fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

January 4, 2022

Tutorial: Cara Buat Paspor Umroh tahun 2022

Begini Cara Buat Paspor UmrohBagi setiap umat islam yang sudah mampu secara finansial maupun secara fisik, ibadah haji dan umroh merupakan salah satu ibadah wajib yang sebaiknya dilaksanakan demi melengkapi salah satu rukun Islam. Karena untuk berangkat haji diperlukan waktu pendaftaran yang relatif lama, maka umroh bisa menjadi salah satu alternatif ibadah ke tanah suci Mekkah. Akan tetapi, agar bisa berangkat umroh, umat Islam perlu mempunyai paspor supaya dapat mengunjungi Mekkah. Lalu, bagaimana cara buat paspor umroh?

Cara Buat Paspor Umroh

Paspor adalah dokumen yang harus dimiliki oleh semua warga negara khususnya para jamaah umroh ketika ingin bepergian ke Mekkah. Saat ini pembuatan paspor tidak serumit dulu. Anda tidak perlu lama-lama mengantri untuk membuat paspor umroh tersebut sebab Anda bisa membuatnya secara online. Dalam pembahasan ini saya akan mengulas cara buat paspor umroh terlengkap yang bisa Anda coba dengan mudah secara online.

Sebenarnya saat ini telah ada aplikasi layanan Passpor online oleh imigrasi. Jadi  Anda dapat membuat paspor online di Aplikasi Layanan Paspor Online imigrasi.  Akan tetapi meskipun Anda melakukan pengurusan paspor secara online, tetap saja Anda harus ke Kantor Imigrasi terdekat untuk mengurus kelengkapan data. Namun ini memangkas kebiasaan lama. Mengurus paspor secara online membuat kamu tidak perlu lagi mengantri lama atau pulang pergi dari Kantor Imigrasi. Layanan paspor online memiliki kuota per hari dan hanya dibuka pada hari Jumat pada pukul 14.00 dan Minggu pada pukul 16.00.Dengan melakukan daftar online di aplikasi Layanan Paspor Online, kamu akan mendapat nomor antrian beserta tanggal serta jam pengurusan paspor di Kantor Imigrasi.

Detail Tata Cara Buat Paspor Umroh

1. Mempersiapkan Dokumen

Terdapat sejumlah dokumen penting yang harus Anda persiapkan yang menjadi persyaratan membuat paspor umroh dengan mudah secara online. Berbagai dokumen ini akan diberikan pada pihak imigrasi. Adapun beberapa dokumen penting yang dibutuhkan untuk membuat paspor umroh secara online yaitu :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Akta Kelahiran
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Surat Nikah (berlaku bagi calon jamaah umroh yang sudah menikah)
  • Surat rekomendasi dari pihak travel umroh

Berikutnya scan seluruh berkas dokumen penting yang sudah disebutkan di atas menjadi file jpeg dan berwarna hitam putih. Pastikan ukuran file tidak lebih dari 1.8 Mb. Kemudian, upload semua file tersebut pada laman imigrasi.go.id.

  • Buka website imigrasi.go.id
  • Pilih menu Layanan Paspor Online
  • Langkah selanjutnya, lengkapi data sesuai dengan KTP dengan benar
  • Upload dokumen yang sudah Anda scan ke bentuk file jpeg sebelumnya
  • Lalu isi alamat kantor imigrasi paling dekat dengan rumah Anda untuk mengambil foto dan juga paspor

2. Print Formulir Pendaftaran

Jika Anda sudah mengisi sekaligus mengunggah dokumen yang diperlukan, langkah selanjutnya yakni print formulir yang sudah Anda isi melalui website. Kemudian, tulis di bagian atas formulir tersebut dengan kalimat Formulir Permohonan Paspor supaya pihak petugas mengetahui bahwa Anda sudah menyerahkan berbagai dokumen lain melalui online. Lalu, tunjukkan barcode yang terdapat di form tersebut kepada petugas.

 

3. Datang Ke Kantor Imigrasi

Cara buat paspor umroh selanjutnya yaitu mendatangi kantor imigrasi paling dekat dengan tempat tinggal Anda sesuai dengan yang dimasukkan saat mengisi data melalui online. Disamping itu, bawa juga materai 6000, fotokopi dokumen serta dokumen asli.

Kemudian, isi data lengkap Anda meliputi nama, tempat tanggal lahir, alamat, negara tujuan serta maksud Anda datang ke sana. Di bagian nama, calon jamaah umroh harus mengisi 3 suku kata nama Anda tanpa gelar.

4. Foto, Pembayaran dan Wawancara

Jika pihak petugas sudah selesai memverifikasi data Anda, selanjutnya petugas akan menyerahkan nomor antrian pembayaran. Lalu Anda dapat membayar biaya pembuatan paspor ke bank terdekat maupun melalui transfer secara online.

Berikutnya, Anda akan diminta untuk mengambil foto namun tidak diizinkan menggunakan pakaian maupun kerudung berwarna putih sebab ditakutkan akan menyatu pada latar belakang foto. Untuk pengambilan paspor yang sudah di jadi di kantor imigrasi ini bisa diwakilkan.

Demikian ulasan mengenai cara buat paspor umroh dengan mudah yang bisa Anda coba saat akan melaksanakan ibadah umroh. Pastikan Anda melengkapi persyaratan sekaligus dokumen yang diperlukan untuk membuat paspor umroh di atas.

Bagi Anda yang ingin memperoleh penghasilan hingga PULUHAN JUTA RUPIAH setiap bulannya, dan juga mendapatkan solusi mewujudkan impian  KE TANAH SUCI untuk berumroh, segera daftarkan diri Anda pada program peluang usaha agen umroh tazkiyahtour, insya Allah Anda akan bisa segera menunaikan ibadah Umroh dengan hasil komisi Anda

Bagikan :