fbpx
Hi, How Can We Help You?
  • Makassar 90231, Sulawesi Selatan, Indonesia
  • Email: info@tazkiyahtour.co.id

Blog

September 6, 2021

Pentingnya Memiliki Tabungan Haji, 4 Cara Menabung Haji

Berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji adalah impian bagi semua ummat muslim, namun masalah biaya yang selalu jadi kendala utama bagi sebagian ummat muslim belum bisa melakukan perjalanan ibadah haji. Menabung menjadi ikhtiar yang paling memungkinkan untuk dilakukan, tapi bagaimana sih cara menabung haji yang benar dan seberapa penting menabung haji mulai dari sekarang?

Pentingnya Memiliki Tabungan Haji yang Harus Anda Ketahui !

Menapakkan kaki di Baitullah untuk menunaikan kewajiban rukun Islam yang ke lima yakni Berhaji, tentu merupakan dambaan setiap ummat muslim. Namun untuk mewujudkannya, banyak hal yang harus Anda persiapkan terutama finansial (biaya) untuk Berhaji. Biaya yang tak sedikit mengharuskan Anda untuk berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhinya.

Ibadah Haji memang hanya diwajibkan bagi ummat muslim yang mampu saja, namun selalu ada alternatif agar kita yang merasa belum cukup mampu untuk mendaftar haji saat ini juga bisa mewujudkannya dengan cara menabung. Orang-orang biasa menyebutnya dengan “Tabungan Haji”.

Hebatnya , ada yang bahkan sampai puluhan tahun rela mengumpulkan sedikit demi sedikit uang yang ia miliki sampai cukup untuk mendaftar haji sampai berangkat. Meski niat suci itu baru bisa terwujudkan di usianya yang sudah memasuki usia renta.

Anda bisa mencontoh kisah-kisah inspiratif dari orang biasa bahkan kelihatannya hidupnya cukup sederhana namun mampu mewujudkan impiannya untuk berhaji .Hal ini bisa memotivasi Anda untuk tergerak melakukan hal yang sama, mumpung masih sehat-sehatnya, mumpung masih kuat-kuatnya, dan mumpung  masih muda.

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Tabungan Haji?  Apa saja syarat membuka tabungan haji? dan apa saja keunggulan memiliki Tabungan Haji? jika anda penasaran silahkan lanjutkan membaca artikel ini..

 

Menabung Haji


Tabungan haji merupakan tabungan berjangka yang dapat digunakan untuk melaksanakan ibadah Haji, yang dananya bisa diambil saat biaya untuk berhaji sudah cukup.

Tabungan Haji, Cara Menabung
Foto: Tazkiyah Tour

Syarat Membuka Tabungan Haji

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka tabungan haji , kami sarankan untuk membuka tabungan Haji melalui Bank Syariah Indonesia yang telah bekerjasama dengan Travel Haji Terbaik di Indonesia “Tazkiyah Tour”. Selain karena lebih mudah dan aman, Anda juga tak perlu pusing lagi mencari travel jika uang tabungan haji anda nantinya sudah cukup untuk mendaftar haji.

Berikut syarat  membuka tabungan haji melalui Bank Syariah Indonesia:

  1. Pastikan anda adalah warga Negara Indonesia.

  2. Mengisi Formulir Pembukaan rekening

  3. Siapkan dokumen berupa Foto copy KTP, KK, dan NPWP jika ada.

  4. Siapkan setoran Awal minimal Rp 100.000,-

 

Tips Menabung Haji

Perencana keuangan dan financial educator Lifepal, Aulia Akbar, merangkum langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar dapat mewujudkan ibadah haji berikut ini:

1. Tabungan rencana haji Jika melihat besarnya jumlah dana pendaftaran haji, tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Jika Anda tidak memiliki dana tunai yang bisa dialokasikan langsung, maka menabung secara berkala di tabungan rencana haji. Misalnya, melalui tabungan penyelenggara BPIH, adalah cara yang paling tepat untuk menutupi biaya pendaftaran haji ini. Sisihkanlah uang minimal 10 persen dari penghasilan bulanan untuk mengumpulkan setoran awal BPIH ke rekening Menteri Agama. Gunakanlah kalkulator waktu menabung yang ada di situs Lifepal untuk mempermudah proses menabung Anda. Anda bisa memangkas waktu lebih singkat dengan memasukkan sebagian THR ataupun bonus tahunan ke tabungan tersebut.

2. Alokasikan dana rencana haji di instrumen tepat Dari durasi antrian ibadah haji yang cukup lama, Anda bisa mengalokasikan dana persiapan haji ke instrumen investasi. Jika Anda berniat menabung sendiri untuk setoran awal BPIH, tentukanlah berapa lama Anda menargetkan dana tersebut untuk terkumpul. Bila jangka waktunya cukup dekat, maka sangat disarankan untuk mengumpulkan dana tersebut ke instrumen keuangan rendah volatilitas sebut saja seperti tabungan bank biasa maupun reksa dana pasar uang.

3. Dana darurat sudah aman Dana darurat berfungsi sebagai dana untuk memitigasi risiko di saat Anda sedang menjalankan ibadah ke Tanah Suci. Ibadah haji membutuhkan waktu kurang lebih 40 hari. Agar perjalanan ibadah Anda lancar, Anda harus memastikan bahwa keuangan cukup stabil untuk keluarga memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ingat kembali bahwa prinsip dalam berhaji adalah kemampuan. Karena itu, setelah dapat memastikan kebutuhan sehari-hari terpenuhi, pastikan bahwa dana darurat kalian aman. Jumlah dana darurat yang harus dipersiapkan sangat bergantung pada jenis profesi dan jumlah tanggungan Anda. Seorang yang sudah menikah dan punya satu tanggungan, disarankan untuk memiliki dana darurat minimal 6 kali pengeluaran bulanan.

4. Jangan lupa lengkapi diri dengan perlindungan terbaik Beberapa perusahaan asuransi tentu memiliki produk asuransi syariah yang ditujukan untuk Jamaah haji, atas musibah yang mungkin saja terjadi saat ibadah berlangsung. Namun jangan lupakan pula perlindungan mendasar yang seharusnya kita miliki terlebih dulu, apalagi kalau bukan asuransi kesehatan. Mengingat biaya berobat yang terus mengalami kenaikan, maka sangat disarankan memiliki proteksi berupa jaminan kesehatan, baik dengan BPJS Kesehatan dan Asuransi Kesehatan.

Sumber: cantika.com

Manfaat dari Menabung Haji

Secara umum keunggulan memiliki Tabungan Haji adalah untuk mempermudah ummat muslim mengumpulkan biaya berhaji .  Namun secara spesifik berikut beberapa keunggulan yang Anda bisa dapatkan jika Anda memiliki Tabungan Haji :

  1. Uang yang anda miliki bisa tersimpan dengan aman.

  2. Membantu perencanaan ibadah Haji dan Umrah Anda.

  3. Anda bisa meminta pihak bank untuk mendebet langsung dari tabungan utama , ke tabungan Haji yang anda miliki.

  4. Memudahkan untuk mendapatkan porsi keberangkatan haji.

  5. Terbebas dari biaya pengelolaan rekening bulanan / biaya administrasi.

  6. Bebas biaya penetupan rekening.

Bagaimana, tertarik menabung Haji ? jangan ragu untuk menghubungi kami, di (0411) 425 277 atau datang langsung ke kantor pusat kami di JL. A.P. Pettarani Ruko Diamond No. 11 Makassar.

Kami akan membantu Anda membuka Tabungan Haji melalui Bank Syariah Indonesia, Bank Rekanan Travel Haji Terbaik di Indonesia Tazkiyah Tour. Andapun tak perlu khawatir karena tabungan atas nama diri Anda sendiri.

Jadi tunggu apa lagi, yuuk, rencanakan ibadah Haji Anda dari sekarang dengan memiliki Tabungan Haji.

Bagikan :