturnya, Rabu, 19 Agustus 2020.

Pihaknya bahkan sedang merancang sebuah kurikulum singkat tetapi berkualitas. Isinya tentang pembelajaran agama. Ahmad Yani menyebut bahwa tim akan meramu sedemikian rupa agar isinya tidak teoritis, namun lebih mendekatkan agama dengan kehidupan sehari-hari.

Dengan konten yang komplet itu, daftar tunggu haji diyakini tak akan begitu terasa. Apalagi di Tazkiyah Tour, masa tunggu calon jemaah khususnya hanya lima sampai enam tahun. Dengan memiliki akun di website tersebut, mereka bisa mengisi hari-hari dengan mempermantap persiapan maupun belajar agama secara umum.

Setiap pendaftar haji khusus di Tazkiyah Tour akan langsung dibuatkan akun di member.tazkiyahtour.co.id.

Public Relation Tazkiyah Tour, Helfitri Tahir menuturkan, layanan ini membuat calon jemaah menggenggam kemudahan. Bisa mengakses layanan kapanpun dan di manapun.

“Semua yang mendaftar haji khusus di Tazkiyah Tour, akan mendapat ID dan password untuk masuk ke member.tazkiyahtour.co.id,” ujarnya.

Di menu utama member.tazkiyahtour.co.id ini akan muncul secara otomatis foto, nama, dan nomor porsi, serta nomor ID jemaah.

Seluruh informasi yang dibutuhkan ada di situ. Dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama merupakan tahap pendaftaran. Informasi awal yang didapatkan yaitu video pengenalan tentang program haji khusus, 40 serial video manasik haji (live secara bertahap), video tips sehat menuju tanah suci. Ada juga video tempat bersejarah Madinah dan Makkah hingga Undang-undang dan Peraturan Pemerintah terkait pelaksanaan ibadah haji.

Tahap kedua adalah tahap persiapan dan pemberangkatan. Informasi akan lebih menyeluruh. Mulai dari info biaya pelunasan haji khusus hingga petunjuk teknis kegiatan sampai hari pemberangkatan. Kemudian, itenerary perjalanan haji khusus, hotel, dan pesawat yang akan digunakan.

Ada pula info dokumen perjalanan berupa tiket pesawat, visa haji, asuransi perjalanan, asuransi jiwa, info maktab, info pesawat, info hotel, info manasik dan pemeriksaan kesehatan haji, info hotel transit, info pembimbing, info dokter, dan info hasil medical check up.

Tahap ketiga merupakan tahap evaluasi dan laporan. Meliputi kuisioner kepuasan pelanggan, kuisioner komplain, dokumentasi perjalanan, sampai laporan pertanggungjawaban.

Launching layanan haji berbasis digital Tazkiyah Tour bakal dirangkaikan dengan peringatan tahun baru Islam, 1442 Hijriah.

Acara akan dihadiri secara daring oleh Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag RI, HM Arfi Hatim, M.Ag; Guru Besar Bidang Bahasa Arab Unhas, Prof Dr KH Najamuddin, Lc, MA; dan Kabid Haji Kanwil Kemenag Sulsel, Dr H Kaswad Sartono, M.Ag. (tmt)

Bagikan :