Hi, How Can We Help You?

Blog

February 17, 2020

Menuju Mekah, Koper Jemaah Mulai “Membuncit”

MEKAH – Lima puluh jemaah Tazkiyah Global Mandiri baru menuju ke Mekah, hari ini, Senin, 17 Februari. Namun, koper yang mereka bawa rata-rata sudah membuncit.

Bahkan, pantauan kru tazkiyahtour.co.id saat jemaah menurunkan barang ke lobi hotel di Madinah, sudah banyak pula yang membawa kantongan tambahan. Berukuran besar-besar.

Meski belum melaksanakan rangkaian umrah, rata-rata jemaah memang sudah berbelanja. Apalagi, beberapa toko di Madinah memang dikenal memajang harga relatif lebih murah daripada toko-toko di Mekah.

Apalagi kemarin, rombongan sudah mendatangi kebun kurma di Madinah. Pusat oleh-oleh camilan. Di situ, banyak yang membeli kurma dan cokelat-cokelatan.

“Pesanan keluarga di kampung tawwa,” tutur Erick Alamsyah, salah satu jemaah.

Oleh-oleh memang selalu menjadi hal yang penting bagi jemaah umrah asal Indonesia. Meski toko oleh-oleh khas Saudi sudah ada juga di Makassar, tetap saja ada yang merasa tidak afdal jika tidak membeli di tempatnya langsung.

“Seru lihat jemaah berlomba-lomba belanja. Tetapi kita tidak lupa mengingatkan bahwa jatah bagasi untuk setiap jemaah hanya 30 kilogram,” ujar Mansurdin, tour leader untuk pemberangkatan kali ini.

Jemaah Tazkiyah dijadwalkan akan langsung memulai prosesi umrah begitu tiba di Mekah sore ini, atau malam waktu Indonesia. (fit-sur)

Bagikan :