fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

September 24, 2021

Sangat Penting Anda Bawa, 10 Perlengkapan saat Umroh

Penting! Inilah Perlengkapan Saat Umroh

Agar ibadah umroh bisa berjalan dengan nyaman dan lancar, maka Anda perlu menyiapkan semua perlengkapan saat umroh. Apabila Anda tidak membawa perlengkapan yang sesuai kebutuhan, maka Anda akan kerepotan dan bingung saat tiba di tanah suci. Bahkan Anda juga perlu memperhatikan barang-barang kecil yang terkesan sepele namun sebenarnya penting.

Menulis Catatan Perlengkapan Umroh

Salah satu metode untuk mengantisipasi supaya perlengkapan saat umroh tidak ketinggalan adalah dengan menulis catatan atau checklist. Anda bisa cek perlengkapan Anda sebelum berangkat umroh. Begitupun setelah tiba di tanah suci, Anda bisa memeriksanya kembali menggunakan catatan yang sudah dibuat.

Dengan membawa catatan tersebut, Anda dapat memastikan bahwa perlengkapan umroh yang dibutuhkan tidak ada yang tertinggal. Apabila ada yang hilang, Anda bisa segera melapor ke rombongan ataupun petugas.

Perhatian Cuaca Saat Itu

Selain membuat catatan, Anda juga perlu memperhatikan cuaca saat akan berangkat umroh. Apabila Anda berangkat di musim panas, maka Anda tidak perlu membawa perlengkapan musim hujan. Hal tersebut nantinya akan menghemat bagasi Anda.

Inilah Perlengkapan yang Harus Dibawa Saat Umroh

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan saat akan berangkat umroh.

  1. Pakaian dan Aksesorisnya

Untuk pakaian yang harus dibawa , Anda bisa mengelompokkannya menjadi dua, yaitu pakaian ihram dan pakaian biasa. Bagi jamaah laki-laki, baju ihram yang harus dibawa adalah dua lembar kain yang tidak dijahit. Anda bisa menambahkan aksesoris sabuk untuk pakaian ihram.

Sedangkan untuk jamaah perempuan, Anda bisa menggunakan pakaian ihram yang berbentuk jubah, mukena, atau khimar. Intinya, pakaian ihram wanita harus menutup aurat. Namun para jamaah perempuan dilarang menutupi wajah dan tangannya, sama seperti larangan ketika menunaikan ibadah haji .  Nah, untuk aksesoris tambahan bagi jamaah perempuan yaitu ciput, kaos kaki, dan manset lengan. 

Untuk pakaian biasa atau diluar ihram, Anda bisa membawa seragam yang diberikan oleh travel umroh dan juga membawa beberapa pasang baju. Usahakan untuk selalu menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.

  1. Koper dan Tas

Siapkan koper yang cukup dan sesuai dengan kapasitas bagasi yang sudah disediakan. Anda bisa membawa koper dan tas dengan kualitas terbaik dan memiliki gembok untuk pengamanan. Sedangkan tas harus Anda bawa adalah tas berukuran sedang dan tas yang akan diletakkan di kabin pesawat. Jangan lupa juga untuk membawa tas berukuran kecil untuk menyimpan dompet dan ponsel.

  1. Dokumen Penting

Anda perlu selalu cek dokumen penting yang harus dibawa, mulai dari tiket pesawat, paspor, visa, dan lainnya. Periksa dokumen tersebut secara berkala agar tidak menghambat Anda ketika berurusan dengan petugas imigrasi.

  1. Uang Tunai

Siapkan uang tunai dalam bentuk riyal. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda saat berbelanja di tanah suci. Simpan ditempat yang aman supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Membawa Ponsel Beserta Chargernya

Di tanah suci, tentu Anda akan membutuhkan alat komunikasi yang baik bukan? Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa ponsel dan chargernya. Supaya jika Anda ingin menghubungi anggota rombongan lain atau keluarga di rumah menjadi lebih mudah. Siapkan kantong kecil yang anti air untuk menyimpan semua perlengkapan tersebut. 

  1. Peralatan Mandi

Perlengkapan berikutnya adalah peralatan mandi. Mulai dari sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo dan lainnya. Pilihlah produk yang non perfumed. Sebab, Anda tidak diperbolehkan menggunakan produk yang mengandung wewangian saat ihram.

  1. Perlengkapan Makan dan Minum

Untuk perlengkapan yang satu ini sifatnya opsional ya. Sebab beberapa travel umroh sudah menyediakannya untuk para jamaah.Akan tetapi untuk jaga-jaga, Anda bisa membawa beberapa perlengkapan makan seperti gelas, piring, sendok, dan botol minum. Bawalah botol minum yang dapat digunakan berulang kali. Botol tersebut akan sangat berguna saat Anda ingin minum air zam-zam.

  1. Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan khusus, maka jangan lupa untuk membawanya ketika berangkat umroh. Kemudian, Anda juga perlu membawa perlengkapan P3K untuk jaga-jaga jika terjadi sesuatu hal saat melaksanakan ibadah umroh.

  1. Peta dan Panduan Doa

Perlengkapan ini juga tidak kalah penting dibandingkan dengan perlengkapan lainnya. Anda bisa membawa buku panduan doa apabila Anda belum hafal. Lalu yang tidak kalah penting, Anda juga perlu membawa peta Masjidil Haram. Supaya ketika Anda tersesat, Anda bisa melihat peta yang sudah dibawa.

  1. Perlengkapan Lainnya

Barang-barang yang perlu Anda siapkan:

– Al Quran

– Rundown Kegiatan

– ID Card

– Payung

– Gunting

– Tissue

– Jam Tangan

– Sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Itulah beberapa perlengkapan saat umroh. Banyak sekali bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mencatat serta mengeceknya secara berkala. Agar tidak ada perlengkapan yang tertinggal. Sehingga ibadah umroh akan terlaksana dengan nyaman.

Namun Anda juga tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang dilarang. Sehingga Anda tidak akan kerepotan harus membongkar tas saat barang-barang tersebut tertahan di bagian imigrasi. 

perlengkapan saat umroh

Dikutip dari Tokopedia-Blog, Adapun Kebutuhan pribadi untuk sehari-hari sebagai tambahan:

  • Kaca mata dan masker agar terhindar dari debu pasir
  • Alat dan perlengkapan mandi
  • Alat cukur
  • Pakaian dan celana untuk sehari-hari (hindari membawa jeans serta pakaian yang terlalu terbuka), termasuk juga baju koko serta celana panjang bahan.
  • Jaket
  • Sandal atau sepatu santai
  • Vitamin dan obat-obatan pribadi
  • Pelembab kulit serta tabir surya

Umumnya, tim travel umroh akan memberikan sebuah panduan yang berisi tentang perlengkapan saat umroh . Hal tersebut akan disampaikan pada saat manasik umroh. Jadi Anda bisa mempersiapkan semuanya jauh-jauh hari. Travel umroh yang baik pasti akan melayani jamaahnya dengan baik dan juga dengan sistem yang jelas. Sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh para jamaahnya. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai perlengkapan umroh. Semoga membantu.

Bagikan :