fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

March 21, 2022

Macam – Macam Umroh, Penting Untuk Diketahui

Macam – macam umroh memang penting untuk diketahui oleh setiap umati islam khususnya bagi mereka yang ingin menunaikan ibadah umrah. macam – macam umrah ini ditentukan oleh waktu pelaksanaannya.

Dari sisi waktu pelaksanaannya, macam – macam umroh dapat dibagi menjadi dua macam yaitu:

  1. Umrah yang dapat dilaksanakan sewaktu – waktu

Umrah yang dapat dilaksanakan sewaktu biasa disebut juga dengan Umrah Mufradah. Umrah ini adalah prosesi ibadah umrah yang dapat dilaksanakan sewaktu – waktu, dan tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan ibadah haji. Jadi umrah bisa dilaksanakan kapan saja atau bisa dilaksanakan sepanjang tahun.

Bahkan umrah bisa juga dilaksanakn di bulan haji, namun pelaksanaannya tidak dikaitkan dengan pelaksanaan ibadah haji.

Karena bisa dilaksanakan kapan saja sepanjang tahun, maka ibadah umrah ini menjadi favorit bagi umat Islam. Apalagi daftar antrian haji di Indonesia semakin panjang. Umroh menjadi alternative bagi mereka yang sudah sangat rindu baitullah namun belum bisa berangkat menunaikan ibadah haji.

Khusus untuk Indonesia, biasanya umroh di buka mulai bulan shafar sampai bulan syawwal. Jadi Jemaah bisa berangkat sesuai dengan keinginan masing – masing.

Umrah pada bulan ramadhan masih menjadi favorit sebagian besar Jemaah Indonesia. Meskipun biayanya lebih mahal dibanding umrah di bulan lain, namun Jemaah masih berlomba – lomba untuk mendaftarkan dirinya di bulan ramadhan karena keberkahan umrah dibulan ramadhan yang pahalanya setara dengan haji.

macam - macam umroh
                                                      Foto : Jemaah umrah Tazkiyah Tour
  1. Umrah yang dilaksanakan sebagai rangkaian dalam pelaksanaan ibadah haji

Ada juga umrah yang waktu pelaksanaannya merupakan rangkaian dalam pelaksanaan ibadah haji. Penempatan waktu pelaksanaannya mempengaruhi penyebutan atau jenis haji yang dilaksanakan.

Apabila dilaksanakan sebelum haji, maka hajinya disebut Haji Tamattu. Jemaah yang melaksanakan haji tamattu wajib membayar Dam.

Apabila umrah dan haji dikerjakan bersama – sama dalam satu niat, itu disebut dengan Haji Qiran. Jemaah yang melaksanakan Haji Qiran wajib membayar Dam.

Apabila umrahnya dilaksanakan sesudah haji, maka hajinya disebut Haji Ifrad. Jemaah yang memilih Haji Ifrad tidak perlu membayar Dam.

Namun kebanyakan Jemaah haji Indonesia lebih memilih dan lebih dianjurkan untuk melasanakan Haji Tamattu, yang berarti Jemaah melaksanakan umrah terlebih dahulu baru kemudian melaksanakan ibadah haji.

Demikianlah macam – macam umrah yang perlu diketahui, sebagai tambahan bekal pengetahuan bagi yang ingin menunaikan ibadah haji atau ibadah umrah.

Sumber Berita : https://id.wikipedia.org/wiki/Umrah

Bagikan :