fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

October 21, 2021

4 Cara Jitu Agar Bisa Menabung Untuk Umroh

Mengetahui cara menabung untuk umroh merupakan hal yang penting bagi Anda yang sudah meniatkan untuk berumroh ke tanah suci. Dengan niat yang ikhlas dan upaya yang maksimal, insya Allah perjalanan Anda menuju umroh akan dimudahkan.

Umroh merupakan amalan yang sangat mulia di dalam islam. Sehingga wajar jika setiap muslim berharap memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Bahkan, sebagian ulama menyebutkan bahwa umroh hukumnya wajib ditunaikan satu kali bagi yang mampu, selebihnya adalah sunnah.

Di antara dalil yang menunjukkan hal tersebut adalah pertanyaan yang diajukan oleh Aisyah Radhiallahu Anha kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam. Dia bertanya :

يا رسول الله هل على النساء جهاد ? قال نعم عليهن جهاد لا قتال فيه : الحج و العمرة

“Wahai Rasulullah, apakah ada kewajiban jihad bagi para wanita? Beliau menjawab ‘Iya, mereka memiliki kewajiban jihad yang tidak ada peperangan di dalamnya yaitu haji dan umroh.” (Diriwayatkan oleh Ahmad dan Ibnu Majah. Haditsnya dishahihkan oleh Asy-Syaikh Al-Albani Rahimahullah dalam Kitab Al-Irwaa [4/151]).

Selain dalil tentang kewajiban umroh di atas, umroh juga memiliki tiga keutamaan, yaitu:

1. Jihad sebagaimana ibadah haji.

2. Menghapus dosa di antara dua umrah.

3. Menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa.

Sumber : rumaysho.com

Sisi pendalilan dalam hadits di atas bahwa jika umroh diwajibkan bagi para wanita, maka kewajiban tersebut tentu lebih utama bagi laki-laki.

Tips dan Cara Menabung Untuk Umroh

Fokus artikel kali ini bukanlah terkait dengan membuka rekening khusus untuk tabungan umroh di bank, tetapi membuat tabungan sendiri untuk persiapan umroh. Perlu diketahui bahwa membuat tabungan umroh sendiri terbukti lebih cepat membuahkan hasil dibandingkan menabung di bank, di samping lebih bersih dan aman dari segi syariat.

Baca Juga:  5 Tahap Menjadi Haji Mabrur Bersama Tazkiyah Tour

cara menabung untuk umroh

Dalam hal ini, Anda bisa menerapkan tips dan cara menabung untuk umroh yang akan saya sebutkan di bawah ini :

1. Sisihkan 30 Persen Pendapatan Bulanan

Sisihkanlah 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Jika Anda memiliki pendapatan bulanan sebesar 3 juta rupiah, maka dalam sebulan Anda bisa menabung sebanyak 900.000 rupiah. Berarti dalam sebulan Anda bisa mengumpulkan dana sebesar 10.800.000 rupiah.

Jika Anda bisa komitmen dalam menabung, insya Allah paling lambat dalam 2 tahun lebih Anda sudah bisa menunaikan umroh.

2. Komitmen dan Tetapkan Hukuman

Setelah Anda mulai menabung pertama kali, hendaknya Anda menanamkan komitmen dalam diri Anda untuk menyelesaikan target dari diadakannya tabungan tersebut yaitu menunaikan umroh. Jangan putus tengah jalan, apalagi merasa putus asa karena menganggap waktu menabung akan berjalan dalam waktu lama. Jika Anda sudah memulai dan komitmen, insya Allah akan ada kemudahan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tetapkan juga hukuman jika Anda tidak menabung sejumlah yang ditetapkan setiap bulannya. Hal ini penting dalam rangka membiasakan diri Anda komitmen dalam melakukannya. Hukuman yang Anda tetapkan bagi diri sendiri bisa dalam membentuk menggandakan jumlah tabungan di bulan berikutnya atau hukuman lainnya.

3. Batasi Biaya Bulanan

Cara menabung untuk umroh lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah melakukan pembatasan biaya bulanan. Coba cermati kembali pengeluaran biaya bulanan Anda, pangkas pengeluaran yang tidak begitu penting dan mendesak. Memang berat, tapi Anda perlu melakukan hal tersebut agar perjalanan Anda menuju umroh lebih cepat lagi insya Allah.

4. Menabung di Bank yang Berkerjasama dengan Travel Umroh

Menabung di travel umroh juga merupakan salah satu cara menabung untuk umroh yang bisa Anda lakukan. Terlebih lagi jika Anda khawatir tidak mampu mengendalikan diri dari menggunakan uang tabungan umroh jika menabungnya di rumah. Jika kondisinya demikian, sebaiknya Anda menabung di bank yang telah bekerja sama dengan travel umroh.

Baca Juga:  Begini 2 Cara Mudah Cek Jadwal Keberangkatan Haji

Tapi ingat, pastikan Anda hanya menabung di bank yang bisa dipastikan telah bekerjasama dengan travel umroh yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi. Jangan menabung di travel umroh yang tidak jelas, karena risikonya tinggi. Selain itu, bukti setiap tabungan harus Anda pegang dalam rangka berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah tips dan cara menabung untuk umroh yang efektif dan efisien tanpa harus menabung di bank. Jangan ragu untuk memulainya, sembari komitmen dan senantiasa meminta kemudahan dari Allah. Insya Allah jalan Anda menuju umroh akan dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Selain menabung untuk umroh , pastikan juga Anda mengutamakan membuat tabungan haji, mungkin bagi Anda mendaftar haji regular terbilang sangat lama karena harus menunggu antrian keberangkatan berpuluh -puluh tahun, dan memikirkan bagaimana cara berangkat haji tanpa harus antri, akan tetapi jika Anda masih merasa belum mampu tidak perlu khawatir dan terlalu memikirkan hal tersebut, cukup meniatkan saja dulu dan berusaha semampunya, insya Allah amal ibadah seorang hamba akan terhitung jika telah berusaha namun ada udzur. Jadi mulai sekarang buatlah perencanaan dengan cara yang paling memugkinkan diri Anda untuk menabung haji.