fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

January 12, 2022

Inilah Daftar Perlengkapan Haji yang Perlu Dibawa

Mengetahui apa saja daftar perlengkapan haji yang perlu untuk dibawa sangatlah penting. Apalagi, sebagian dari perlengkapan haji tersebut ada yang sifatnya wajib untuk dibawa karena merupakan perlengkapan utama dalam pelaksanaan ibadah haji Anda.

Selain perlengkapan yang sifatnya wajib, ada juga beberapa perlengkapan yang sebaiknya dibawa untuk menunjang kenyamanan Anda selama berada di tanah suci. Lantas apa sajakah peralatan-peralatan tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Perlengkapan Haji yang Penting untuk Dibawa

Inilah Daftar Perlengkapan Haji yang Perlu Dibawa

A. Perlengkapan Haji Bagi Laki-Laki

1. Pakaian Ihram

Bagi laki-laki, perlengkapan haji yang wajib dibawa adalah pakaian yang akan digunakan untuk ihram sebanyak 1 sampai 2 stel. Pakaian ihram tersebut berupa dua lembar kain yang tidak berjahit. Selain itu, diperlukan juga ikat pinggang yang nantinya difungsikan untuk mengikat kain ihram yang melilit dipinggang. Selain pakaian ihram, jamaah haji pria juga hendaknya membawa sandal yang akan dipakai saat ihram.

Karena ini merupakan pakaian yang akan digunakannya ketika ihram, maka perlengkapan yang satu ini wajib untuk dibaca. Sebab, saat jemaah haji berangkat ke tanah suci pada bulan-bulan haji, jamaah haji sudah harus menggunakannya ketika pesawat sejajar dengan yalamlam. Sebab itu merupakan miqot orang Indonesia, di mana mereka sudah wajib untuk berpakaian ihram dan memulai ihramnya.

2. Sarung dan Baju Ganti

Saat di tanah suci, tentu saja jamaah haji pria akan butuh untuk mengganti pakaian yang bersih. Oleh karena itu, sebaiknya membawa sarung dan pakaian ganti secukupnya dari rumah. Jika tidak, besar kemungkinan akan kesulitan sendiri jika baru ingin membelinya setelah di tanah suci.

B. Daftar Perlengkapan Haji Bagi Wanita

Bagi wanita, daftar perlengkapan haji yang perlu dibawanya cukup banyak. Pasalnya, perlengkapan tersebut bukan hanya untuk kebutuhan ihram, tetapi juga untuk menutupi auratnya. Berikut daftar  perlengkapan yang penting untuk dibawa :

1. Pakaian Ihram

Sebagaimana pria, wanita juga wajib untuk membawa pakaian yang akan digunakannya ketika ihram. Bedanya, pakaian ihram wanita bukan dalam bentuk dua kain putih, tetapi jilbab/mukena putih dan rok putih.

2. Kerudung dan Kaos Kaki

Wanita juga wajib untuk membawa kerudung dan kaos kaki sehari-hari untuk menutup auratnya. Sebab, aurat seorang wanita wajib ditutup jika dia berada di hadapan pria yang bukan mahramnya.

3. Baju Ganti Secukupnya

Daftar perlengkapan haji berikutnya yang juga penting untuk dibawa adalah perlengkapan mandi. Meskipun bisa saja dibeli di tanah suci, tapi dikhawatirkan tidak memiliki cukup waktu atau kesempatan untuk membelinya.

Baca Juga artikel seputar : Inilah 4 Hikmah Haji dan Umroh yang Penting Diketahui

Daftar Perlengkapan Tambahan

Selain daftar keperluan wajib dan sangat penting untuk dibawa oleh jamaah pria dan wanita, ada juga beberapa daftar perlengkapan haji yang bersifat tambahan alias opsional. Meskipun demikian, sangat dianjurkan untuk dibawa sehingga tidak perlu membelinya saat di tanah suci. Beberapa daftar tersebut adalah sebagai berikut :

1. Keperluan Mandi

Jamaah pria dan wanita tentu butuh untuk mandi selama di tanah suci. Oleh karena itu, perlengkapan mandi merupakan salah satu perlengkapan tambahan yang sebaiknya dibawa dari rumah. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya, tentu Anda tidak perlu kerepotan lagi untuk pergi membelinya.

2. Jaket dan Selimut

Meskipun Saudi Arabia merupakan negara yang terdiri dari gurun pasir, bukan berarti cuaca di sana tidak dingin. Dalam kondisi tertentu di malam hari, cuaca di sana bisa menjadi sangat dingin. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membawa perlengkapan tambahan untuk itu, seperti selimut dan jaket.

3. Alat-alat Kosmetik

Peralatan tambahan yang satu ini terkait dengan wanita. Di manapun berada, seorang wanita tentu berusaha untuk tetap menjaga penampilan dirinya. Oleh karena itu, alat-alat kosmetik merupakan perangkat tambahan yang bisa dibawa.

Tentunya penggunaan alat-alat kosmetik tersebut tidak lepas dari ketentuan penggunaan alat kosmetik bagi wanita saat menunaikan ibadah haji.

Demikianlah daftar perlengkapan haji yang wajib dan penting untuk dibawa dalam perjalanan haji, serta beberapa perlengkapan tambahan bagi jamaah pria dan wanita yang sebaiknya dibawa. Semoga bermanfaat.

Bagikan :