Hi, How Can We Help You?

Blog

February 6, 2020

Lawan Dingin dan Kantuk, Bisa Tahajud Depan Multazam

MEKAH – Umrah bersama Tazkiyah Global Mandiri berarti mendapat fasilitas representatif. Termasuk hotel berbintang dengan kamar yang nyaman.

Namun malam itu, pasangan suami-istri Muhajir Suni dan Nurhidayah Usman memutuskan untuk bangun dari nyamannya tidur. Mereka menuju Masjidilharam. Langsung masuk ke pelataran Kakbah.

Incaran mereka adalah lokasi salat tahajud yang “strategis”. Maka pada dini hari yang dingin itu, kira-kira pukul 02.30 waktu Saudi, keduanya mulai melakukan tawaf sunah. Mengelilingi Kakbah sembari mencari tempat yang paling tepat untuk tahajud.

“Alhamdulillah, dapatnya di depan Multazam. Di situlah kami salat sambil menunggu salat Subuh,” ujar Nurhidayah.

Multazam merupakan dinding Kakbah yang terdapat di antara Hajar Aswad dan pintu Kakbah. Titik sejajar dengan Multazam adalah lokasi yang diriwayatkan sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.

Hadis Rasulullah saw yang diriwayatkan Al Baihaki dari Ibn Abbas: “Antara rukun Hajar Aswad (sudut tempat terdapatnya Hajar Aswad) dan pintu Kabah disebut Multazam. Tidak ada orang yang meminta sesuatu di Multazam melainkan Allah mengabulkan permintaan itu.”

Makanya, tidak mudah juga untuk mencapai dan berdiam di garis sejajar itu, apalagi yang tepat di hadapannya. Orang-orang juga mengincarnya. Dinginnya malam hingga Subuh hari tidak juga membuat tempat itu sepi.

Kamis, 6 Februari 2020 hari ini, dua rombongan jemaah umrah Tazkiyah akan melakukan city tour. Keliling Kota Mekah menggunakan bus. Beberapa tempat yang akan didatangi adalah Jabal Tsur, Padang Arafah, Jabal Rahmah, Ji’rana. (fit-sur)

Bagikan :