Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Maret 26, 2024

5 Keutamaan Sahur Yang Mendatangkan Keberkahan Hidup

Pentingnya sahur dalam tradisi puasa Ramadhan tidak hanya terbatas pada aspek keagamaan, tetapi juga memiliki implikasi yang luas dalam kehidupan umat Islam.

Keutamaan sahur, sebagai waktu yang diberkahi oleh Allah SWT, menjadikan momen ini sebagai kesempatan emas bagi umat Islam untuk memohon ampun, memperbanyak dzikir, dan berdoa kepada-Nya.

Rasulullah SAW sendiri telah menekankan pentingnya sahur dengan mengatakan bahwa dalam sahur terdapat keberkahan, sehingga menunaikan sunah ini merupakan bagian integral dari ibadah puasa yang dijalankan umat Islam.

Memahami keutamaan sahur dalam konteks ini, membuka wawasan kita tentang betapa pentingnya momen tersebut tidak hanya dari sisi rohani tetapi juga fisik.

Namun, keutamaan sahur juga dapat dirasakan dalam konteks kesehatan dan kesejahteraan raga. Melakukan sahur memastikan bahwa tubuh mendapatkan asupan tenaga dan nutrisi yang cukup untuk menjalani puasa seharian penuh.

keutamaan sahur rumaysho

Ini tidak hanya membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum, tetapi juga memastikan bahwa umat Muslim memiliki energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik selama sepanjang bulan Ramadhan.

Tidak cuma itu, sahur pula memiliki nilai sosial yang berarti. Banyak keluarga Muslim yang menjadikan waktu sahur sebagai momen buat berkumpul bersama dan berbagi santapan.

Ini tidak hanya mempererat jalinan keluarga, tetapi pula menciptakan jalinan sosial yang kuat di antara anggota komunitas Muslim.

Di samping itu, aktivitas sahur bersama yang diselenggarakan oleh masjid maupun komunitas Muslim pula jadi sarana buat tingkatkan ukhuwah Islamiyah dan solidaritas di antara umat Muslim.

Keutamaan Sahur di Bulan Ramadhan

Sahur memiliki beberapa keutamaan yang berarti bagi umat Muslim, yang memberikan berkah dan terlebih mendapatkan doa dari para malaikat.

Baca Juga:  Abdulrahman Al-Sudais, Cendekiawan & Imam Masjidil Haram

Berikut ialah 5 keutamaan sahur pada bulan ramadhan

1. Kebajikan dalam Melakukan Sunnah Rasulullah SAW

Salah satu keutamaan utama dari makan sahur ialah mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Ia sendiri telah menganjurkan umat Muslim buat makan sahur dikala saat sebelum memulai puasa.

Diriwayatkan jika Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur terdapat berkah.” Dengan melakukan sahur, umat Muslim dapat menjajaki contoh terbaik dari Nabi Muhammad SAW dan memperoleh keberkahan dalam melakukan ibadah puasa.

keutamaan sahur

2. Waktu Diberkahi buat Memohon Ampunan

Waktu sahur pula dikira sebagai waktu yang diberkahi oleh Allah SWT, di mana doa-doa umat Muslim hendak dikabulkan.

Diriwayatkan jika Allah SWT turun ke langit dunia pada waktu sepertiga malam terakhir dan bertanya, “Siapa yang berdoa kepada-Ku biar Aku memperkenankan permintaannya? Siapa yang meminta biar Aku memberinya? Siapa yang meminta ampunan biar Aku mengampuninya?” Oleh karena itu, waktu sahur yakni yakni kesempatan yang baik buat umat Muslim buat memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Dapat Membawa Keberkahan dalam Aktivitas Sehari-hari

Makan sahur tidak hanya memberika tenaga yang cukup buat melakukan puasa seharian penuh, tetapi pula membawa keberkahan dalam aktivitas sehari-hari.

Dengan memulai hari dengan santapan yang bergizi dan minuman yang menyegarkan, umat Muslim dapat melindungi kesehatan tubuh dan melakukan tugas-tugas mereka dengan baik selama sejauh bulan Ramadhan.

Keberkahan ini pula dapat membawa berkah dalam segala aspek kehidupan, baik dalam pekerjaan, keluarga, maupun jalinan sosial

4. Mendapatkan Doa dari Para Malaikat

Salah satu keistimewaan besar dari makan sahur yakni yakni memperoleh doa dari para malaikat. Diriwayatkan bila Allah SWT serta para malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.

Baca Juga:  Haji Wada Haji Pertama & Terakhir Rasulullah SAW 10 Hijriah

keutamaan sahur dan dalilnya

Dengan demikian, makan sahur bukan cuma semata-mata aksi raga namun pula ialah ialah amalan yang mendatangkan rahmat serta berkah dari Allah SWT. Doa dari para malaikat ini jadi bonus keberkahan dalam menempuh ibadah puasa sepanjang sepanjang bulan Ramadhan.

5. Melindungi Tradisi Kebudayaan dan Solidaritas Sosial

Tidak cuma keutamaan spiritual dan keagamaan, makan sahur pula memiliki nilai-nilai budaya dan sosial yang berarti menjadi momen buat keluarga maupun komunitas buat berkumpul bersama, berbagi santapan dan mempererat jalinan antaranggota keluarga maupun antaranggota komunitas.

Tidak hanya keutamaan dan manfaat yang telah disebutkan, keutamaan sahur juga memiliki dampak ekonomi yang signifikan dan tidak boleh diabaikan. Meskipun terdengar sederhana, sahur mampu memengaruhi aktivitas ekonomi di berbagai sektor.

Sebagai contoh, peningkatan permintaan makanan dan minuman saat sahur dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis di sektor kuliner, baik pada tingkat lokal maupun nasional.

Hal ini memberikan peluang ekonomi bagi pedagang kecil dan pelaku usaha di bidang makanan dan minuman untuk meningkatkan pendapatan mereka selama bulan Ramadhan.

Dengan demikian, keutamaan sahur di bulan Ramadhan tidak hanya sekedar kewajiban, tetapi juga memiliki makna yang mendalam terhadap kehidupan umat Muslim.

Bagikan :