fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

April 12, 2022

Pramuka Saudi Kembali Bertugas di Masjid Haram Setelah Absen Dua Tahun

JEDDAH: Pramuka Saudi kembali bertugas mereka tahun ini di bulan Ramadhan setelah jeda dua tahun setelah pandemi virus corona.

Pramuka yang berpartisipasi tahun ini adalah siswa berusia 17 tahun ke atas dari Departemen Pendidikan Makkah yang memulai pekerjaan sukarela mereka untuk melayani jamaah di Masjidil Haram, bekerja sama dengan Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci dan Pasukan Keamanan Khusus Makkah.

Ziad Qadeer, kepala departemen kegiatan kepramukaan Departemen Pendidikan Makkah, mengatakan kepada Arab News bahwa “ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak laki-laki untuk menjadi individu yang baik yang akan berkontribusi untuk membangun masyarakat di masa depan.”

Setiap tahun, jumlah anak pramuka meningkat, karena unit pramuka baru dibentuk di tiga tahap sekolah — dasar, menengah, dan tinggi.

Lebih dari 160 pemimpin pramuka baru, yang bergabung dengan Departemen Pendidikan Makkah, telah dilatih dan memenuhi syarat untuk memimpin unit pramuka mereka musim ini.

Qadeer mengatakan bahwa setelah scout boysweare yang memenuhi syarat dipilih “kami memperkenalkan mereka tentang pentingnya prinsip dalam berurusan dan berkomunikasi dengan jamaah karena itu adalah dasar dari layanan yang mereka berikan.”

Pramuka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama ditugaskan ke beberapa lokasi di berbagai lantai Masjidil Haram termasuk mataf (berputar), dan area sholat lainnya, selain mendistribusikan makanan berbuka puasa dengan badan amal yang disetujui.

Kelompok kedua bekerja setelah salat Maghrib hingga salat Tarawih berakhir di Masjidil Haram, di mana anak-anak pramuka bertugas mengarahkan jamaah ke tempat-tempat shalat yang ditentukan, bukan koridor, untuk mencegah kepadatan dan memfasilitasi kelancaran pergerakan jamaah.

Pada tahun 2021, para pemimpin pramuka hanya diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam mengatur dan membantu jamaah selama Ramadhan dan musim haji. Namun tahun ini, semua anak pramuka diizinkan untuk berpartisipasi dalam berbagai tugas karena kehidupan kembali normal.

Pramuka Perintis Mohammed Al-Zbidi berbicara kepada Arab News tentang kembalinya pramuka untuk membantu selama Ramadhan tahun ini. Al-Zbidi, yang bergabung dengan Pramuka Makkah pada tahun 1994, mengatakan bahwa segera setelah tugas pramuka siswa diumumkan, “Saya merasa bahwa semangat telah kembali, energi kembali, dan para siswa kembali dengan penuh semangat, vitalitas dan cinta untuk kerja.”

Pramuka juga akan menjadi bagian dari sejumlah program, acara, dan inisiatif sukarela.

Sumber berita: https://www.arabnews.com/node/2061271/saudi-arabia

Bagikan :