fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

November 18, 2021

Apa Arti Mimpi Naik Haji atau Umroh? Kenali 3 Sumber Mimpi

Sebagian orang pernah mengalami mimpi naik haji atau umroh. Hal tersebut mendatangkan kegembiraan baginya, karena dia merasa bahwa hal itu merupakan pertanda kebaikan baginya. Meskipun tidak pernah memimpikannya, setiap muslim tentunya berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji jika diberikan kemampuan.

Bukanlah hal yang mengherankan jika seorang muslim berdoa agar diberikan kemudahan untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Hal tersebut disebabkan keberadaan haji sebagai merupakan salah satu rukun islam yang memiliki keutamaan yang besar di sisi Allah Azza Wajalla. Hal ini ditunjukkan oleh Sabda Nabi Shallallahu Alaihi wasallam :

والحَجُّ المَبْرُورُ ليسَ له جَزَاءٌ إلَّا الجَنَّةُ

“Dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali Surga.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Hurairah Radhiallahu Anhu).

Sedangkan keutamaan umroh disebutkan dalam sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di bawah ini :

العُمْرَةُ إِلَى العُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالحَجُّ المَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلا الجَنَّةُ

“Umroh ke umroh berikutnya merupakan kaffarah (penghapus) bagi dosa-dosa yang dilakukan di antara keduanya, dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga.” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhary dan Muslim).

Berdasarkan keterangan di atas, tentu setiap muslim berharap untuk bisa menunaikan haji dan umroh meskipun sekali saja dalam seumur hidup.

Arti Mimpi Naik Haji atau Umroh

Mimpi naik haji atau umroh apakah bisa menjadi tanda kalau orang yang bermimpi akan mendapatkan kemudahan untuk menunaikan apa yang dimimpikannya? Maka tentu saja tidak ada jawaban yang pasti dalam hal ini. Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Sebab, pada dasarnya mimpi di dalam islam disebabkan salah satu dari tiga hal, yaitu  dari Allah Ta’ala, dari setan, dan bisikan jiwanya sendiri.

Baca Juga:  Persyaratan Membuat Paspor Umroh , Lengkapi 4 Dokumen ini!

mimpi naik haji atau umroh

Dalam sebuah hadits, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

الرُّؤْيَا ثَلاَثَةٌ فَرُؤْيَا الصَّالِحَةِ بُشْرَى مِنَ اللَّهِ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنَ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ الْمَرْءُ نَفْسَهُ

“Mimpi itu terbagi tiga; Mimpi yang benar merupakan kabar gembira dari Allah, mimpi yang membuat sedih berasal dari setan, dan mimpi yang di dalamnya seseorang menceritakan dirinya sendiri.” (Diriwayatkan oleh Muslim [2263]).

Oleh karena itu, jika seseorang mengalami mimpi naik haji atau umroh, hendaknya dia bergembira dan memuji Allah Azza Wajalla, serta berdoa kepada Allah Azza Wajalla agar mewujudkan apa yang dimimpikannya. Selain itu, hendaknya dia menceritakan kepada orang lain tentang mimpinya.

Sebaliknya, jika dia mimpi buruk, maka hendaknya dia berlindung kepada Allah karena mimpi tersebut berasal dari setan. Janganlah dia menceritakan mimpi tersebut kepada seorangpun. Hal ini merupakan tuntunan dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam terkait dengan mimpi baik dan buruk.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :

وَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُؤْيَا يُحِبُّها فإنها مِنَ اللهِ فَلْيَحْمَدِ اللهَ عَلَيْهَا وَلْيُحَدِّثْ بِهَا وَإِذَا رَأَى غَيْرَ ذَلِكَ مِمَّا يُكْرَهُ فَإِنَّمَا هِيَ مِنَ الشَّيْطَانِ فَلْيَسْتَعِذْ مِنْ شَرِّهَا وَلَا يَذْكُرْهَا لِأَحَدٍ فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرُّهُ

“Jika salah seorang di antara kalian memimpikan sesuatu yang disukainya, maka hendaknya dia memuji Allah atas mimpi tersebut, dan menceritakannya. Jika dia memimpikan selain itu dari hal-hal yang tidak disukainya, maka sesungguhnya mimpi itu dari setan. Hendaknya dia berlindung dari kejelekannya dan janganlah dia menceritakannya kepada seorangpun, sehingga hal tersebut tidak memberikan mudhorot baginya. “ (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari [7045]).

Demikianlah penjelasan singkat mengenai mimpi naik haji atau umroh serta tuntunan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam ketika mimpi baik atau buruk. Semoga hal ini bermanfaat dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kaum muslimin.

Baca Juga:  Begini 2 Cara Mudah Cek Jadwal Keberangkatan Haji

Ayo, segera wujudkan mimpi beribadah haji atau dengan memulai menabung haji, ada banyak manfaat dari menabung haji atau umroh sejak dini yang bisa Anda peroleh. Maka dari itu Anda bisa memulai dengan mengatur keuangan dengan baik dan disiplin, jangan terlalu banyak jajan yang tidak terlalu, sebaiknya uangnya untuk ditabung atau berinvestasi. Anda bisa menabung melalui bank atau menabung sendiri. Tapi tidak disarankan menabung di biro travel, karena travel haji plus & Umroh yang resmi terdaftar di kemenag akan mengarahkan calon jamaah haji/umroh untuk menabung melalui bank yang telah bekerja sama dengan travel tersebut.