Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

Juni 12, 2024

Berdoa di Multazam, Jemaah Haji Tazkiyah Terharu & Bersyukur

Saat musim haji tiba, suasana di sekitar Ka’bah menjadi semakin padat, bahkan lebih ramai dari pada musim umrah.

Namun, Masnawati dan rekan-rekannya dari jemaah haji khusus Tazkiyah Tour mengalami momen yang sangat berarti ketika berhasil mencapai Multazam meskipun harus melewati keramaian yang luar biasa saat melakukan tawaf.

Multazam Kabah

Multazam adalah bagian dari dinding Ka’bah yang terletak di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah, dengan jarak sekitar 2 meter.

Multazam merupakan salah satu tempat mulia dan mustajab di Masjidilharam. Lokasi ini menjadi favorit dan sangat diincar untuk memanjatkan doa.

Keutamaan Doa depan multazam

Keutamaan doa di Multazam didasarkan pada hadis Nabi Muhammad saw.; “Multazam adalah tempat dikabulkannya doa. Apa yang diminta seseorang kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya.”

multazam

“Alhamdulillah, tidak menyangka bisa sedekat ini dengan Ka’bah. Bisa berada beberapa menit juga di depan Multazam,” ujar Masnawati yang berasal dari Makassar.

Pada Minggu, 9 Juni 2014, sebanyak 208 jemaah haji khusus Tazkiyah Tour sudah memasuki hari ke-17 perjalanan spiritual mereka. Saat berita ini diturunkan, jemaah sedang bersiap meninggalkan Pullman Zamzam Hotel di Makkah untuk menuju apartemen atau rumah transit.

Rumah transit inilah yang akan ditempati para jemaah selama puncak ibadah haji di Armuzna; Arafah, Mina, Musdalifah.

Para jemaah akan fokus beribadah dan mempersiapkan diri di rumah transit selama empat hari sebelum bergerak menuju Mina pada Jumat, 14 Juni 2024.

Keesokan harinya, mereka akan berangkat ke Arafah untuk melaksanakan wukuf, inti dari ibadah haji, dengan berdiam di sana hingga Magrib tiba. Setelah itu, mereka akan menuju Musdalifah.

Baca Juga:  Wanita bisa mendapatkan visa umroh tanpa mahram, dengan satu syarat 

Selama menunggu keberangkatan ke Armuzna, para jemaah akan menjalani pemantapan manasik haji. Tim dokter juga akan memeriksa kesehatan para jemaah dengan lebih intensif.

tes kesehatan jemaah haji

Setelah hampir tiga pekan di tanah suci, inilah waktu-waktu terpenting, yaitu puncak ibadah haji. Oleh karena itu, pihak Tazkiyah Tour ingin memastikan seluruh jemaah dalam kondisi siap, baik fisik, mental, maupun spiritual.

Pada musim haji ini, Tazkiyah Tour mengusung tema Holistic Spiritual Journey. Perjalanan ibadah haji ini diharapkan menjadi pengalaman terindah bagi para jemaah, dengan merasakan ketenangan melalui berbagai ritual ibadah yang dilakukan.

Mereka pulang ke tanah air dengan predikat haji mabrur, yang merupakan puncak spiritual yang hendak dicapai.

Bagikan :