fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

October 25, 2021

5 Tahap Menjadi Haji Mabrur Bersama Tazkiyah Tour

Menjadi haji mabrur adalah harapan bagi setiap muslim yang telah menjalankan ibadah haji. Tidak dapat dipungkiri setiap ummat muslim di muka bumi ini tentu menginginkan untuk melaksanakan ibadah Haji meski itu sekali dalam seumur hidupnya.  Seperti yang kita ketahui bahwa, haji hukumnya wajib bagi setiap Muslim  yang mampu.

Berhaji bukan hanya sekedar memenuhi keinginan untuk mengelilingi Ka’bah atau beribadah di hadapan Ka’bah. Namun lebih dari itu, setiap muslim yang akan menunaikan ibadah Haji punya harapan besar yakni bisa meraih Haji yang mabrur.

Pertanyaanya kemudian adalah  bagaimana cara mendapatkan Haji yang mabrur ?

Menjadi Haji Mabrur Bersama Tazkiyah Tour

Haji yang mabrur berarti Haji yang mendapatkan kebaikan atau menjadi baik. Rangkaian ritual ibadah Haji merupakan prosesi kepulangan kepada Allah SWT dalam bingkai spiritual, yang berarti setelah melakukan seluruh rangkaian itu para jemaah Haji kembali kepada masyarakat dengan menerapkan segala bentuk kebaikan-kebaikan itu dalam kehidupan bersosial.  Ringkasnya,  Haji yang Mabrur itu adalah Haji yang mampu merubah diri menjadi lebih baik disetiap harinya.

Dikutip dari madaninews.id  ciri-ciri orang yang menjadi haji mabrur adalah sebagai berikut:

Predikat mabrur memang hak prerogatif Allah SWT untuk disematkan kepada hamba yang dikehendaki-Nya. Tetapi seseorang yang dapat meraih haji mabrur pasti memiliki ciri-ciri tersendiri.

Rasulullah SAW juga pernah memberikan kisi-kisi tanda atau ciri-ciri bagi setiap orang yang mendapatkan predikat mabrur hajinya.

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya.

قالوا: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا الْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ؟ قال: “إِطْعَامُ الطَّعَامِ، وَإِفْشَاءُ السَّلَامِ

Para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, apa itu haji mabrur?’ Rasulullah menjawab, ‘Memberikan makanan dan menebarkan kedamaian.’”

Walaupun hadits ini divonis munkar syibhul maudhu’ oleh Abu Hatim dalam kitab Ilal ibn Hatim, tetapi ada riwayat lain yang marfu’ dan memiliki banyak syawahid. Bahkan divonis Shahihul Isnad oleh Al-Hakim dalam kitab Mustadrak-nya, walaupun Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya. Sebagaimana dikutip Imam Badrudin Al-Aini dalam Umdatul Qari-nya.

سئل النبي ما بر الحج قال إطعام الطعام وطيب الكلام وقال صحيح الإسناد ولم يخرجاه

Rasulullah SAW ditanya tentang haji mabrur. Rasulullah kemudian berkata, ‘Memberikan makanan dan santun dalam berkata.’ Al-Hakim berkata bahwa hadits ini sahih sanadnya tetapi tidak diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.”

Dari dua hadits di atas bahwa sebagian dari tanda mabrurnya haji seseorang ada tiga.

Pertama, santun dalam bertutur kata (thayyibul kalam).

Kedua, menebarkan kedamaian (ifsya’us salam).

Ketiga, memiliki kepedulian sosial yaitu mengenyangkan orang lapar (ith‘amut tha‘am)

Dari tiga ciri ini, bisa disimpulkan bahwa predikat mabrur yang diraih oleh seorang yang telah menjalankan ibadah haji sebenarnya tidak hanya memberikan dampak terhadap kehidupan orang tersebut, melainkan juga berdampak besar kepada sisi sosial di lingkungan orang yang berangkat haji tersebut.

menjadi haji mabrur
Tazkiyah Tour

Sehingga jika Anda ingin berhaji dan meraih Haji yang mabrur  tak cukup jika hanya dengan mempersiapkan biaya yang dibutuhkan saja. Sebab kunci utama meraih Haji yang mabrur adalah  kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan ilmu  Agama Islam.

Harusnya waktu tunggu yang cukup lama setelah mendaftar Haji bisa Anda gunakan untuk banyak belajar memperdalam ilmu agama, namun nyatanya banyak yang terkendala pada beberapa hal yakni mesti memulai dari mana dan belajar sama siapa?

Kini Anda tak perlu khawatir / kebingungan mesti  memulai dan belajar sama siapa, sebab Tazkiyah Tour lagi-lagi hadir menawarkan solusi kepada Anda yang ingin menunaikan ibadah Haji dan meraih mabrur.

Mau tahu  solusi apa yang ditawarkan ? Silahkan lanjut membaca artikel di bawah ini !!!

Tazkiyah Tour sebagai travel yang bergerak di bidang pelayanan Haji dan Umrah selalu mengupayakan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pelangganya.

Terbukti dengan hadirnya program baru yang telah rilis di awal bulan Oktober ini, yakni “PESANTREN HAJI INDONESIA” yang bertujuan untuk memfasilitasi seluruh ummat muslim yang ingin meraih impian Haji yang Mabrur, program ini pertama di Indonesia.

Berikut  5 tahap Menjadi Haji Mabrur “PESANTREN HAJI INDONESIA” by Tazkiyah Tour :

  1. Menabung

Semua Bisa Berhaji – tahap ini merupakan tahap edukasi kepada jemaah tentang perintah wajib Haji dan membuat perencanaan  ke Baitullah dengan membuka program tabungan dan literasi keuangan, sehingga dapat berangkat ke Tanah Suci sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

  1. Masa Tunggu

Haji Sebelum Berhaji – Masa penguatan dan pendalaman nilai-nilai agama islam. Dalam “PESANTREN HAJI INDONESIA” calon jemaah akan diberikan edukasi keagamaan , edukasi kesehatan, dan edukasi sukses dunia dan akhirat.

  1. Pelunasan dan Manasik

Persiapan Menuju Tanah Suci – Masa penguatan dan pendalaman materi manasik Haji, nilai spriritual Haji dan pendampingan kesehatan.

  1. Saat di Tanah Suci

Menggapai Haji Mabrur – Masa pelaksanaan ibadah Haji serta pemaknaan yang mendalam dari setiap proses ibadah Haji dan akan didampingi oleh ustaz pembimbing yang berpengalaman.

  1. Setelah Kepulangan

Mempertahankan Nilai-nilai Kemabruran Haji – Tetap menjalin hubungan silaturahmi sesama alumni jemaah dan mempertahankan nilai-nilai kemabruran serta semangat beribadah seperti halnya di Tanah Suci.

Itulah 5 tahap pembinaan Haji yang akan Anda dapatkan melalaui “PESANTREN HAJI INDONESIA” by Tazkiyah Tour.

InsyaAllah melalui program ini, impian meraih Haji yang Mabrur bisa kita wujudkan bersama. Yuk rencanakan ibadah Haji selagi muda.

Info lebih lanjut hubungi kami di (0411) 425 277, atau datang langsung ke kantor pusat dan pelayanan kami di Jl. A.P.Pettarani Ruko Diamond No. 11 Makassar.