MAKASSAR – Banyak yang baru dari Tazkiyah Global Mandiri di tahun baru ini. Desain “Tiket Umrah” salah satunya. Produk khas yang dirilis Tazkiyah sejak 30 Juni 2015 itu kini tampil dengan wajah anyar. Lebih modern dan praktis.
Secara keseluruhan, fungsinya nyaris sama dengan pendahulunya. Yakni jaminan kepastian kepada para calon jemaah umrah. Mulai dari tanggal keberangkatan hingga fasilitas yang akan diterima.
Namun ada satu tambahan fungsi yang membuat Tiket Umrah semakin menarik. Yaitu sekaligus menjadi kartu garansi. Berisi jaminan jemaah bakal menerima pengembalian uang apabila berangkat tidak sesuai jadwal atau tak mendapatkan fasilitas sebagaimana mestinya.
“Jadi jika dahulu kartu ini hanya bernama Tiket Umrah, sekarang nama resminya adalah Tiket Umrah dan Kartu Garansi,” ujar Ahmad Yani Fachruddin, Presiden Direktur PT Tazkiyah Global Mandiri, Rabu, 8 Januari 2020.
Desain baru Tiket Umrah dan Kartu Garansi ini juga membuat dokumen yang diterima jemaah lebih efisien. Dari sebelumnya total delapan lembar, kini tinggal satu lembar. Praktis digenggam dan dibawa ke mana-mana.
Di halaman depan ada data identitas jemaah, kode booking pesawat, tanggal keberangkatan, nama program, hingga fasilitas. Nomor penerbangan, nama bus, nama hotel, hingga asuransi perjalanan dan jiwa.
Di halaman belakang tertera ketentuan umum. Termasuk harga dan cara pembayaran, persyaratan umrah, hingga mekanisme pembatalan. Ditandatangani pihak Tazkiyah dan jemaah bersangkutan. Fungsinya sebagai akad.
Tiket Umrah dan Kartu Garansi terbaru mulai digunakan rombongan jemaah pemberangkatan 9 Januari 2020.
Tiket Umrah menjadi andalan Tazkiyah sejak pertama kali di-launching. Sebab menjadi penanda layanan berkualitas. Bukti kontrak jual beli antara Tazkiyah dan jemaah. Di dalamnya terdapat rincian 12 komponen. Mulai dari pemberangkatan, selama berada di tanah suci, hingga kembali ke tanah air. Lengkap, tidak ada lagi yang layak digelisahkan.
Tiket Umrah juga yang mengantarkan Tazkiyah menjadi travel umrah dan haji pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO. Lalu pada 2019, produk tersebut membuat Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia (BPKN RI) mengganjar Tazkiyah dengan trofi Raksa Nugraha Award. Di tahun yang sama, oleh Badan Standardisasi Nasional(BSN), travel berusia 19 tahun ini dianugerahi SNI Award, penghargaan tertinggi pemerintah RI untuk penerap SNI. (sur)