fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

March 31, 2021

Talang Emas Ka’bah

Ada yang tau , apa itu talang emas Ka’bah?
Talang emas ka’bah adalah saluran air yang letaknya di tembok atas Kab’ah dan berada di atas Hijr Ismail.
Fungsinya yakni untuk membuang air yang terkumpul di atap Ka’bah saat hujan atau waktu pencucian Kabah.Talang emas ini terbuat dari tembaga tapi dilapisi emas.
Maka dari itu diberi nama talang emas, dulunya adalah area yang digunakan sebagai tempat tinggal Hajar dan Ismail.
Saat ini talang emas sudah direnovasi sebanyak 12 kali sejak pertama kali dipasang, renovasi yang ke 12 pertama di buat oleh Sultan Turki yang bernama Sultan Abdul Majid Khan dan di sempurnakan oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz dengan menambahkan paku-paku di atasnya agar kokoh dan tahan lama.

Menurut beberapa referensi jika berdoa di bawah talang emas atau Mizab ketika hujan turun, doanya termasuk mustajab.
Tidak ada doa khusus yang dianjurkan ketika kita sedang berdoa di sini.
Para jemaah haji dan umrah sering berebut tempat ini untuk berdoa meminta apa saja dengan keyakinan doanya cepat dikabulkan, khususnya ketika sedang turun hujan.
Ulama Salaf juga mengatakan, jika berdoa di bawah talang emas ka’bah maka doa nya termasuk mustajab karena air hujan yang turun dari talang emas tersebut mempunyai sekaligus dua buah keberkahan, yaitu berkah air yang turun dari langit dan berkah yang terdapat pada Baitullah itu sendiri.
Maka jangan pernah sia-siakan ibadah haji dan umrah anda, perbanyaklah berdoa karena Ka’bah dan sekitarnya adalah kawasan yang penuh berkah dan rahmat Allah SWT.
Bagikan :