fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

March 6, 2022

Mobil Golf Dioperasikan di Masjid Haram Untuk Melayani Jemaah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

Pemerintah Arab Saudi terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada jemaah umrah. Terbaru Arab Saudi meluncurkan dan mengoperasikan mobil golf untuk melayani jemaah umrah khususnya jemaah yang masuk kategori lansia dan bekebutuhan khusus di masjid haram.

Dikutip dari arabnews.com bahwa Kepresidenan Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melayani sejumlah besar jemaah yang akan melakukan umrah selama Ramadhan.

Rencana kepresidenan termasuk penggunaan sekitar 10 mobil golf untuk membantu mereka yang berkebutuhan khusus, serta orang tua dan jamaah yang sakit, sehingga mereka dapat melakukan ritual umrah dengan nyaman.

Masjid haram

Setiap mobil dapat membawa hingga 12 orang tua dan orang-orang dengan kebutuhan khusus, Jihad Al-Otaibi, manajer hubungan masyarakat di Masjidil Haram, mengatakan kepada Arab News.

Enam dari kendaraan sudah mulai beroperasi, dan kepresidenan akan menambahkan empat lagi untuk membantu melayani orang tua, orang sakit, dan mereka yang cacat selama Ramadhan, dimana biasanya jumlah jemaah umrah lebih banyak di banding bulan – bulan sebelumnya.

Al-Otaibi mengatakan bahwa layanan sebelumnya telah dihentikan karena pandemi virus corona.

Agustus lalu, kepresidenan menyediakan 25 jalur baru di halaman Mataf di Masjidil Haram di Makkah, termasuk empat untuk orang tua dan orang cacat. Langkah itu adalah bagian dari rencana yang lebih besar untuk mengelola kerumunan di tengah pandemi.

Nizar Alaa El-Din, asisten sekretaris jenderal kepresidenan untuk urusan pengelompokan dan manajemen kerumunan, mengatakan bahwa kepresidenan mengelola kelompok peziarah “berdasarkan banyak faktor dan tujuan.”

Kepresidenan menggunakan pengalamannya yang cukup banyak untuk berkoordinasi dengan pihak lain dan memastikan komunikasi yang efektif dengan semua kelompok yang bekerja di Masjidil Haram, tambahnya.

El-Din mengatakan bahwa kepresidenan telah mendapatkan manfaat dari berbagai studi dan pendekatan yang telah membantu untuk mengatur jalur masuk dan keluar yang lancar dan terorganisir di tempat suci.

Berbicara kepada Saudi Press Agency, Adel bin Obaid Al-Ahmadi, wakil presiden kepresidenan untuk hubungan masyarakat, komunikasi kelembagaan dan kemitraan masyarakat, mengatakan bahwa kepresidenan ingin memfasilitasi pergerakan jemaah haji, terutama orang tua dan mereka yang berkebutuhan khusus, di halaman masjid-masjid suci.

Al-Ahmadi mengatakan bahwa beberapa layanan yang dikelola oleh karyawan kepresidenan yang memenuhi syarat telah dibentuk untuk membantu jamaah mulai dari saat mereka mendekati Masjidil Haram hingga mereka selesai melaksanakan ibadah umrah.

Langkah-langkah kesehatan dan pencegahan, termasuk pembersihan dan jarak sosial, akan membantu melindungi jamaah dari penyakit.

Kepresidenan juga terus mengintensifkan persiapan – persiapan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, yang biasanya jumlah jemaah meningkat dengan pesat, kata Al-Ahmadi.

Sumber Berita : https://www.arabnews.com/saudiarabia

Bagikan :