Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Maret 28, 2024

7 Menu Takjil Lezat Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Bulan suci Ramadan merupakan momen yang dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selain sebagai bulan penuh berkah, Ramadhan juga menjadi waktu untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama.

Salah satu tradisi yang tidak terpisahkan dari bulan suci ini adalah berbuka puasa. Menu takjil menjadi salah satu elemen penting yang seringkali menjadi pembuka saat berbuka.

Takjil yang lezat tidak hanya menggugah selera tetapi juga membawa kehangatan bagi yang menikmatinya.

Banyak yang mungkin belum menyadari bahwa setiap kota di Indonesia memiliki menu takjil khasnya masing-masing.

Yang menarik, takjil-takjil khas tersebut umumnya hanya tersedia selama Bulan Ramadan. Ingin tahu apa saja menu takjil tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Menu Takjil Berbuka Puasa Tiap Kota Di Indonesia

1. Lapek Bugih Khas Minangkabau

Sebagai salah satu menu takjil yang menarik untuk dicoba saat berbuka puasa, Lapek Bugih menawarkan keunikan rasa dan tekstur yang menggoda.

Camilan tradisional dari Minangkabau ini populer dengan bentuknya yang artistik, menyerupai segitiga atau kerucut, mirip bentuk limas.

lapek bugih
Source Image: Gema Sulawesi

Keistimewaan lain dari Lapek Bugih terletak pada penggunaan daun pisang sebagai pembungkusnya, menambah aroma khas yang memikat saat dibuka.

Tekstur Lapek Bugih yang kenyal dan sedikit lengket menjadikannya pilihan yang sempurna untuk memulai buka puasa, memberikan sensasi unik yang berbeda dari takjil biasa.

Rasa gurih dari santan yang meresap ke dalam kue, dikombinasikan dengan kejutan rasa manis dari isian parutan kelapa yang telah dicampur dan dimasak bersama gula merah, membuat Lapek Bugih menjadi pembuka berbuka puasa yang menggugah selera.

Baca Juga:  Raudhatul Jannah, Taman Surga Tempat Mustajabnya Doa

2. Es Kacang Merah Khas Palembang

Untuk menambah variasi menu takjil saat berbuka puasa, Es Kacang Merah bisa menjadi pilihan yang menggoda.

es kacang merah
Source Image: Inibaru.id

Sajian ini merupakan kombinasi es serut dengan tambahan kacang merah manis yang menyegarkan, berasal dari Palembang, Es Kacang Merah disiapkan dengan bahan-bahan sederhana namun kaya rasa.

Kacang adzuki yang telah direbus hingga empuk, sirup gula batu yang memberikan kesan manis alami, dan susu evaporasi yang menambah tekstur krem pada es, membuat sajian ini tak hanya menyegarkan tapi juga mengenyangkan.

Sajian ini tidak hanya ideal sebagai menu takjil yang menyegarkan tapi juga sebagai cara untuk menghidupkan tradisi kuliner Palembang dalam berbuka puasa.

3. Es Goyobod Khas Bandung

Dalam kehangatan bulan Ramadan, takjil berupa sajian dingin seringkali menjadi pilihan untuk memecah dahaga setelah berpuasa.

Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah Es Goyobod, sajian khas dari Tatar Sunda yang terkenal dengan kesegarannya. Khususnya di Jawa Barat, seperti di Garut, Es Goyobod menjadi favorit untuk menyambut waktu berbuka.

es goyobod
Source Image: food.detik.com

Es Goyobod disajikan dalam gelas besar atau mangkuk, menggabungkan berbagai komponen yang kaya rasa.

Komposisi utamanya meliputi tepung hunkwe yang memberikan tekstur khas, potongan roti tawar yang lembut, pacar cina yang gurih, tapai singkong yang sedikit asam, dan daging buah kelapa yang segar.

Seluruh bahan ini kemudian disiram dengan kuah santan dan susu kental manis, menciptakan harmoni rasa gurih dan manis yang lezat.

Menjadikan Es Goyobod sebagai menu takjil berbuka puasa adalah pilihan yang tepat, terutama bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang manis dan menyegarkan.

4. Bongko Kopyor Khas Gresik

Sebagai menu takjil untuk berbuka puasa, Bongko Kopyor menawarkan kelezatan unik yang memadukan kekayaan rasa dan tekstur.

Nama “Bongko Kopyor” berasal dari perpaduan bubur nangka dan kelapa kopyor, sebuah inovasi kuliner yang menarik. Dalam sajian ini, bubur mutiara yang lembut dicampur dengan irisan lembut roti tawar, potongan pisang, serutan segar daging kelapa, dan potongan manis nangka.

Baca Juga:  Bukit Shafa dan Marwah, Simbol Kewajiban Manusia untuk Berusaha !!!
bongko kopyor
Source Image: IG merinafirlana

Keunikan tambahan dari kelapa kopyor, yang dikenal dengan teksturnya yang lebih encer dibanding kelapa biasa, mengubah bubur nangka menjadi sajian takjil yang lezat dan menyegarkan.

Menikmati Bongko Kopyor saat berbuka tidak hanya menyegarkan tetapi juga membantu memudahkan pencernaan, berkat teksturnya yang lembut dan encer.

Dengan kombinasi rasa manis alami dari buah-buahan dan kekhasan kelapa kopyor, Bongko Kopyor menjadi alternatif menarik untuk menambah variasi menu takjil di bulan Ramadan.

5. Es Pisang Ijo Khas Makassar

Salah satu menu takjil lezat yang bisa Anda coba saat berbuka puasa adalah Es Pisang Ijo, sebuah hidangan pencuci mulut khas Makassar, Sulawesi Selatan.

es pisang ijo
Source Image: Palpres.com

Keunikan dari Es Pisang Ijo terletak pada penggunaan pisang raja, ambon, atau kepok yang telah matang sempurna, dibalut dengan adonan tepung beras yang dicampur dengan santan dan air daun pandan.

Kombinasi ini tidak hanya memberikan warna hijau yang menarik tapi juga aroma pandan yang menggoda.

Setelah dibalut dengan adonan dan dikukus hingga matang, pisang kemudian disajikan dengan tambahan bubur sum-sum atau tepung terigu yang telah dimasak hingga kenyal. P

enyajian Es Pisang Ijo tidak lengkap tanpa siraman sirop merah khas Makassar dan lelehan susu kental manis yang menambah kelezatan.

Untuk menambah kesegaran, sajian ini dilengkapi dengan es serut atau es batu yang menambah sensasi dingin dan menyegarkan.

Es Pisang Ijo menjadi pilihan takjil yang ideal karena menyajikan perpaduan rasa manis, gurih, dan segar yang harmonis.

Sajian ini tidak hanya memuaskan dahaga dan rasa lapar setelah seharian berpuasa tetapi juga menawarkan pengalaman rasa yang khas dan memanjakan lidah.

6. Asida Khas Maluku

Menyajikan takjil yang manis dan bergizi tinggi menjadi salah satu tradisi berbuka puasa yang dijaga di banyak daerah, termasuk di Maluku.

Baca Juga:  Di Usia Berapa Boleh Daftar Haji ?

Salah satu hidangan khas yang sering dijadikan pilihan takjil di Maluku adalah kue asida. Kue ini dibuat dari bahan dasar sagu dan gula merah yang dimasak bersama hingga mencapai tekstur yang mengental.

kue asida
Source Image: brilicious.brilio.net

Bentuknya yang unik, biasanya pipih bulat, membuatnya menarik dan mudah dihidangkan dengan taburan kelapa parut yang menambah cita rasa.

kue asida bisa dipadukan dengan kolak atau bubur ketan hitam, menciptakan kombinasi hidangan penutup yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menggugah selera.

7. Jalangkote Khas Makassar

Mencari takjil yang unik dan mengenyangkan untuk berbuka puasa? Jalangkote, sajian khas dari Makassar, bisa menjadi pilihan yang menarik.

Serupa namun tidak sama dengan pastel yang kita kenal, Jalangkote menawarkan sensasi rasa yang berbeda berkat kulitnya yang lebih tebal.

Kulit Jalangkote yang tebal itu dibuat dari adonan terigu yang diperkaya dengan santan, telur, dan mentega, menciptakan tekstur yang khas dan lezat.

Di dalamnya, Jalangkote diisi dengan campuran wortel, tauge, bihun, dan kentang yang telah dimasak dengan bumbu pilihan, memberikan cita rasa yang kaya.

jalangkote
Source Image: IG meongculinary

Untuk variasi, ada pula Jalangkote yang ditambahkan dengan telur rebus atau daging cincang, menambah kelezatan dan nilai gizi dari takjil ini.

Jalangkote tidak hanya sekedar mengisi perut yang kosong setelah seharian berpuasa, tetapi juga menawarkan pengalaman rasa yang menyenangkan.

Sajian ini cocok dijadikan pilihan takjil yang berbeda dari yang lain, memberikan nuansa baru dalam tradisi berbuka puasa Anda.

Demikian ragam menu takjil khas berbagai kota di Indonesia yang telah kita ulas, semoga Ramadan ini semakin berwarna dan berkesan di hati kita semua.

Tak hanya sekedar menikmati kelezatan dan keunikan dari setiap menu, namun lebih dari itu, mari kita maknai sebagai momen untuk memperkuat silaturahmi dan berbagi kebahagiaan.

Semoga keberkahan Ramadan menyertai kita semua, memperkaya jiwa dengan kasih dan kedamaian.

Selamat menikmati berbuka puasa dengan pilihan takjil yang menggugah selera, sebagai simbol syukur atas nikmat yang diberikan.

Bagikan :