fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

June 28, 2022

Tidak Perlu Khawatir, Penyakit Cacar Selama Pelaksanaan Ibadah Haji Bukan Masalah Utama Saat Ini

Pelaksanaan Ibadah Haji — Wakil Menteri Haji dan Umrah Dr Abdul Fattah Mashat menyatakan dampak penyakit cacar selama haji tidak menjadi perhatian utama.

Mashat membuat pernyataan selama wawancara dengan saluran Saudi Al-Saudiya. Dia mengatakan penyelenggara haji sangat mempercayai langkah-langkah yang diambil oleh Kementerian Kesehatan untuk menghadapi penyakit cacar.

Sementara Kementerian Kesehatan menetapkan persyaratan kesehatan untuk memungkinkan peziarah melakukan ritual, mereka tidak memasukkan tindakan penanganan penyakit cacar pada saat itu, Mashat menegaskan, bahwa Kementerian mengambil tindakan proaktif untuk menangani kasus penyakit ini jika muncul. selama musim haji.

Arab Saudi selalu mengangkat slogannya, yaitu “Human Health First”, yang mewajibkan adanya persyaratan untuk menjaga kesehatan jemaah haji selama perjalanan hingga menyelesaikan ibadah, katanya.

Mashat mencatat bahwa variasi tingkat kesehatan dari satu negara ke negara lain mengontrol persyaratan kesehatan yang dikenakan untuk haji.

Dia mengatakan bahwa Kementerian, saat menetapkan persyaratan kesehatan, telah berfokus pada hal-hal proaktif dan preventif yang mewakili dan bertujuan melalui protokol kesehatan untuk mencegah penyakit, tetapi tidak menunggu untuk menanganinya.

Mashat mengatakan, hal proaktif dan preventif yang menjadi fokus kementerian terletak pada persyaratan jemaah haji yang ingin menunaikan ibadah haji pada beberapa hal, antara lain: kewajiban memberikan tes PCR 72 jam sebelum kedatangan, serta imunisasi, di samping itu. usia haji tidak lebih dari 65 tahun.

Ia memastikan, kawasan Arafah telah teraliri jaringan listrik yang cukup untuk seluruh kota dalam rangka persiapan musim haji.

Juga, 20% dari kamp Mina telah sepenuhnya dikembangkan, di beberapa tingkatan, termasuk perumahan dan toilet, kata Mashat, mencatat bahwa lebih dari 1.000 kompleks toilet telah dibangun di kota tenda.

Adapun anak-anak selama periode haji, Mashat menegaskan bahwa usia minimum untuk melakukan ritual haji adalah 15 tahun, menunjukkan bahwa setiap jemaah yang membawa anak-anak dianggap melanggar peraturan dalam hal ini.

Sumber berita: https://saudigazette.com.sa/article/622288/SAUDI-ARABIA/Saudi-official-Monkeypox-during-Hajj-is-not-a-major-concern-at-this-point

Bagikan :

One Reply to “Tidak Perlu Khawatir, Penyakit Cacar Selama Pelaksanaan Ibadah Haji Bukan Masalah Utama Saat Ini”

  1. Tidak ada izin haji, otoritas Saudi memperingatkan - PT. Tazkiyah Global Mandiri says: 30 June 2022 at 2:06 pm

    […] bicara resmi otoritas mengatakan jemaah haji harus mendapatkan izin haji dari instansi terkait sebelum mencoba melakukan ritual ibadah […]

Comments are closed.